Transmisi Lokal, Bayi Usia 4 Hari di Bangka Positif Terpapar Covid-19

Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Bangka, seorang bayi baru lahir salah satunya

10 Mei 2021

Transmisi Lokal, Bayi Usia 4 Hari Bangka Positif Terpapar Covid-19
Pixabay/Engin_Akyurt
Ilustrasi

Dikutip dari ANTARA, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyebutkan bahwa angka kasus di semua wilayah Bangka alami lonjakan setiap harinya.

Salah satunya dialami oleh seorang bayi laki-laki yang baru berusia empat hari dengan inisial By. Boy Yandra menyebutkan, "Bayi tersebut diketahui positif karena kontak dengan pasien Covid-19 serta berdasarkan hasil uji laboratorium kesehatan daerah."

Boy Yandra juga menjelaskan bahwa saat ini sang Bayi tengah menjalani perawatan di rumah sakit provinsi untuk proses pemulihan kesehatan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait kabar bayi By, berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagi sumber.

Editors' Picks

1. Terpapar karena kontakan dengan pasien positif

1. Terpapar karena kontakan pasien positif
Freepik

Berdasarkan hasil uji laboratorium tim medis setempat, baik tes antigen maupun tes usap (SWAB), bayi By kini dinyatakan positif terpapar Covid-19. Dalam penjelasan Boy Yandra, bayi yang terpapar ini sebelumnya diketahui positif lantaran sempat kontak dengan pasien Covid-19.

2. Status transmisi lokal tanpa gejala

2. Status transmisi lokal tanpa gejala
Freepik/KamranAydinov

Bayi By menjadi salah satu dari 50 warga Bangka yang dinyatakan positif Covid-19. Melalui hasil tes medis yang dilakukan, sang Bayi dikonfirmasi positif Covid-19 dengan status transmisi lokal tanpa bergejala.

Hingga saat ini, Boy Yandra menyebutkan bahwa Pemda setempat telah memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro pada zona merah di lima kelurahan serta tiga desa.

"Pemerintah kelurahan dan pemerintah desa pada zona merah telah menyediakan sarana isolasi mandiri bagi warganya yang dinyatakan positif Covid-19," jelas Boy Yandra.

3. Lonjakan kasus di Bangka

3. Lonjakan kasus Bangka
Freepik

Sampai saat ini, jumlah warga Bangka yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data informasi dari dinas kesehatan telah mencapai 3.129 orang. 2.800 pasien dinyatakan sembuh, 5.359 warga diketahui kontak erat dengan pasien Covid-19 serta 150 orang masih menunggu hasil tes usap dari uji laboratorium kesehatan daerah.

"Sebaran kasus Covid-19 sudah merata di semua wilayah kecamatan, bahkan angka kasusnya mengalami lonjakan setiap harinya," ujar Boy Yandra.

Dari kasus terpaparnya seorang bayi yang baru lahir, hingga lonjakan kasus setiap harinya di Bangka, Boy kembali mengingatkan kepada seluruh warganya untuk selalui menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah efektif mencegah dan memutus sebaran virus Covid-19.

Itulah informasi terkait bayi usia empat hari di Bangka yang terpapar Covid-19. Semoga Mama bisa melindungi si Kecil dari penularan virus corona, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.