15 Ide Kado Bayi Laki-laki Baru Lahir, Sebaiknya Memberi Apa Ya?

Ada teman yang baru saja melahirkan bayi laki-laki. Sebaiknya, bawa kado apa ya?

3 April 2019

15 Ide Kado Bayi Laki-laki Baru Lahir, Sebaik Memberi Apa Ya
Pixabay.com

Momen kelahiran memang menjadi salah satu hal yang membuat siapa saja merasa bahagia. Apalagi jika ini dialami oleh sahabat atau sanak saudara dekat. Namun, dalam memilih kado tentunya Mama tidak bisa sembarangan. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin bayi.

Kalau ternyata anak yang dilahirkan laki-laki, kira-kira kado apa yang cocok, Ma? 

Nggak perlu bingung. Sederet ide kado dari Popmama.com berikut ini bisa Mama jadikan pilihan. Apa saja itu? Simak, yuk.

1. Baju bayi kasual

1. Baju bayi kasual
Pexels/Pixabay

Memberi kado baju sudah pasti bermanfaat bagi bayi yang baru dilahirkan. Mama bisa memilih baju bayi kasual dengan model yang sederhana dan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai sehingga dapat dipergunakan untuk pakaian sehari-hari. Sebaiknya pilih ukuran baju yang sedikit lebih besar agar masa pakainya lebih panjang karena umumnya bayi cepat bertumbuh. 
 

2. Alas bermain bertema hewan atau kendaraan

2. Alas bermain bertema hewan atau kendaraan
Flickr.com/Personal Creation

Memberi kado tidak harus yang dapat digunakan saat itu juga. Salah satu alternatif kado yang bisa diberikan pada bayi laki-laki yang baru dilahirkan adalah tikar mainan bayi yang dapat digunakannya saat mulai belajar berguling dari terlentang ke tengkurap.

Pilihlah tikar dengan warna yang cerah dan terbuat dari bahan lembut, serta bertema ceria seperti hewan dan kendaraan yang menarik.

3. Sepatu dan kaos kaki

3. Sepatu kaos kaki
pxhere.com

Sepatu atau kaos kaki bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk dijadikan kado. Pilihlah dari bahan yang lentur dan empuk dengan kualitas yang baik sehingga tidak akan membuat kulit bayi teriritasi. Kedua item ini dapat bermanfaat untuk menjaga kaki bayi agar tetap hangat saat bepergian.

4. Soft toys

4. Soft toys
maxpixel.net

Bayi yang baru dilahirkan memang belum bisa memahami dunia di sekitarnya dan belum bisa diajak bermain. Namun, memberikan soft toys dengan tema dunia hewan yang terbuat dari bahan yang lembut dan empuk akan membuat bayi senang, terutama di fase ia mulai belajar untuk menangkap barang dengan tangannya. 

5. Peralatan menyusui

5. Peralatan menyusui
Haenim-indonesia.com

Peralatan menyusui tentu sangat diperlukan Mama. Hadiah peralatan menyusui pasti akan terpakai, apalagi untuk ibu baru yang sebelumnya belum pernah memiliki peralatan menyusui. Mulai dari pompa menyusui, botol kaca atau pun penghangat susu portable.

6. Baby bathrobe

6. Baby bathrobe
sheridan.com.au

Baby bathrobe atau kimono bayi dapat menjadi hadiah yang berguna dipakai sehabis bayi mandi. Dengan baby bathrobe, orangtua akan terbantu mengeringkan tubuh bagi segera setelah diangkat dari air. Selain itu, desain baby bathrobe yang lucu membuat bayi tampak semakin menggemaskan.

7. Baby cooler box

7. Baby cooler box
aliexpress.com

Cooler box adalah barang yang seringkali terlupakan saat mencari hadiah untuk bayi. Padahal benda ini pasti berguna bagi orangtua si Bayi lho, Ma. Cooler box dapat menyimpan stok ASI perah atau pun makanan dan minuman bayi saat dalam perjalanan jauh agar lebih awet.

Editors' Picks

8. Selimut bayi

8. Selimut bayi
Pixabay.com/BenKerckx

Yang satu ini biasanya lazim dihadiahkan kepada bayi yang baru lahir. Saat ini sudah banyak variasi selimut bayi yang didesain khusus, misalnya selimut bayi dengan nama atau pun dicetak dengan wajah sang bayi. Wah, bisa jadi hadiah yang tidak terlupakan nih, Ma!

9. Bak mandi bayi

9. Bak mandi bayi
skiphop.com

Seiring pertumbuhannya, bayi butuh bak mandi yang semakin besar. Bak mandi bayi bisa jadi alternatif hadiah juga lho, Ma. Pilih bak mandi yang disertai pengaman supaya saat dimandikan, bayi tidak tergelincir. 

10. Mainan untuk stroller

10. Mainan stroller
Pixabay.com

Supaya stroller lebih ceria, hadiahkah saja mainan yang bisa digantung di pegangan stroller, Ma. Pilih mainan bisa mengeluarkan bunyi gemerincing atau mengeluarkan suara musik atau pun mainan dengan desain berwarna-warni yang mencolok. 

Selain membuat stroller semakin semarak, mainan ini juga dapat merangsang motorik bayi.

11. Perlak bayi

11. Perlak bayi
dhgate.com

Perlak bayi merupakan barang yang dibutuhkan para orangtua untuk berbagai keperluan, mulai dari mengganti diapers bayi hingga sebagai alas duduk bayi di lantai. Mama bisa menghadiahkan perlak bayi modern yang kini bisa dilipat dan dijinjing seperti tas.

12. Diaper bag

12. Diaper bag
pxhere.com

Bagi para orangtua yang sering mengajak bayinya bepergian, hadiah diaper bag tentu sangat membantu membawa berbagai keperluan bayi saat bepergian. Sebaiknya pilih diaper bag dengan desain yang netral, sehingga dapat digunakan oleh bayi laki-laki maupun perempuan dan juga dapat dibawa oleh Papa atau pun Mama bayi tanpa membuatnya canggung.

13. Alfabet nama bayi

13. Alfabet nama bayi
bleacheddecor.co.za

Ingin memberikan benda yang bakal terpakai dalam jangka waktu lama? Alfabet nama bayi salah satunya. Alfabet nama bayi ini dapat menjadi pelengkap dekorasi kamar bayi hingga ia dewasa lho, Ma. Menarik bukan? Pilih yang desainnya netral agar bisa terus dipajang hingga ia besar, misalnya dari kayu polos tanpa ornamen atau dari bahan metal yang dicat warna hitam, emas, biru dan lain-lain.

14. Buku cerita bayi

14. Buku cerita bayi
Amazon.com

Memberi hadiah buku untuk bayi baru lahir ibarat memberi doa agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Banyak buku cerita anak untuk bahkan bayi baru lahir bisa dicari di toko buku. Pilih saja buku yang bentuknya softbook sehingga bisa dipakai sampai setidaknya usia 1 tahun. Pilih yang bergambar besar dan sederhana dengan warna-warni ceria. 

15. Baby blocks

15. Baby blocks
Freepik/Peoplecreations

Bayi telah memiliki kemampuan menggenggam sejak lahir. Namun, seiring dengan perkembangan usianya, bayi akan mengalami perkembangan kemampuan tersebut hingga usia satu tahun. Karena itu memberikan kado berupa baby blocks merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan. Baby blocks dapat menjadi sarana latihan memperkuat kemampuan jari dan tangan anak. 

Nah, itulah beberapa ide kado yang dapat Mama bawa untuk kelahiran bayi laki-laki dari sahabat tercinta. Yang perlu diingat, pastikan untuk memberikan barang-barang dengan kualitas yang aman bagi bayi meskipun harganya tidak harus mahal.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!