Bagaimana Cara Bayi yang Baru Lahir Belajar dan Berkembang?

Meski baru lahir, bayi memiliki caranya sendiri untuk belajar, Ma

13 Januari 2021

Bagaimana Cara Bayi Baru Lahir Belajar Berkembang
Pexels/Spencer Selover

Bayi yang baru lahir mungkin tampak tidak bisa melakukan apa-apa selain menyusu, tidur, menangis, dan buang air. Namun, di antara semua aktivitas itu, bayi mama sedang belajar dan berkembang.

Meski terlihat sederhana, kemampuan belajarnya luar biasa. Bagaimana bayi belajar dan apa saja yang ia pelajari setelah lahir? Untuk membantu bayi berkembang, yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini mengenai bagaimana cara bayi baru lahir belajar dan berkembang.

Bayi Luar Biasa

Bayi Luar Biasa
Pixabay/cheryholt
Mama, foto aku dong!

Pada awalnya, tampaknya bayi tidak melakukan apa-apa selain makan, tidur, menangis, dan mengisi popoknya. Tapi bayi juga belajar.

Bayi dapat melihat dan mendengar apa yang terjadi di sekitarnya. Mereka juga dapat mengomunikasikan kebutuhan dan minatnya kepada orang lain. Para orangtua dapat membantu bayi mereka belajar dengan cara bermain bersama mereka.

Bayi memiliki kemampuan untuk melihat wajah dan objek dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Mereka bisa membedakan suara orangtua mereka dan orang lain. Bayi lahir dengan kemampuan mengisap, mengomunikasikan kebutuhan tertentu dengan menangis, dan menenangkan diri mereka sendiri. Kebanyakan bayi dapat melakukan semua hal ini segera setelah mereka lahir.

Editors' Picks

Mama Sebagai Guru Pertama Bayi

Mama Sebagai Guru Pertama Bayi
Pexels/PolinaTankilevitch

Pengalaman pertama memiliki pengaruh yang sangat penting di masa depan. Itulah mengapa Mama adalah orang yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pertumbuhan otak bayi dipengaruhi oleh perawatan dan pengalaman yang Mama berikan. Perhatian penuh kasih membantu sel-sel otak baru terhubung dengan cara yang membantu bayi:

  • Merasa aman dan percaya diri
  • Memahami ide dan informasi baru
  • Mengembangkan tubuh yang sehat

Amati Bayi

Amati Bayi
Pexels/Wayne Evans

Setiap bayi memiliki gaya atau kepribadian yang berbeda dengan bayi lainnya. Mengetahui kesukaan, kebutuhan, dan kemampuan bayi itu menyenangkan. Cari tahu bagaimana cara bayi berhubungan dengan orang dan situasi lain. Beberapa bayi menyukai lebih banyak aktivitas, beberapa menyukai lebih sedikit kegiatan. Beberapa bayi lebih keras ketika mereka tertawa atau menangis, beberapa lebih pendiam secara alami.

Semua bayi memberi tahu Mama atau pengasuhnya jika mereka sudah merasa kenyang. Beberapa cara bayi memberi tahu Mama bahwa sudah waktunya untuk tidur siang adalah:

  • Menghindari kontak mata,
  • menjadi mengantuk atau rewel, mungkin banyak menangis,
  • batuk atau meludah,
  • menggosok mata.

Jangan Lupa untuk Merawat Diri Sendiri, Ma

Jangan Lupa Merawat Diri Sendiri, Ma
Freepik

Bayi tumbuh lebih cepat di tahun pertama mereka dibandingkan waktu lainnya dalam hidup mereka. Ini akan menyita banyak waktu dan energi mama.

Mama harus sehat dan bahagia agar dapat memberikan awal yang baik untuk si Kecil. Saat Mama merasa nyaman dengan diri sendiri, Mama akan membantu bayi merasa bahagia dan aman juga.

Inilah mengapa Mama perlu meluangkan waktu untuk mengurus diri sendiri. Beri tahu orang-orang saat Mama membutuhkan dukungan atau bantuan. Setelah beristirahat, Mama akan memiliki lebih banyak energi dan akan dapat lebih bersenang-senang dengan bayi.

Mengajarkan Bayi untuk Berhubungan dengan Orang Lain

Mengajarkan Bayi Berhubungan Orang Lain
Pixabay/jcall

Mengembangkan ikatan yang erat dengan orangtua dan anggota keluarga adalah penting. Ini membantu bayi membentuk hubungan yang positif dengan orang lain. Berikut beberapa hal yang dapat Mama lakukan:

  • Dengan membiarkan orang lain menggendong dan berbicara dengan bayi saat Mama ada, bayi belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain.
  • Jika bayi ditemani oleh pengasuhnya, ia akan belajar mengharapkan bantuan, menikmati kebersamaan, dan kebaikan orang lain.
  • Jika Mama memutuskan untuk meninggalkan bayi dengan kerabat, teman, atau pengasuh anak, pastikan mereka menyediakan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman secara memadai. Dengan cara ini, Mama akan merasa yakin tentang perawatan yang aman dan penuh kasih yang diberikan.

Bayi menghabiskan tahun pertama belajar bila merasa amat dicintai. Cinta, yang diungkapkan dengan cara yang disebutkan di sini, dan dalam banyak cara lain oleh Mama, akan memberi bayi kekuatan fisik untuk melawan penyakit, kekuatan emosional untuk merasa percaya diri, dan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru.

Nah, itulah informasi mengenai cara bayi baru lahir belajar dan berkembang. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.