Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Normalkah Berat Badan Bayi Baru Lahir Turun seperti Anak Aurel?

Jelang keluar rumah sakit, berat badan anak Aurel dan Atta menurun

24 Februari 2022

Normalkah Berat Badan Bayi Baru Lahir Turun seperti Anak Aurel
instagram.com/aurelie.hermansyah & krisdayantilemos

Hari ini, Kamis (24/2/2022) merupakan hari terakhir Aurel Hermansyah dan Baby A di rumah sakit. Hal itu diabadikan oleh Atta melalui video di channel YouTube pribadinya, AH.

Dalam video tersebut, Atta membagikan momen pemeriksaan kesehatan Baby A menjelang keluar rumah sakit, termasuk berat badannya.

Dari video itu diketahui bahwa berat Baby A menurun, Ma. Hal itu membuat Atta sebagai Papa baru panik. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com memaparkan tentang berat badan anak Aurel turun jelang keluar rumah sakit. 

Berat Badan Baby A Turun Jelang Keluar Rumah Sakit

Berat Badan Baby A Turun Jelang Keluar Rumah Sakit
Youtube.com/Atta Halilintar

Dokter melakukan pemeriksaan pada Baby A jelang keluar dari rumah sakit. Usai diperiksa, Baby A ditimbang. Melihat hasil timbangan, dokter anak yang merawat menyatakan bahwa berat badan Baby menurun.

"Berat badannya turun, cuma sedikit," ucap sang dokter.

Papa Atta Panik dan Khawatir Mendengar Berat Badan Baby A Turun

Papa Atta Panik Khawatir Mendengar Berat Badan Baby A Turun
Youtube.com/AH

Saat mendengar bahwa berat badan Baby A turun, raut wajah Atta langsung berubah, ia terlihat khawatir dan panik.

Melihat raut Atta yang khawatir, Ashanty segera menenangkan Atta dengan mengatakan bahwa hal tersebut normal terjadi pada bayi yang baru lahir.

"Gapapa. Semua anak waktu keluar rumah sakit turun. Itu semua, tapi dia nggak banyak. Abangnya udah stres 'ini turun beratnya?' Kalau panik harus dikasih tahu, kak," ucap Ashanty pada Atta dan Aurel bersamaan.

Normalkah Berat Badan Bayi Baru Lahir Menurun?

Normalkah Berat Badan Bayi Baru Lahir Menurun
Instagram.com/thariqhalilintar

Perlu diketahui bahwa turunnya berat badan bayi di awal kelahiran merupakan hal yang normal. Ini terjadi karena Si Kecil kehilangan sebagian cairan setelah keluar dari rahim.

Di beberapa rumah sakit bersalin, biasanya dokter atau bidan menjelaskan tentang fenomena ini.  Penurunan berat badan bayi berkisar antara 10-15 persen dari berat lahir. Bahkan bisa lebih banyak ketika ASI mama tidak lancar di hari-hari pertama setelah melahirkan.

Tapi jangan khawatir, memasuki hari ke-5, biasanya berat badan bayi mulai menunjukkan peningkatan. Maka dari itu volume dan kualitas ASI mama harus selalu diperhatikan. Karena ASI menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi Si Kecil sampai usianya siap menerima makanan lain.

Berat badan bayi akan menunjukkan peningkatan signifikan mulai pekan kedua. Kenaikannya tentu terjadi dari ons per ons, sehingga Mama perlu rutin menimbang berat badannya.

Normalnya, bayi berusia di 2-12 minggu mengalami peningkatan berat badan sebanyak 6-8 ons per minggu. Tentu saja kenaikan ini bergantung pada kualitas ASI Mama dan sifat genetik yang dibawanya. Tapi, kenaikan berat badan bayi bisa melebihi batas normalnya juga lho, Ma!

Apa penyebabnya?

Bayi yang terlalu sering menyusu, atau tidak diberikan rentang waktu sebelum menyusu berikutnya, bisa mengakibatkan kelebihan berat badan. Sebaiknya beri rentang 10-15 menit sebelum ia menyusu lagi. 

Itulah tadi soal berat badan anak Aurel dan Atta turun jelang keluar rumah sakit. Semoga berat badan Baby A bisa segera naik kembali ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk