5 Ide Kreatif Memanfaatkan Stok ASI agar Tidak Terbuang Percuma

Stok ASI melimpah jangan dibiarkan begitu saja, Ma

6 Oktober 2020

5 Ide Kreatif Memanfaatkan Stok ASI agar Tidak Terbuang Percuma
Freepik/Comzeal

Semua orang tahu bahwa ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Di dalamnya terkandung berbagai senyawa yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi dan menjaga kesehatannya.

Sebagian mama memiliki produksi ASI yang melimpah ruah. Walau sudah diperah atau bahkan didonorkan, stok ASI masih juga tersedia. Jika tidak segera dikonsumsi, bisa-bisa rusak nih, Ma. Kalau stok ASI untuk konsumsi si Kecil masih tersisa, Mama bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain lho.

Tak perlu bingung, berikut ini Popmama.com merangkum lima penggunaan lain ASI selain untuk makanan bayi, dilansir dari Firstcry.com:

1. Mengobati ruam popok

1. Mengobati ruam popok
Freepik

Apabila bayi mama mengalami ruam popok dan tidak menemukan obat untuk meredakannya, gunakan ASI untuk menenangkan kulit yang iritasi. Caranya adalah dengan meneteskan sedikit ASI di area yang terinfeksi, kemudian biarkan mengering sendiri. ASI mengandung antibodi dari tubuh mama yang dapat melawan bakteri penyebab ruam popok.

Editors' Picks

2. Mengobati jerawat

2. Mengobati jerawat
himalaius.com

Salah satu peruntukan ASI yang lain terhadap penyembuhan masalah kulit adalah untuk mengobati jerawat. Jika si Kecil mengalami jerawat (baby acne), totolkan sedikit ASI ke area yang berjerawat. Cara ini aman dilakukan dan terbukti berhasil membersihkan kulit bayi dari jerawat tanpa ada efek samping yang mengkhawatirkan.

3. Untuk mengurangi gigitan serangga

3. mengurangi gigitan serangga
Freepik/zilvergolf

ASI mengandung senyawa anti peradangan yang membantu mengatur respon imun tubuh. Karenanya, dapat digunakan sebagai obat untuk gigitan serangga. Oleskan ASI pada gigitan serangga dan biarkan mengering untuk menghilangkan rasa gatal dengan cepat. 

4. Melembapkan kulit

4. Melembapkan kulit
Freepik/onlyyouqj

Kulit bayi yang sangat lembut dan sensitif, seringkali mengalami masalah kekeringan. Dilansir dari Very Well Family, dalam jurnal berjudul Milk Therapy: Unexpected Uses for Human Breast Milk, bekerja sebagai agen pelembap, ASI mama bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada bayi. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan sedikit ASI ke bagian kulit bayi yang kering dan biarkan mengering dengan sendirinya. 

Penggunaan ASI untuk mengatasi kulit kering ini dapat diaplikasikan pada kulit eksim, bibir pecah-pecah, hingga cradle cap. Multi fungsi ya, Ma. 

5. Mengobati puting yang luka

5. Mengobati puting luka
Freepik/javi_indy

Menyusui dapat membuat payudara dan puting mama terluka, bahkan berdarah. Dengan memerah ASI dan mengoleskannya di area yang terluka, bisa membantu meredakan nyeri dan menyembuhkan puting yang pecah-pecah. Namun, jika infeksi jamur adalah penyebab luka, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu karena penggunaan ASI dapat memperburuk keadaan. 

Itulah lima ide kreatif penggunaan ASI selain untuk makanan bayi yang bisa Mama terapkan. Cara-cara ini dapat dilakukan untuk mengurangi ASI terbuang dan rusak sia-sia. Semoga bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.