7 Rekomendasi Merek Bubur Instan untuk Bayi 6 Bulan

Sistem pencernaan bayi usia enam bulan belum bisa memproses makanan bertekstur kasar

22 Juni 2021

7 Rekomendasi Merek Bubur Instan Bayi 6 Bulan
Freepik/master1305

Memasuki usia enam bulan, bayi sudah diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Pemberian MPASI untuk bayi enam bulan perlu diperhatikan secara seksama agar tidak membahayakan kesehatan si Kecil. 

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah tekstur MPASI. Mama perlu menyajikan makanan bertekstur lembut agar bayi tidak tersedak atau mengalami gangguan fungsi pencernaan. Pasalnya, sistem pencernaan bayi usia enam bulan belum bisa memproses makanan bertekstur kasar. 

Bila tidak sempat memasak, Mama bisa menyajikan bubur instan sebagai MPASI untuk si Kecil. Di bawah ini, Popmama.com telah merangkum tujuh rekomendasi merek bubur instan untuk bayi enam bulan yang bisa disajikan sebagai MPASI si Kecil. 

1. Heinz Creamy Oat Porridge

1. Heinz Creamy Oat Porridge
Shopee.co.id

Heinz Creamy Oat Porridge cocok untuk bayi berusia enam bulan yang belum bisa mengunyah makanan bertekstur kasar. Teksturnya yang lembut akan memudahkan si Kecil untuk mengunyah dan menelannya. 

Tak hanya itu, produk ini juga mudah untuk disajikan yakni cukup dihangatkan di dalam mangkuk berisi air panas. Produk ini juga tidak mengandung gula tambahan, bahan pengawet, maupun pemanis buatan. Produk ini justru mengandung 12 vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

2. Nayz MPASI Organik Rasa Sapi

2. Nayz MPASI Organik Rasa Sapi
shopee.co.id

Rekomendasi bubur instan berikutnya adalah Nayz MPASI organik rasa sapi. Bubur ini disebut organik karena terbuat dari bahan-bahan organik seperti sayuran, beras, hingga daging sapi yang merupakan sumber protein bagi bayi. 

Teksturnya yang lembut menjadikan produk ini mudah untuk dicerna oleh si Kecil. Selain itu, produk ini juga mengandung multivitamin, omega 3, omega 6, dan zat besi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit di bulan pertama mengenal MPASI. 

Editors' Picks

3. Nestle cerelac ekonomis apel dan jeruk

3. Nestle cerelac ekonomis apel jeruk
Shopee.co.id

Rekomendasi bubur instan selanjutnya adalah Nestle Cerelac Ekonomis Apel dan Jeruk. Produk ini diperkaya dengan kandungan CHE, DHA, probiotik, zat besi, zink, serta vitamin A dan C yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Kandungan probiotiknya bahkan bisa melindungi sistem pencernaan bayi. 

Selain itu, bubur instan ini cocok untuk bayi berusia enam bulan yang masih belum bisa mengonsumsi makanan bertekstur kasar. Bubur instan dari Nestle ini juga mengandung 11 vitamin dan 5 mineral yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. 

4. Milna goodmil beras merah pisang

4. Milna goodmil beras merah pisang
Shopee.co.id

Tak hanya memerhatikan tekstur bubur, Mama juga perlu mengetahui nutrisi dari bubur instan. Jangan sampai, bubur instan yang dikonsumsi bayi mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang bayi. 

Rekomendasi bubur instan selanjutnya adalah Milna Goodmil Beras Merah Pisang. Produk ini mengandung 25 vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bayi untuk mengoptimalisasi perkembangan dan pertumbuhannya. Terbuat darS beras merah dan pisang, produk ini cocok untuk bayi yang baru mengenal MPASI. 

Mama juga tak perlu khawatir karena Milna Goodmil Beras Merah Pisang terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik  yang tidak menyebabkan alergi pada bayi. 

5. Promina sari pisang

5. Promina sari pisang
Shopee.co.id

Pisang mengandung tinggi potasium yang berguna untuk memperkuat tulang dan gigi bayi. Bayi yang baru belajar mengonsumsi makanan pun biasanya lebih menyukai pisang. Oleh karena itu, Promina Sari Pisang adalah pilihan produk yang tepat untuk disajikan sebagai MPASI bayi. 

Produk ini mengandung 12 vitamin dan mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Selain itu, kandungan pisang dalam produk ini juga berfungsi untuk menetralkan natrium yang bisa meningkatkan nafsu makan bayi. 

6. SUN bubur sereal kacang hijau

6. SUN bubur sereal kacang hijau
Shopee.co.id

Apabila Mama ingin memberikan sumber protein terbaik kepada bayi, tak ada salahnya untuk mencoba SUN Bubur Sereal Kacang Hijau. Terbuat dari kacang hijau dan bahan-bahan pilihan terbaik, produk ini mampu menjadi sumber protein untuk perkembangan otak si Kecil. 

Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan diperkaya dengan kandungan 12 vitamin dan 8 mineral. Selain itu, bubur ini juga mengandung DHA yang mampu menstimulasi perkembangan otak bayi. 

7. Yummy Bites Meal

7. Yummy Bites Meal
Shopee.co.id

Yummy Bites Meal terbuat dari bahan-bahan segar dan alami yang diproses menggunakan resep rumahan. Itulah sebabnya, rasanya mirip dengan MPASI buatan mama. Kemasannya pun cukup mewah yakni dalam botor jar kaca, sehingga praktis untuk dibawa Mama ketika berpergian. 

Produk ini tidak mengandung pengawet, pewarna, maupun pemanis buatan. Produk ini juga bebas natrium dan gluten sehingga cocok untuk dikonsumsi bayi yang baru belajar mengenal MPASI. 

Nah itulah pilihan bubur instan untuk bayi enam bulan. Selain memperhatikan kandungan gizi dari setiap produk bubur instan, Mama juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan aturan penyajian. Jadi, apakah Mama sudah menentukan bubur instan yang tepat untuk disajikan sebagai MPASI bayi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.