Berapa Banyak Popok yang Dipakai Bayi di Tahun Pertama? Yuk, Hitung!

Normalkah jumlah penggunaan popok bayi Mama?

8 Oktober 2019

Berapa Banyak Popok Dipakai Bayi Tahun Pertama Yuk, Hitung
Freepik/Joaquincorbalan

Sebagai orangtua baru, mungkin penggunaan popok bayi mungkin mengejutkan Mama. Frekuensi buang air kecil dan besar bayi tidak seperti seperti orang dewasa. Tahun pertama setelah melahirkan, Mama akan berjuang dengan jadwal menyusui dan penggantian popok bayi.

Popmama.com mengulas fakta mengenai berapa banyak popok yang dibutuhkan bayi setiap hari. Tujuannya bukan untuk menakut-nakuti orangtua baru, tetapi untuk mempersiapkan Mama secara mental menghadapi kegiatan mengganti popok bayi. Selain itu, dengan mengetahui jumlah popok normal, Mama dapat mengambil tindakan jika bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan ASI.

Jadi, berapa banyak jumlah popok yang dipakai bayi ya?

Bayi Baru Lahir hingga 1 Bulan

Bayi Baru Lahir hingga 1 Bulan
pixabay.com/sarah_tssi

Bayi baru lahir lebih banyak popok dibandingkan dengan bayi yang lebih tua. Karena itu, jika bayi Mama berusia di bawah satu bulan, maka Mama bisa mengganti 6 hingga 10 popok per hari atau 300 popok per bulan.

Pada usia ini, bayi biasanya melakukan 3-4 buang air besar sehari dan buang air kecil setelah selesai menyusui. Pada bayi yang baru lahir, mereka selalu buang air kecil setiap selesai menyusui. Hal ini terjadi karena usus bayi distimulasi, menyebabkan bayi mengeluarkan isi perutnya.

Jadi, jangan kaget jika frekuensi penggunaan popok di usia ini sangat tinggi, Ma.

Bayi Berusia Lebih dari 1 Bulan

Bayi Berusia Lebih dari 1 Bulan
Freepik/tisiple

Saat bayi Mama berusia satu bulan, frekuensinya menurun. Mama menemukan bahwa bayi mungkin memerlukan hingga 4 hingga 6 popok dalam sehari. Bayi yang mengonsumsi ASI biasanya memiliki popok lebih kotor dibandingkan dengan bayi yang menggunakan susu formula. ASI mudah dicerna, karena itu, lebih mudah dikeluarkan oleh bayi.

Berikut jumlah penggunaan popok rata-rata berdasarkan usianya:

  • Bayi berusia 0 hingga 1 bulan, 10 hingga 12 popok/hari, 320 popok/bulan
  • Bayi berusia 1 hingga 5 bulan, 8 hingga 10 popok/hari, 240 popok/bulan
  • Bayi berusia 5 hingga 9 bulan, 8 popok/hari, 240 popok/bulan
  • Bayi berusia 9 hingga 12 bulan, 8 popok/hari, 240 popok/bulan

Editors' Picks

Kapan Mama Harus Mengganti Popok Bayi?

Kapan Mama Harus Mengganti Popok Bayi
Freepik/Yanalya

Segera setelah Mama menemukan popok bayi kotor dan basah, sebaiknya langsung diganti. Infeksi yang mungkin disebabkan oleh urine dan feses sangat menyakitkan bagi bayi dan sangat sulit untuk diobati juga.

Sebaiknya Mama memeriksa popok bayi ketika bayi bangun. Hindari membangunkan bayi untuk mengganti popoknya. Anda dapat memeriksa dan mengganti popok bayi sebelum memberinya makan, karena bayi cenderung tidur setelah sesi menyusui. Mama juga dapat mengganti popok bayi sebelum ia tidur di malam hari.

Waspada Penggunaan Popok di Bawah Rata-rata

Waspada Penggunaan Popok Bawah Rata-rata
Pixabay/heymattallen

Rata-rata, bayi mungkin menggunakan 6 hingga 8 popok dalam sehari. Jika Mama memperhatikan bahwa bayi menggunakan popok lebih sedikit, maka hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran.

Semakin sedikit popok basah berarti bayi tidak mendapatkan cukup ASI dan ini dapat membuat bayi menjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Segera hubungi dokter bila Mama menemukan jumlah popok harian di bawah rata-rata dan tanda-tanda dehidrasi pada bayi. Namun, jika Mama khawatir dengan suplai ASI, Mama dapat mendiskusikannya dengan dokter dan mengetahui berbagai cara untuk meningkatkan suplai ASI.

Penggunaan popok bayi yang tinggi mungkin akan membuat Mama terkejut, tetapi sangat normal bagi bayi yang baru lahir. Jumlahnya akan berkurang ketika bayi bertambah umur. Bayi akan mengembangkan kontrol yang lebih baik terhadap kandung kemih dan buang air besar pada saat ia berusia satu tahun.

Nah, bagaimana dengan jumlah pemakaian popok bayi Mama? Yuk, komen di bawah.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!