6 Hal yang Harus Dicermati Saat Memilih Sabun Pencuci Botol Bayi

Sebenarnya, apa sih perbedaannya dengan sabun pencuci biasa?

4 Desember 2019

6 Hal Harus Dicermati Saat Memilih Sabun Pencuci Botol Bayi
Youtube/Aptaclub UK

Botol dan dot bayi adalah hal yang dekat dengan keseharian si Kecil. Mama yang bekerja, menggunakannya untuk memberinya ASI saat jauh dari rumah. 

Anak yang mengonsumsi susu formula tentu juga membutuhkan botol dan dot ini.

Demi kesehatan bayi, kebersihan botol susu tentunya adalah hal yang paling utama. Produsen mengeluarkan berbagai produk pencuci botol khusus bayi yang bertebaran di pasaran.

Sebenarnya, selain sabun pencuci piring biasa, apa perbedaan yang ada pada sabun khusus botol bayi ini? Benarkah bermanfaat bagi si Kecil? Berikut beberapa fakta yang dikumpulkan oleh Popmama.com.

1. Perbedaan jumlah kandungan surfaktan

1. Perbedaan jumlah kandungan surfaktan
Pixabay/Andrew Martin

Dibandingkan dengan sabun untuk mencuci piring yang Mama pakai untuk mencuci sehari-hari, umumnya, sabun pencuci khusus untuk botol bayi memiliki kandungan surfaktan yang lebih rendah.

Surfaktan sendiri pada intinya adalah zat yang mampu membersihkan minyak serta lemak. Dalam hal ini contohnya detergen. 

Jika residu surfaktan pada sabun pencuci biasa tinggal di botol bayi dan tidak dibilas dengan benar, maka hal ini dapat membahayakan bayi. Oleh karena itulah kandungan yang dimiliki sabun pencuci khusus botol bayi, lebih sedikit.

2. Kandungan pewangi dan pewarna sabun

2. Kandungan pewangi pewarna sabun
Pixabay/PublicDomainPictures

Biasanya, sabun pencuci peralatan makan yang biasa Mama pakai, akan ditambahi pewangi dan juga pewarna oleh produsen. Padahal, pewangi serta pewarna adalah zat kimia yang juga menambah risiko terhadap terganggunya kesehatan bayi jika tertinggal di permukaan botol susunya.

Sabun pencuci botol khusus bayi yang baik kualitasnya, tidak mengandung pewarna dan pewangi dalam produknya. Mama bisa mengeceknya sebelum membeli, pada label yang melekat pada produk.

Editors' Picks

3. Berbahan alami vs kimia

3. Berbahan alami vs kimia
Pixabay/ kangbch

Surfaktan sendiri memiliki dua jenis. Yaitu surfaktan yang dibuat dengan bahan kimia buatan, dan biosurfaktan, yang memiliki fungsi sama, namun dibuat dari bahan alami. Di Indonesia sendiri, para peneliti telah menemukan biosurfaktan dari minyak kedelai dan minyak kelapa sawit.

Sementara itu, beberapa produk pencuci khusus botol bayi sudah menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan yang bisa mengenyahkan minyak dan lemak dengan aman. Contohnya dari ekstrak buah-buahan serta tea tree.

4. Sabun bayi lebih ramah lingkungan

4. Sabun bayi lebih ramah lingkungan
Pixabay/ejaugsburg

Karena dibuat dari bahan-bahan alami, sabun khusus pencuci botol bayi ini biasanya juga ramah lingkungan. Berbeda dengan sabun pencuci biasa yang terbuat dari bahan kimia buatan, zat yang ada pada sabun khusus pencuci botol bayi biasanya mudah terurai di alam. 

Selain lebih aman bagi bayi karena menggunakan zat-zat alami seperti tanaman dan buah, jika menggunakan produk ini artinya Mama turut menjaga kelestarian lingkungan.

5. Memiliki punya sertifikasi food grade

5. Memiliki pu sertifikasi food grade
Pixabay/Pete Linforth

Sebenarnya, menurut laman BSN atau Badan Standarisasi Nasional, food grade biasanya dicantumkan di produk kemasan makanan. Artinya, produk itu aman bagi makanan yang ada di dalamnya, seperti tidak mentransfer material ke makanan itu sendiri. Jadi, bahan ini merupakan bahan non toxic atau tidak mengandung bahan yang beracun.

Beberapa produk sabun pencuci botol bayi ini mencantumkan label food grade formula atau food grade di kemasannya. Artinya, saat bersentuhan dengan makanan, produk ini tak akan membahayakan si Kecil. Beberapa merk ternama di dunia bahkan mengklaim bahwa bahan pencuci mereka berasal dari bahan-bahan alami seperti karbohidrat, yang bahkan aman jika tertelan. 

Sebaiknya Mama mencermati dulu klaim label ini dalam laman perusahaan yang mengeluarkan produk. Sehingga Mama benar-benar paham apakah produk tersebut memang tersertifikasi dengan tepat.

6. Memiliki kemasan yang praktis

6. Memiliki kemasan praktis
Freepik/pressfoto

Tak seperti sabun pencuci peralatan makan biasa, sabun khusus pencuci botol bayi memiliki kemasan yang lebih beragam. Selain tersedia dalam kemasan yang memiliki bukaan kecil sehingga Mama tinggal menuang dan memencetnya, ada pula kemasan yang berbentuk seperti pompa.

Selain itu, tak kalah praktis, ada pula kemasan berukuran kecil yang memudahkan Mama untuk membawanya kala berlibur bersama si Kecil. Bahkan, ada pula produk dengan kemasan kecil, yaitu kurang dari 100 ml. Artinya Mama bisa memasukkan kemasan ini dengan aman ke dalam tas yang diletakkan di dalam kabin pesawat.  

Sabun apapun yang Mama pilih, baik khusus untuk mencuci botol bayi maupun sabun pencuci piring biasa, jangan lupa untuk membilas botol dan dot si Kecil seteliti dan sebersih mungkin ya Ma. Selain itu, cermati pula produk-produk sabun pencuci khusus botol bayi ini melalui labelnya, agar Mama tahu betul produk yang akan Mama gunakan. Bacalah rekomendasi 11 sabun pencuci khusus untuk bayi berikut kandungannya, di tautan ini.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.