Jangan Salah, 3 Hal ini Bukan Tanda Bayi Siap Mulai MPASI

Jangan sampai salah kaprah agar tidak fatal akibatnya

13 Juli 2020

Jangan Salah, 3 Hal ini Bukan Tanda Bayi Siap Mulai MPASI
freepik.com

Memasuki usia enam bulan merupakan fase baru dalam kehidupan si Kecil, di mana ia mulai boleh makan makanan padat atau MPASI. Tetapi, bukan hanya berpatokan pada usia saja lho, Ma. Kesiapan bayi makan makanan padat juga dilihat dari tanda-tanda fisiknya. 

Namun, seringkali para orangtua, terutama orangtua baru, belum memahami seperti apa tanda bayi siap mulai MPASI. Apa yang tampak seperti sebuah kesiapan bayi menginjak milestone baru ini, ternyata bukan lah tanda yang sebenarnya. 

Berikut ini Popmama.com merangkum tiga hal yang bukan merupakan tanda bayi siap mulai MPASI, dilansir dari Today's Parents:

1. Berat badan dua kali berat lahir

1. Berat badan dua kali berat lahir
livestrong.com

Banyak orangtua yang mendengar 'petuah' bahwa jika berat badan bayi telah mencapai dua kali lipat dari berat lahirnya, berarti itulah saatnya ia bisa mulai MPASI atau makan makanan padat. 

Memang, banyak bayi yang berat badannya dua kali lipat dari berat lahirnya di rentang usia empat hingga enam bulan. Tetapi, bayi prematur yang lebih kecil berat lahirnya, dapat menggandakan berat lahirnya pada usia yang jauh lebih awal padahal sistem tubuhnya belum siap untuk makan makanan padat. 

Selain itu, tiap bayi punya laju pertambahan berat badan yang berbeda-beda. Bisa jadi ia lahir besar (lebih dari 3,5 kg) sehingga kemungkinan ia akan mencapai berat badan dua kali lipat lebih cepat ketimbang kesiapan sistem pencernaannya. 

Editors' Picks

2. Pertambahan berat badan yang melambat

2. Pertambahan berat badan melambat
Freepik/a3pfamily
Freepik/a3pfamily

Setiap kali pemeriksaan rutin, dokter akan melihat tabel apakah bayi mama tumbuh sesuai dengan pola pertumbuhan yang diharapkan. Untuk bayi yang menyusu ASI eksklusif, kenaikan berat badan di dua hingga tiga bulan pertama cenderung lebih cepat ketimbang bayi yang minum susu formula. Tetapi, pada usia sekitar empat bulan, kenaikan berat badannya biasanya mulai melambat. Kondisi ini biasanya akan lebih melambat lagi selama paruh kedua tahun pertama. 

Hal yang berbeda terlihat pada bayi yang minum susu formula. Bayi yang minum susu formula cenderung mengalami kenaikan berat badan yang lebih konsisten. Mungkin ada sedikit perlambatan, tetapi tidak seperti bayi yang minum ASI. Namun, kenaikan berat badan pada bayi yang minum susu formula ini sangat berkaitan erat dengan obesitas di masa kanak-kanak dan dewasa kelak. 

Namun, pertambahan berat badan yang melambat tidak selalu berarti bayi siap mulai MPASI. Dokter lah yang dapat menentukan kapan saatnya bayi siap dan membutuhkan makanan padat.

3. Tumbuh gigi

3. Tumbuh gigi
freepik.com/nestea06

Banyak orangtua berpendapat kala bayi mulai tumbuh gigi, itulah saatnya ia mulai makan makanan padat. Perilaku umum yang menyertai tumbuh gigi, seperti mengunyah jari dan mainan atau rewel saat menyusui, juga sering diartikan sebagai bayi siap makan makanan padat. 

Tetapi kenyataannya, sebagian bayi dilahirkan dengan gigi yang sudah ada di mulutnya atau pun lambat tumbuh gigi hingga berusia usia satu tahun. Tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan ukuran untuk memulai MPASI.

Mengapa Harus Menunggu hingga Usia Enam Bulan agar Bayi Siap Makan Makanan Padat?

Mengapa Harus Menunggu hingga Usia Enam Bulan agar Bayi Siap Makan Makanan Padat
freepik.com/ksyusha_yanovich

Di usia enam bulan bayi biasanya berhenti menggunakan lidah mereka untuk mendorong makanan keluar dari mulut. Sekitar usia ini, bayi sudah mulai mengembangkan koordinasi untuk memindahkan makanan padat dari depan mulut ke belakang untuk menelan.

Selain itu, di usia enam bulan bayi mulai membutuhkan makanan pendamping untuk mendukung pertumbuhan, memuaskan rasa lapar, serta membantu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi. 

Untuk bayi yang diberi ASI eksklusif, menunggu hingga usia enam bulan sebelum memperkenalkan makanan padat berarti memastikan bahwa mereka mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari ASI.

Belum Punya Gigi hingga Usia Enam Bulan, Apakah Bayi Sudah Boleh Makan?

Belum Pu Gigi hingga Usia Enam Bulan, Apakah Bayi Sudah Boleh Makan
freepik.com/user17581499

Jika bayi mama masih belum punya gigi hingga usia enam atau tujuh bulan, apakah ia sudah boleh makan makanan padat? Banyak orangtua yang mengkhawatirkan hal ini. Bagaimana ia bisa mengunyah atau menggigit tanpa gigi.

Jangan khawatir, Ma. Bayi sangat mampu mengunyah makanan yang cukup lunak, kemudian menelannya tanpa masalah. Meski tak punya gigi, rahang mereka cukup kuat kok untuk mencerna makanan. 

Nah, itulah tiga hal yang bukan merupakan tanda bayi siap mulai MPASI. Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.