Untuk Si Kecil Newborn Sampai MPASI, 5 Barang Ini Wajib Ada di Rumah

Jangan asal beli ya Ma

19 Agustus 2021

Untuk Si Kecil Newborn Sampai MPASI, 5 Barang Ini Wajib Ada Rumah
Shutterstock/Poravute Siriphiroon

Punya buah hati memang menjadi hal yang dinantikan banyak Mama. Persiapan untuk memenuhi kebutuhannya terkadang menjadi momen favorit para Mama. Nggak jarang, Mama rela merogoh kocek ekstra untuk keperluan si Kecil.

Tapi Mama perlu memilah-milah, barang apa saja yang wajib ada di rumah saat memiliki bayi, baik yang masih newborn atau bayi yang sudah memasuki tahap MPASI. Apa saja sih list barang-barangnya?

1. Pompa ASI untuk working mom

1. Pompa ASI working mom
Shutterstock/Pavel Ilyukhin

Membeli keperluan bayi memang nggak boleh sembarangan Ma. Popmama paham, setiap Mama ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Tapi jika budget terbatas, Mama perlu menimbang-nimbang barang apa yang benar-benar dibutuhkan. 

Salah satu item wajib yang pasti dibutuhkan para Mama adalah alat pompa ASI. Alat pompa ASI ini berguna banget untuk para Mama yang bekerja dan harus berjauhan dari si Kecil dalam waktu yang lama. Pastikan pompa yang Mama pilih memiliki pijatan lembut dan nggak sakit di payudara Mama ya.

2. Kantong ASI untuk menyimpan ASIP

2. Kantong ASI menyimpan ASIP
Popmama.com/LustyBunny

Jika sudah ada pompa ASI, nggak lengkap kalau belum menyebut ‘temannya’ yang satu ini. Untuk para working mom, penting banget nih memiliki kantong ASI untuk menyimpan ASI hasil perah atau pumping. 

Pastikan kantong ASI yang Mama punya memiliki teknologi thermal sensor, dan terdapat double zip, sehingga tidak mudah tumpah. Jadi ASI perah yang Mama simpan bisa aman di kulkas atau freezer dalam jangka waktu yang lama.

Editors' Picks

3. Sendok garpu untuk si Kecil yang mulai MPASI

3. Sendok garpu si Kecil mulai MPASI
Popmama.com/LustyBunny

Buat Mama yang punya anak memasuki 6 bulan ke atas, pasti sudah mulai persiapan untuk Makanan Pendamping ASI (MPASI) pertamanya ya. Selain bekal ilmu soal MPASI, juga harus berbekal alat-alat makan si Kecil.

Tentunya peralatan makan si Kecil berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Mama perlu menyiapkan sendok dan garpu sendiri khusus untuk si Kecil. Pastikan bahannya aman dan mudah digunakan untuk si Kecil belajar makan sendiri. Kegiatan MPASI bakal lebih seru jika Mama makan bareng si Kecil, jadi ia lebih bersemangat makan. 

Ingat, Mama adalah role model atau contoh yang sedang ditiru si Kecil. 

4. Fruit feeder untuk si Kecil yang MPASI buah

4. Fruit feeder si Kecil MPASI buah
Shutterstock/Yellow Cat

Si Kecil susah jika disuapi langsung? Atau ia lebih suka buah sebagai MPASI-nya? Mama wajib sedia fruit feeder nih di rumah. Fruit feeder itu apaan sih? Fruit feeder ini bisa dibilang empeng buah. 

Dalam fruit feeder ini bisa diisi buah-buahan jadi si Kecil bisa menghisap buah favoritnya sendiri. Jadi Mama nggak perlu repot-repot deh. Praktis bukan?

5. Training Cup

5. Training Cup
Popmama.com/LustyBunny

Saat si Kecil sudah aktif dan banyak kegiatan, pastinya ia jarang mau minum dari botol, ya ‘kan Ma? Nggak jarang kegiatan minum susu atau sekedar minum air putih jadi hal yang sulit dilakukan. 

Mama pasti takut kalau si Kecil sampai dehidrasi. Maka dari itu latih dia untuk minum dengan baik menggunakan training cup. Training cup ini memudahkan si Kecil dalam meminum minuman kesukaannya. Mama bisa mengisinya dengan air putih, jus buah kesukaannya atau susu. 

6. Jangan lupa tempat makan khusus bayi

6. Jangan lupa tempat makan khusus bayi
Popmama.com/LustyBunny

Saat si Kecil mulai MPASI artinya ia siap untuk makan. Tapi perlu diingat, jangan samakan tempat makan si Kecil dengan tempat makan Mama dan Papa ya. Pastikan tempat makan si Kecil berbahan aman dan sudah terdaftar di Kementrian Kesehatan RI.

Pastikan juga, tempat makan si Kecil memiliki ukuran yang menyesuaikan porsi makan bayi. Jadi nggak kebesaran tapi juga tidak terlalu kecil. Mama suka bingung mencari semua ‘printilan’ si Kecil dimana yang terpercaya? Secara sekarang ‘kan banyak yang menjual produk tiruan, pastinya nggak mau tertipu dong ya. 

Terlebih ini menyangkut kesehatan si Kecil juga. Mama bisa percayakan dalam hal membeli produk untuk si Kecil di LustyBunny. LustyBunny sendiri adalah sebuah brand terpercaya yang menyediakan keperluan bayi, mulai dari mainan bayi, perlengkapan MPASI, sampai pakaian bayi.

Produk LustyBunny adalah produk lokal yang mengedepankan keamanan produk dan premium service ke para pelanggan. Produk yang dijual LustyBunny terjamin aman karena sudah terdaftar di SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk kategori mainan & pakaian dan sudah terdaftar juga di KEMENKES RI (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) untuk kategori produk tempat makan, botol susu, dan sebagainya. Mama tertarik mencari perlengkapan si Kecil di LustyBunny?

Langsung klik disini aja ya Ma! Selamat berbelanja! Jadi, Mama sudah punya yang mana aja nih? (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.