Si Kecil Bangun Terlalu Pagi, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bangun terlalu pagi dapat mengganggu jadwal dan kualitas tidur bayi, Ma

23 Desember 2020

Si Kecil Bangun Terlalu Pagi, Cek Penyebab Cara Mengatasinya
Freepik/yanalya

Kurang tidur di beberapa bulan pertama setelah bayi lahir biasa terjadi. Terkadang Mama harus terjaga sepanjang malam karena berusaha membuat bayi tidur. Bisa juga Mama harus bangun beberapa kali karena si Kecil lapar.

Secara alami, bayi bangun pagi dan tidak banyak yang dapat Mama lakukan untuk mengubah ritme biologisnya ini. Tetapi, ketika memasuki usia enam bulan, ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mendorongnya tidur kembali, jika ia bangun terlalu pagi. Dapat dibayangkan bila Mama harus menemani si Kecil yang bangun pagi-pagi buta, sedangkan Mama masih membutuhkan istirahat.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Kapan bayi dikatakan bangun terlalu pagi? Ketahui penyebab bayi bangun terlalu pagi sehingga Mama dapat mencari solusinya.

Yuk, simak ulasannya di Popmama.com berikut ini, Ma.

Bagaimana Mama Mengetahui jika Bayi Bangun Terlalu Pagi?

Bagaimana Mama Mengetahui jika Bayi Bangun Terlalu Pagi
Freepik/sergei_stock1977

Jika bayi bangun pada jam 5 pagi setiap hari dan tidak mau kembali tidur, itu berarti bayi bangun terlalu pagi. Tetapi itu tergantung pada kapan ia tidur di malam hari, usia bayi dan tahap perkembangannya, serta faktor lainnya. Jika bayi kemudian menjadi rewel di siang hari, itu indikasi bahwa ia bangun terlalu pagi dan kurang tidur.

Namun, normal bagi bayi untuk bangun antara pukul 6 hingga 7 pagi, meskipun ini dapat sangat bervariasi pada setiap bayi.

Editors' Picks

Apa yang Menyebabkan Bayi Bangun Terlalu Pagi?

Apa Menyebabkan Bayi Bangun Terlalu Pagi
Unsplash

Jika bayi bangun terlalu pagi, ia mungkin terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit. Kelelahan dapat menjadi salah satu penyebab bayi sulit tidur dan bangun pagi.

Selain itu, hindari membiarkan bayi tidur terlalu lama. Bayi usia 6 bulan, misalnya, membutuhkan sekitar 12 hingga 15 jam tidur selama 24 jam, atau sekitar 10 hingga 12 jam di malam hari dan tiga hingga lima jam di siang hari yang dibagi menjadi dua atau tiga jam tidur siang.

Jam tidur juga dapat memengaruhi kapan bayi bangun. Bayi bisa saja tidur terlalu larut atau tidur siang terlalu sore.

Selain jam tidur, bayi mungkin mengalami beberapa masalah seperti tumbuh gigi atau mengalami gangguan tidur.

Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi Bangun Terlalu Pagi?

Apa Harus Dilakukan jika Bayi Bangun Terlalu Pagi
Freepik/etajoefoto

Hal pertama yang harus dilakukan jika bayi bangun terlalu pagi adalah memeriksa kapan dan berapa lama ia tidur. Ini untuk memastikan bayi mendapatkan tidur yang cukup. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi bayi yang terlalu lelah tidak akan bisa tidur nyenyak.

Cobalah menidurkan bayi lebih awal secara bertahap, misalnya 10 menit lebih awal. Amati apakah cara ini membuat bayi tidur lebih lama. Jangan mengharapkan hasil yang instan, Ma. Berikan waktu satu atau dua minggu sebelum Mama memutuskan apakah eksperimen ini berhasil.

Jika terlalu banyak tidur adalah penyebabnya, Mama mungkin harus mencoba taktik sebaliknya. Ubah jadwal tidurnya secara bertahap.

Mama mungkin juga harus mengatur jadwal tidur bayi di siang hari. Bayi yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur di siang hari akan lebih sulit tidur di malam hari.

Dan waktu tidur siang juga penting. Beberapa bayi yang tidur siang akan tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Dan beberapa bayi yang sulit tidur siang akan menjadi cepat lelah dan tidur lebih awal di malam hari.

Tips Supaya Bayi Tidak Bangun Terlalu Pagi

Tips Supaya Bayi Tidak Bangun Terlalu Pagi
Pexels/Alicia

Menyesuaikan jadwal tidur bayi kemungkinan merupakan cara terbaik bagi Mama untuk mengaktifkan jam biologis si Kecil. Tetapi ada beberapa trik lain agar bayi tidak bangun terlalu pagi yang bisa Mama coba, seperti:

  • Jangan biarkan cahaya matahari masuk saat bayi masih tidur di pagi hari.
  • Ciptakan suasana tenang di pagi hari saat bayi masih tidur.
  • Jika bayi terbangun, beri waktu hingga 10 menit sampai ia merengek.
  • Hindari waktu menyusui terlalu pagi. Waktu makan yang terlalu pagi akan membuatkan mudah lapar dan bangun terlalu pagi.
  • Dot dapat membantunya untuk tertidur lagi.
  • Jika bayi tidak dapat kembali tidur dan Mama masih butuh istirahat, berikan mainan dan biarkan bayi bermain. Namun, jangan lakukan ini jika bayi belum memasuki usia satu tahun untuk menghindari kecelakaan kecil di tempat tidurnya. 

Itulah penyebab bayi bangun terlalu pagi dan cara mengatasinya. Tidur sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Jadi amati jadwal tidurnya agar ia mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas, Ma.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.