Inilah 4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Bibir yang kering menurunkan nafsu menyusu si Kecil, lho!

8 November 2018

Inilah 4 Cara Mengatasi Bibir Kering Bayi
Unsplash/Mindy Olson P

Bibir kering merupakan masalah yang terkadang harus dihadapi bayi terutama saat usianya menginjak 3 – 6 bulan. Mama yang bayinya mengalami bibir kering tentu akan merasakan adanya ketidaknyamanan saat menyusui. Sebenarnya, si Bayi pun akan merasakan tidak enak karena bibir keringnya perih ketika bergesekan dengan kulit payudara mama. 

Masalah bibir kering pada bayi umumnya bukanlah kondisi yang serius, namun Mama harus tahu cara mengatasinya. Ini agar proses menyusui tidak terhambat sehingga gizi untuk si Bayi selalu maksimal.  

Mengatasi bibir kering pada bayi tentu tidak semudah mengatasinya bila terjadi pada orang dewasa. Pasalnya, kulit bibir bayi masih sangat sensitif. Nah, agar Mama tahu apa saja yang harus dilakukan, berikut beberapa cara mengatasi bibir kering pada bayi.

1. Cukupi kebutuhan ASI bayi

1. Cukupi kebutuhan ASI bayi
Freepik

Untuk meredakan bibir kering pada bayi atau mencegahnya terus kekeringan, Mama harus memastikan si Bayi terhidrasi. Karena, bayi hanya minum ASI, pastikan ia mendapatkan cukup ASI. ASI juga mengandung zat gizi yang membuat tubuh si Kecil sehat. 

2. Mengoleskan ASI ke bibir bayi

2. Mengoleskan ASI ke bibir bayi
Freepik/Freepic.diller

Salah satu cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi bibir kering pada bayi adalah dengan mengoleskan ASI ke bibirnya. ASI dapat melembapkan bibir bayi dan juga mencegah infeksi jika bibir bayi pecah-pecah.

Editors' Picks

3. Mengoleskan minyak kelapa

3. Mengoleskan minyak kelapa
Unsplash/Kelly Sikkema

Mama bisa mengoleskan minyak kelapa ke bibir bayi agar masalahnya teratasi. Minyak kelapa terbilang aman untuk dioleskan ke bibir bayi karena kandungan asam laurat yang juga terkandung pada ASI.

Selain bisa dioleskan ke bibir, Mama juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke puting payudara terutama saat terasa nyeri, perih, dan sakit setelah menyusui.

4. Gunakan humidifier

4. Gunakan humidifier
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Agar kondisi bibir kering pada bayi tidak semakin memburuk atau terus kering, Mama disarankan untuk menjaga kelembapan ruangan atau lingkungan sekitar. Caranya adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara ruangan.

Meski kondisi bibir kering pada bayi umumnya bukanlah masalah yang serius, jangan disepelekan, Ma. Sebab pada beberapa kasus, bibir kering pada bayi menjadi pertanda ia mengalami dehidrasi.

Jika bibir kering pada bayi tidak kunjung membaik, ada baiknya Mama membawanya ke dokter. Sebab pada beberapa kasus, bibir kering pada bayi juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan serius, misalnya infeksi saluran cerna.