Dengan Kembali ke Popok Kain, Ini 5 Manfaat yang Bisa Mama Dapatkan

Manfaatnya nggak hanya untuk si Kecil aja loh Ma

29 November 2018

Dengan Kembali ke Popok Kain, Ini 5 Manfaat Bisa Mama Dapatkan
Shutterstock/UV70

Mama, pasti sudah nggak asing ‘kan dengan yang namanya popok kain? Walau terkesan jadul karena sudah digunakan sejak lama oleh orangtua-orangtua sebelum kita, ternyata jenis popok ini memberikan banyak manfaat loh. Nah, biar Mama lebih yakin untuk memilih memakaikan si Kecil popok kain daripada popok sekali pakai, kali ini Popmama.com akan membahas beberapa manfaat yang bisa Mama dapatkan dari popok kain. Simak ya!

1. Menghindarkan si Kecil dari iritasi kulit

1.  Menghindarkan si Kecil dari iritasi kulit
Shutterstock/aijiro

Manfaat utama yang bisa Mama dapatkan saat menggunakan popok kain adalah menghindarkan si Kecil dari iritasi kulit. Ruam popok merupakan peradangan yang terjadi pada kulit si Kecil di bagian yang tertutup popok. Hal ini biasanya disebabkan karena kulit si Kecil yang bersentuhan dengan urin serta popok sekali pakai yang mengandung pewangi. Yuk, Ma lebih dipertimbangkan kembali.

2. Lebih mudah melakukan potty training

2. Lebih mudah melakukan potty training
Shutterstock/SUKJAI PHOTO

Salah satu permasalahan kebanyakan orang tua adalah saat mengajarkan si Kecil potty training. Latihan menggunakan toilet sendiri merupakan hal yang penting loh. Nah, karena terbiasa menggunakan popok sekali pakai dapat membuat si Kecil selalu merasa kering karena zat yang mampu menyerap urin. Hal ini yang akhirnya membuat si Kecil tidak perlu merasa harus menggunakan toilet untuk buang air kecil atau besar. Wah, jangan sampai ya, Ma.

Editors' Picks

3. Nyaman untuk kulit bayi

3. Nyaman kulit bayi
Shutterstock/silentalex88

Kulit bayi memang membutuhkan perawatan ekstra nih. Karena di usianya yang masih dini, kulitnya masih membutuhkan banyak penyesuaian dengan segala jenis material yang ada di sekitarnya. Nah, popok kain didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi si kecil. Popok kain yang menggunakan bahan katun yang punya daya serap yang tinggi dan memungkinkan adanya proses penguapan sehingga bayi Mama bisa terhindar dari iritasi kulit.

4. Popok kain bisa dipakai berulang kali

4. Popok kain bisa dipakai berulang kali
Shutterstock/lapetitelumiere

Mama, salah satu keuntungan dari penggunaan popok kain adalah dapat digunakan berulang kali. Material kain yang digunakan pada popok kain memungkinkan Mama untuk mencucinya dari segala kotoran dan dipakai hingga 100 bahkan 150 kali. Oh iya Ma, jangan heran ya, untuk popok kain yang masih bagus kondisinya juga bisa dijual sebagai barang pre loved atau jadi “warisan” untuk anak kedua atau kerabat. Gimana? Tertarik mencoba popok kain?

5. Lebih menghemat uang

5.  Lebih menghemat uang
Shutterstock/Tom Wang

Ma, salah satu pengeluaran besar saat memiliki anak adalah pengeluaran untuk biaya popoknya. Coba hitung jika anak Mama menggunakan popok sekali pakai hingga ia berumur 3 tahun, si Kecil akan menghabiskan kurang lebih Rp46 juta hingga Rp58 juta dengan rata-rata total penggunaan 7,200 popok. Sementara itu, jika Mama menggunakan popok kain, Mama hanya akan melakukan pengeluaran untuk kebutuhan popok setiap bulan plus ekstra detergen. Wah, bisa hemat banyak kan?

Wah, ternyata banyak ya manfaat dari penggunaan popok kain pada si Kecil. Eits, ngomong-ngomong soal popok kain, perawatan popok kain untuk si Kecil juga nggak bisa sembarangan ya, apalagi dengan kulit bayi yang masih sensitif terhadap zat-zat tertentu. Untuk itu, dibutuhkan detergen bayi yang sudah teruji anti iritasi dan mikrobiologi sehingga aman digunakan untuk pakaian si Kecil terutama popok kainnya, Ma.

Nah, Mama nggak perlu pusing lagi mencari produk yang tepat untuk anak karena sekarang sudah ada Sleek Baby Laundry Detergent, satu-satunya yang mengandung Natural Plant Extract yang aman bagi kulit si Kecil. Untuk tau lebih banyak lagi manfaat dari Sleek Baby Laundry Detergent ini, Mama bisa langsung kunjungi halaman resminya di sini

Demi kesehatan kulit si Kecil, kalau sekarang udah nggak ragu lagi kan untuk beralih ke popok kain?