Tragis! Bayi Baru Lahir Tewas Digigit Anjing Liar di Rumah Sakit

Rumah sakit yang bersangkutan akhirnya ditutup karena masalah keselamatan pasien

16 Januari 2020

Tragis Bayi Baru Lahir Tewas Digigit Anjing Liar Rumah Sakit
Pixabay.com/Suchart Sriwichai

Kasus hilangnya nyawa seseorang karena anjing liar di India kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah seorang bayi yang baru saja lahir.

Bayi yang baru saja berumur tiga jam itu harus kehilangan nyawa karena digigit anjing liar yang tiba-tiba masuk ke ruang perawatan rumah sakit di distrik Farrukhabad pada Senin (13/1) lalu.

Meskipun masih dalam penyelidikan lebih lanjut, pihak kepolisian setempat menyebutkan bahwa mereka telah menutup rumah sakit yang terletak di negara bagian utara Uttar Pradesh tersebut lantaran beroperasi tanpa lisensi.

Berdasarkan informasi yang dimuat di BBC, hakim setempat mengatakan, "bukti awal menunjukkan bahwa bayi itu dianiaya oleh seekor anjing. Kami sedang menyelidiki bagaimana seekor anjing masuk rumah sakit."

Berikut kronologis kejadian yang menimpa bocah malang di India tersebut:

1. Kronologis kejadian

1. Kronologis kejadian
Bbc.com

Kejadian mengerikan yang terjadi di rumah sakit di distrik Farrukhabad pada Senin (13/1) lalu tentu saja membuat orangtua korban dan banyak orang terkejut.

Pasalnya, bayi yang baru saja berusia tiga jam itu harus kehilangan nyawanya akibat kelalaian pihak rumah sakit. Hal ini diketahui berdasarkan informasi dari AFP, pihak keluarga mengatakan dugaan mereka bahwa sang Bayi ditinggal tanpa penjagaan di sebuah ruangan yang jendelanya terbuka.

Selain itu, kondisi tubuh bayi yang penuh luka juga membuat pihak keluarga semakin yakin bahwa sang Bayi telah digigit oleh kawanan anjing liar setempat.

Editors' Picks

2. Penyelidikan polisi setempat

2. Penyelidikan polisi setempat
Bbc.com

Setelah menerima laporan, kepolisan setempat langsung melakukan penyelidikan lebih lanjut. Penyelidikan awal kepolisian memperlihatkan bahwa kawanan anjing liar masuk ke ruangan bayi lewat jendela yang tak ditutup. Akibat gigitan tersebut, sekujur tubuh bayi dipenuhi luka.

Meskipun sebelumnya pihak rumah sakit mengatakan bahwa bayi tersebut lahir mati dan tidak mati karena serangan anjing liar, pihak keluarga membantah karena melihat bayi itu berada di dalam ruang operasi ketika seorang anggota staf rumah sakit berlari keluar ruangan, mengatakan seekor anjing telah masuk.

Dugaan lainnya menyebutkan pihak rumah sakit memberikan sejumlah uang kepada pihak keluarga. Uang itu diduga sogokan agar keluarga tutup mulut terkait kejadian tersebut.

Pejabat kepolisian Ved Prakash mengatakan, "kami masih menunggu hasil autopsi sebelum penangkapan atas kasus kematian itu bisa dilakukan."

3. Rumah sakit ditutup

3. Rumah sakit ditutup
Bbc.com

Tidak hanya bayi malang tersebut yang harus kehilangan nyawanya karena ulah anjing liar, rumah sakit tersebut juga beberapa kali sempat diberitakan menghilangkan nyawa beberapa bayi lainnya akibat kawanan anjing liar yang ada di sekitar rumah sakit.

Kepolisian pun menutup rumah sakit tersebut. Bukan hanya karena membunuhkan nyawa seseorang atas kelalaian keamanan mereka, rumah sakit yang berada di negara bagian utara Uttar Pradesh ini ternyata beroperasi tanpa lisensi.

Semoga dari kejadian tersebut para orangtua bisa lebih berhati-hati sebelum memilih rumah sakit yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!