TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Cara Efektif Meredakan Rasa Sakit Akibat Gusi Bengkak pada Bayi

Gusi bengkak saat tumbuh gigi ternyata normal, Ma!

19 Juni 2019

8 Cara Efektif Meredakan Rasa Sakit Akibat Gusi Bengkak Bayi
Freepik/User6014584

Pertumbuhan dan perkembangan bayi selalu membuat keluarga gembira. Salah satunya adalah munculnya gigi pertama bayi.

Melihat bayi tersenyum lebar dengan satu gigi menghias mulutnya pasti membuat Mama girang. Namun proses tumbuh gigi bayi tidak datang dengan mudah. Terkadang ada bayi yang mengalami demam atau gusi bengkak. Dapat dibayangkan bayi pasti merasa tidak nyaman.

Apakah ada cara untuk mengobati gusi bengkak akibat proses tumbuh gigi ini?

Popmama.com mengulas beberapa cara efektif untuk Mama.

1. Mengapa gusi bayi menjadi bengkak?

1. Mengapa gusi bayi menjadi bengkak
Freepik/A3pfamily

Ketika gigi mulai tumbuh, gigi akan mendorong gusi untuk keluar. Di sinilah gusi bayi mulai membengkak dan menjadi sakit. Ini menyebabkan proses tumbuh gigi menjadi tidak nyaman dan seringkali menyakitkan bagi bayi.

Gusi bayi menjadi bengkak dan kemerahan. Bayi biasanya menjadi tidak nafsu makan dan rewel, produksi air liur lebih banyak dari biasanya, dan terkadang bayi mengalami demam.

2. Ini 7 cara meredakan gusi bengkak

2. Ini 7 cara meredakan gusi bengkak
Freepik/Dragana_Gordic

Proses tumbuh gigi memang seringkali membuat bayi rewel dan tidak nyaman. Mama bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengurangi rasa sakitnya:

  • Berikan teether

Teether dapat membantu mengurangi sakit yang dirasakan oleh bayi Mama. Saat bayi menggigiti teether, bayi akan merasakan tekanan pada gusi akibat gigitannya itu. Tekanannya ini akan memberikan rasa nyaman pada gusi yang bengkak.

  • Memijat gusi

Pijat gusi dengan bantuan jari yang dicelup ke dalam air dingin. Ini cukup efektif untuk meredakan rasa sakit. Pastikan jari Mama bersih dan pijatannya tidak terlalu keras.

  • Berikan empeng atau dot

Dot atau empeng bisa menjadi pilihan yang baik untuk membuat bayi merasa nyaman. Dot dapat mengurangi rasa sakit pada gusi karena tumbuh gigi.

  • Berikan makanan yang agak keras untuk dikunyah

Jika bayi Mama telah melewati usia enam bulan, Mama bisa menyediakan makanan keras yang bisa dikunyah. Makanan seperti biskuit, apel, wortel, atau timun berfungsi sama seperti teether. Setiap gigitan akan memberikan tekanan terhadap gusi yang akan memberikan rasa nyaman.

  • Jeli penghilang rasa sakit

Jeli ini mengandung antiseptik dan penghilang rasa sakit yang bekerja efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Konsultasinya dengan dokter untuk mengetahui efek sampingnya pada bayi Mama.

  • Jahe

Jahe juga merupakan obat alami yang sangat baik untuk mengobati sakit gusi. Ambil sepotong jahe dan pijat dengan lembut gusi yang bengkak dengan potongan jahe. Jahe berfungsi sebagai anti inflamasi saat digosokkan pada gusi bayi yang sakit.

  • Ekstrak almond

Selain jahe, obat alami yang dapat memberikan efek menenangkan bagi gusi yang sakit adalah ekstrak almond. Campur beberapa tetes ekstrak almond dengan sedikit air. Pijatkan larutan ini ke gusi bayi dengan kapas atau dengan ujung jari. Ulangi secara teratur. Cara ini terbukti efektif menghilangkan bengkak dan rasa sakit pada gusi bayi.

3. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan Mama

3. Tindakan pencegahan dapat dilakukan Mama
Pixabay/collusor

Saat bayi sakit merupakan saat yang paling tidak menyenangkan. Mama pasti menghindari sebisa mungkin agar bayi tidak sakit. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Mama untuk mencegah sakit yang lebih parah saat tumbuh gigi:

  • Pastikan Mama menggosok dan memijat dengan lembut gusi bayi. berhati-hatilah agar pijatan tidak terlalu keras atau tidak terlalu menekan.
  • Utamakan kebersihan. Saat bayi tumbuh gigi, volume air liur akan bertambah lebih banyak dari biasanya dan bayi akan mencoba memasukkan apa pun ke dalam mulutnya.
  • Jangan lupa untuk membersihkan mulut dan gusi bayi secara rutin setiap hari.
  • Beli teether dan dot yang berkualitas baik. Hindari teether yang berisi air karena beresiko bocor dan cairannya tertelan oleh bayi. kebersihan teether dan dot bayi juga harus diutamakan ya, Ma.
  • Jika Mama memberikan bayi makanan, dampingi bayi saat makan. Bayi mungkin mengambil potongan yang besar yang dapat menyebabkannya tersedak.

Gusi yang bengkak adalah salah satu tanda bahwa bayi akan tumbuh gigi. Sakit dan tidak nyaman merupakan hal yang biasa terjadi saat tumbuh gigi. Yang bisa Mama lakukan hanya  membuat bayi merasa nyaman.

Cara apakah yang biasa Mama lakukan untuk menghilangkan rasa sakit saat tumbuh gigi? Yuk, kasih komentar di bawah sini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk