hanco

5 Hal ini Paling Menarik Perhatian Bayi untuk Pertama Kali, Ma

Kegiatan dan suara paling sederhana dapat menyenangkan bayi

3 Desember 2019

5 Hal ini Paling Menarik Perhatian Bayi Pertama Kali, Ma
Freepik/Peoplecreations
Mama sedang menstimulasi Si Kecil

Hal apa yang paling disukai oleh bayi Mama? Ternyata bayi tidak membutuhkan mainan yang mahal atau rumit, atau pun suara merdu untuk menyanyi.

Ada beberapa hal sederhana yang disukai oleh bayi. Ketahui apa saja hal tersebut sehingga Mama pun dapat bergabung dengan bayi untuk menikmatinya. Beberapa hal ini tidak hanya membuat bayi tersenyum, namun juga membantu perkembangan bayi.

Popmama.com mengulas 5 hal yang menarik perhatian bayi untuk Mama.

1. Memindah-mindahkan benda

1. Memindah-mindahkan benda
maxpixel.net

Ketika bayi lahir, fokusnya hanya sekitar 12-30 cm di depan wajahnya, dan matanya tidak bisa bergerak dari sisi ke sisi. Ketika memasuki usia 4 bulan, matanya dapat bekerja bersama dan bayi dapat melacak objek bergerak dari kiri ke kanan, apa pun yang bergerak akan menarik perhatiannya, catatan Mary Ann LoFrumento, MD, direktur medis di Rumah Sakit Anak Goryeb, di Morristown, New Jersey.

Dikombinasikan dengan koordinasi tangan dan mata yang lebih baik, bayi akan dapat menjangkau dan menjelajahi objek dengan tangan dan mulutnya. Ketika bayi terus tumbuh, ia akan belajar tentang sebab dan akibat. Misalnya saat bayi membenturkan mainan bersama-sama dan mencari tahu apa efeknya. Atau jika menekan tombol, bayi mengetahui kalau ia akan mendengar musik.

Mama bisa melakukan ini untuk melatih bayi: gerakkan mainan perlahan-lahan ke atas dan ke bawah dan ke kanan ke kiri di depan bayi. Pada 3 bulan, bayi tidak akan memiliki masalah mengikuti.

2. Membuat musik dan mendengarkannya

2. Membuat musik mendengarkannya
Freepik/joaquincorbalan

Bayi menyukai lagu pengantar tidur tetapi mereka juga menggali musik yang diperuntukkan bagi orang dewasa, jadi jangan heran jika bayi akan menendang kakinya ketika dia mendengar lagu Katy Perry.

Musik dapat menenangkan atau mengasyikkan bagi bayi, terutama ritme dan pengulangan dari paduan suara, kata David Saltzman, M.D., seorang dokter anak di Lake Shore Pediatrics, di Lake Shore, Illinois. Ini juga membantu keterampilan bahasa bayi dengan memperkenalkannya pada kata dan suara baru.

Ditambah lagi, goyangan yang dia lakukan ketika mendengar lagunya adalah tanda positif. "Ini berarti tubuh, telinga, dan otaknya bekerja bersama untuk menemukan ritme," jelas Dr. Saltzman.

Yang dapat Mama lakukan adalah begitu bayi dapat duduk tanpa dibantu, berikan dia piano mainan, atau sendok kayu dan pot, sehingga ia bisa membuat lagu sendiri. Jika bayi mengoceh, menanggapi dengan bernyanyi.

Editors' Picks

3. Melihat benda-benda dalam warna kontras

3. Melihat benda-benda dalam warna kontras

Bayi melihat-lihat semuanya, tetapi tampaknya warna-warna tertentu sangat menarik. Jepit merah, selimut hitam-putih, atau kemeja polka-dot mungkin menarik perhatiannya. Dulu dipercaya bahwa bayi yang baru lahir merespons hanya pola hitam-putih, sekarang kita mengetahui bahwa mereka dapat melihat warna, menurut Dr. LoFrumento.

Untuk beberapa bulan pertama mereka tertarik pada warna primer kontras tinggi, seperti merah dan hijau, dan pola tebal lainnya. Visi mereka meningkat antara 4 dan 6 bulan, ketika mereka mulai menyukai warna-warna pastel dan warna yang berbeda.

Lakukan ini untuk bayi: cetak pola seperti mata lembu, kotak-kotak, atau lingkaran dengan berbagai ukuran dan warna. Gantungkan di tempat yang bisa dilihat bayi, dan ganti gambar setiap beberapa hari agar ia tidak bosan.

4. Melihat binatang dan menyentuh kulitnya

4. Melihat binatang menyentuh kulitnya
Freepik/Bedneyimages

Bahkan jika Mama tidak memiliki hewan peliharaan di rumah, bayi mungkin akan kegirangan ketika dia melihat seekor anjing atau kucing. Lengan terentang dan jeritan kegembiraannya, menyatakan keinginan untuk menyentuh dan menjelajahi kucing atau anjing itu. Bayi tertarik karena wajah binatang terlihat mirip dengan wajah manusia, dan karena cara mereka bergerak, kata Marsha Gerdes, Ph.D., seorang psikolog anak di Rumah Sakit Anak Philadelphia.

Baca buku atau beli mainan yang menampilkan binatang. Mama juga dapat memikat ketertarikan hewan pada bayi dengan merangkak di lantai dan menggonggong seperti anjing atau melenguh seperti sapi. Dijamin bayi akan tertawa kegirangan dan mulai meniru Mama.

5. Memainkan anggota tubuh

5. Memainkan anggota tubuh
Freepik/Yanalya

Jangan panik jika bayi yang baru lahir menghabiskan banyak waktu hanya dengan menatap kepalan tangannya. Keingintahuan tentang tubuhnya sendiri adalah bagian dari perkembangan alami bayi. "Selain perasaan kagum awal yang dialami bayi, penguasaan keterampilan fisik yang sebenarnya, seperti menggunakan tangannya untuk memegang dot, bisa sangat bermanfaat," kata Dr. Saltzman.

Ketika bayi mendapatkan lebih banyak kontrol atas tubuhnya, biasanya setelah 4 bulan, ia akan menyentuh dan memeriksa area lain seperti telinganya, alat kelaminnya, dan, pada akhirnya, jari-jarinya yang enak untuk diisap.

Penjelajahan ini meningkatkan koordinasi tangan dan mata serta membantunya menemukan kekuatan berbagai bagian tubuhnya. Mama dapat membuat bayi menyadari anggota tubuhnya dengan duduk di depan cermin, dan tunjukkan bagian-bagian berbeda dari kedua wajah. Jangan lupa selingi dengan ekspresi lucu.

Hal apa yang menjadi kesukaan bayi Mama di masa perkembangannya? Yuk komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!