Bangle untuk Bayi, Mitos dan Fakta serta Kegunaannya

Bangle kerap dipercaya sebagai jimat untuk melindungi bayi dari gangguan makhluk halus

18 Juni 2024

Bangle Bayi, Mitos Fakta serta Kegunaannya
freepik/freepik

Apakah Mama pernah mendengar atau bahkan menggunakan bangle? Bangle dipercaya di kalangan masyarakat Indonesia sebagai salah satu tanaman yang ampuh untuk melindungi keselamatan janin dan bayi.

Hal ini membuat bangle kerap digunakan sebagai pelindung dan dikaitkan di baju si Kecil atau diletakkan di dekat bayi. Lantas, apakah bangle ini benar-benar ampuh untuk melindungi bayi?

Tanaman ini ternyata juga punya berbagai manfaat lainnya, bukan hanya melindungi bayi dari gangguan makhluk halus saja.

Lebih lanjut, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi seputar bangle untuk bayi, mitos dan fakta serta kegunaannya. Simak, yuk, Ma!

Apa Itu Bangle?

Apa Itu Bangle

Bangle merupakan tanaman obat yang kerap digunakan untuk merawat bayi. Tanaman ini mengandung minyak atsiri, flavonoid, serta fenol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si Kecil, Ma.

Bangle memiliki batang tegak berwarna hijau dengan rimpang yang kuat. Sering dibilang mirip dengan jahe, namun keduanya berbeda tetapi berasal dari famili yang sama, ya, Ma.

Tanaman satu ini juga sering dikaitkan sebagai tanaman untuk melindungi ibu hamil atau bayi dari gangguan makhluk halus.

Bangle Bisa Melindungi Bayi dari Gangguan Jin, Mitos atau Fakta?

Bangle Bisa Melindungi Bayi dari Gangguan Jin, Mitos atau Fakta
Freepik/freepic.diller

Informasi yang berkembang seputar bangle di masyarakat membuat banyak orangtua percaya tanaman ini bisa melindungi bayi dari gangguan makhluk halus atau jin.

Banyak orangtua yang mengaitkan bangle dengan peniti di baju anak-anak agar terhindar dari gangguan jin. Bagaimana fakta sebenarnya?

Sebenarnya tidak ada studi lebih lanjut yang membuktikan hal ini, namun dalam masyarakat khususnya adat Jawa, wangi rimpang bangle yang segar dipercaya jadi salah satu penyebab mengapa bangle bisa melindungi bayi dari gangguan. 

Jadi bangle untuk melindungi bayi dari gangguan jin hanya mitos semata, Ma. Meski begitu, tanaman ini memiliki manfaat lain untuk bayi yang telah dibuktikan secara ilmiah.

Editors' Pick

Manfaat Bangle untuk Bayi

1. Meredakan kembung

1. Meredakan kembung
freepik/jcomp

Bangle yang dibuat menjadi minyak dapat dioleskan pada tubuh bayi. Jika si Kecil mengalami kembung, perutnya dapat dioleskan dengan minyak bangle agar segera normal. 

Bangle juga dapat menenangkan bayi dengan dioleskan pada tubuhnya sebab minyak bangle dapat menghangatkan, Ma.

2. Meredakan batuk pilek

2. Meredakan batuk pilek
Freepik/freepik

Bangle juga dipercaya dapat meredakan batuk dan pilek pada si Kecil, Ma. Apabila si Kecil sedang batuk dan pilek, Mama dapat mengoleskan minyak bangle ke seluruh tubuhnya agar tetap hangat, serta membantu melancarkan pernapasannya.

3. Menjaga kesehatan kulit

3. Menjaga kesehatan kulit
Freepik/valuavitaly

Manfaat selanjutnya adalah bangle dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, Ma. Tanaman ini memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengatasi ruam serta iritasi ringan pada kulit si Kecil.

4. Membuat si Kecil nyaman

4. Membuat si Kecil nyaman
Pexels/nataliyavaitkevich

Kehangatan dari minyak bangle ini juga dapat membuat si Kecil merasa nyaman. Minyak bangle bisa jadi alternatif dalam menghangatkan tubuh si Kecil.

Tanaman tradisional ini juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah pada tubuh si Kecil, Ma.

Nah, itu dia berbagai informasi bangle untuk bayi, mitos dan fakta serta manfaatnya. Apakah Mama pernah menggunakan  bangle untuk si Kecil?

Baca juga:

The Latest