Apakah Arti Lidah Putih Pada Bayi Bagi Kesehatannya?

Apa sih penyebab lidah bayi menjadi putih? Susukah?

6 Maret 2019

Apakah Arti Lidah Putih Bayi Bagi Kesehatannya
youtube.com/babycenter

Lidah putih pada bayi tidak selalu menunjukan si Kecil mengalami masalah kesehatan serius. Namun, bisa saja, begitu muncul lapisan putih pada lidahnya, ia mulai malas makan atau menyusu. Jika sudah demikian, Mama perlu waspada sebab mogok makan bisa mengganggu pertumbuhannya. 

Apa penyebab lidah bayi menjadi putih? Simak rangkuman dari Popmama.com ini.

1. Lidah putih karena infeksi jamur

1. Lidah putih karena infeksi jamur
youtube.com/Tenri Becce

Lidah putih pada bayi bisa jadi pertanda infeksi jamur. Infeksi jamur yang seringkali disebut oral thrush adalah infeksi jamur di mulut. Biasanya, infeksi ini tidak berbahaya dan mudah diobati. Meski tidak berbahaya, kondisi ini sangat mengganggu bayi karena menimbulkan nyeri yang membuatnya menjadi malas untuk menyusu atau makan.

Ciri utama oral thrush pada bayi adalah lapisan putih di lidah bayi. Selain di lidah, bercak putih juga terlihat di bagian lain dari mulut. Lapisan ini mungkin terlihat seperti dadih dan biasanya tidak mudah dihapus atau dibersihkan.

Namun, jika terdapat lapisan putih pada lidah dan mudah mengelupas, kemungkinan besar itu adalah susu yang melapisi lidah.

Bayi mungkin tampak tidak terganggu oleh oral thrush, tetapi biasanya bayi kehilangan selera makan atau menyusu. Beberapa bayi akan melepas payudara terus menerus saat disusui karena merasa sakit.

2. Penyebab oral thrush pada bayi

2. Penyebab oral thrush bayi
youtube.com/biomedik8888
Candida Albicans, jamur yang menyebabkan oral thrush

Oral thrush disebabkan oleh spesies cendawan atau jamur patogen yaitu Candida albicans. Spesies cendawan ini merupakan penyebab infeksi yang disebut kandidiasis pada kulit dan organ dalam.

Orang dewasa yang sehat memiliki jamur ini di mulutnya dan biasanya tidak menimbulkan masalah. Tapi apabila tumbuh terlalu cepat maka dapat menginfeksi selaput di mulut.

Bayi berisiko tinggi terkena oral thrush karena sistem kekebalannya belum  berkembang dengan sempurna sehingga kurang mampu melawan infeksi.

Ini terutama terjadi pada bayi yang lahir prematur (sebelum 37 minggu kehamilan) karena sistem imun tubuhnya belum kuat. Selain itu, bayi yang diobati dengan antibiotik juga beresiko terkena oral thrush. Antibiotik selain menghilangkan bakteri jahat, juga turut mengurangi kadar bakteri baik di mulut bayi. Berkurangnya bakteri baik di mulut dapat meningkatkan kadar jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

Jika Mama sedang menyusui dan mengonsumsi antibiotik untuk infeksi, kadar bakteri sehat dalam tubuh Mama pun dapat terpengaruh. Ini dapat menyebabkan Mama menjadi rentan terhadap jamur dan berefek juga ke bayi.

Editors' Picks

3. Mengobati oral thrush

3. Mengobati oral thrush
Pixnio/James Gathany

Bayi yang berumur kurang dari 4 bulan yang terkena oral thrush sebaiknya dibawa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Oral thrush memang tidak berbahaya tetapi membuat bayi merasa tidak nyaman.

Selain itu, susui dengan perlahan dan sabar. Bila memungkinan, gunakan gelas minum karena dot atau puting biasanya menyentuh bagian lidah bayi yang terasa nyeri.

4. Tindakan pencegahan

4. Tindakan pencegahan
youtube.com/nilihcg
cara sterilisasi botol bayi

Tips dari IDAI untuk mencegah munculnya oral thrush pada bayi:

  • Makan dengan tenang agar bibir atau lidah tidak tergigit.
  • Bersihkan mulut bayi secara rutin minimal 2 kali sehari.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan karena banyak mengandung vitamin C, B2, B5, dan asam folat yang sangat bermanfaat mencegah oral thrush.
  • Sterilkan teether secara rutin.
  • Botol dan perlengkapan makan juga sebaiknya disterilkan setelah dipakai.
  • Menjaga kebersihan tangan terutama setelah mengganti popok bayi.
  • Menjaga kebersihan payudara dan puting agar tidak terinfeksi jamur sehingga aman bagi bayi yang menyusu.

5. Bagi Mama yang sedang menyusui

5. Bagi Mama sedang menyusui
Pixabay/seeseehundhund

Jika bayi yang terkena oral thrush dapat menulari Mama saat ia menyusu. Payudara atau puting dapat terinfeksi jamur dan menyebabkan rasa nyeri.

Gejalanya antara lain:

  • Mama merasa nyeri saat menyusui dan mungkin terus berlanjut setelah selesai menyusui.
  • Pada puting dan area hitam di sekitarnya bersisik dan terasa nyeri serta terjadi perubahan warna.

Bila ini terjadi, Mama bisa menggunakan krim anti jamur. Pastikan Mama membersihkan krim saat akan menyusui bayi sehingga krim tidak ikut termakan oleh bayi.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: