Kembangkan Kemampuan Sensorik Bayi Lewat Montessori Mobile

Bukan sekadar mainan gantung, Montessori mobile mendukung perkembangan sensorik bayi

26 Februari 2021

Kembangkan Kemampuan Sensorik Bayi Lewat Montessori Mobile
Pexels/NIKOLAY OSMACHKO

Bayi mama adalah pembelajar kecil yang punya rasa ingin tahu tinggi. Mereka belajar banyak hanya dengan mengamati hal-hal di sekitarnya. Oleh karenanya, si Kecil membutuhkan rangsangan untuk mendorong kemampuan sensorik dan motoriknya. Salah satu alat bantu yang populer belakangan ini adalah Montessori mobile.

Apakah Mama sudah pernah mengenal Montessori mobile dan apa saja manfaat menggunakan Montessori mobile? Berikut ini Popmama.com merangkum serba-serbinya, dilansir dari Firstcry:

Mengenal Montessori Mobile

Mengenal Montessori Mobile
Pinterest/How We Montessori

Montessori mobile adalah alat yang dibuat berdasarkan filosofi Dr. Maria Montessori, penemu metode belajar Montessori. Ia menemukan bahwa bayi memahami dan mempelajari banyak hal sebelum mereka mengembangkannya menjadi gerakan. Dr. Montessori menekankan bahwa bayi belajar banyak hanya dengan mengamati lingkungan sekitar melalui indra mereka. 

Montessori mobile tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia bayi. Alat ini dirancang dengan hati-hati agar tidak menjadi beban bagi bayi sehingga bayi bisa belajar dengan tepat.

Montessori mobile merangsang visual bayi dan meningkatkan fokus serta konsentrasi. Alat ini membantu bayi belajar bagaimana melacak benda bergerak dan biasanya mulai diperkenalkan saat bayi sudah aktif dan waspada terhadap sekitarnya, sekitar usia enam bulan. 

Untuk melatih konsentrasi dan pelacakan visual yang optimal, penting untuk meletakkan Montessori mobile dalam gerakan yang benar dengan detil dan ketinggian yang tepat. Berikut ini manfaat menggunakan Montessori mobile untuk bayi:

Editors' Picks

1. Mencegah stimulasi berlebihan

1. Mencegah stimulasi berlebihan
Pinterest/How We Montessori

Tidak seperti alat biasa yang tersedia di pasaran, Montessori mobile tidak membatasi pergerakan bayi. Alat ini tidak memproduksi suara atau gerakan yang tidak diperlukan, sehingga mencegah stimulasi berlebihan pada bayi. 

Montessori mobile dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memengaruhi atau mengganggu pilihan bermain bayi yang sedang bertumbuh. Montessori mobile ini membantu bayi dengan mengisolasi indra visual bayi, yang berarti bayi dapat memilih untuk melihatnya atau tidak. 

Jika bayi tidak ingin menatap alat ini, ia mungkin akan membuang muka. Jika bayi merasa lelah, ia juga dapat tertidur di bawahnya atau sekadar memusatkan perhatian dan penglihatannya pada objek lain di sekitarnya.

2. Menstimulasi visual

2. Menstimulasi visual
Pinterest/Sai

Penglihatan bayi tidak berkembang sepenuhnya dalam beberapa bulan pertama setelah lahir. Montessori mobile dirancang untuk memberi manfaat bagi bayi melalui fase perkembangan penglihatan yang berbeda. 

Montessori mobile cocok untuk bayi yang baru berusia beberapa minggu karena dirancang menggunakan warna kontras tinggi. Saat bayi semakin bertumbuh, secara bertahap diberikan tingkatan berikutnya yang menggunakan warna dan bentuk berbeda. 

Mama dapat memilih Montessori mobile yang sesuai untuk bayi mama. Montessori mobile ini menawarkan jenis rangsangan visual yang tepat, yang berarti tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

3. Mengembangkan konsentrasi

3. Mengembangkan konsentrasi
Pinterest/How We Montessori

Montessori mobile sangat bagus untuk mengembangkan konsentrasi pada bayi sejak usia dini. Montessori mobile berfokus pada mempelajari hanya satu keterampilan pada satu waktu. Karena itulah, bayi mama dapat dengan mudah belajar fokus dan berkonsentrasi pada alat tersebut.

Tips Memasang Montessori Mobile yang Tepat

Tips Memasang Montessori Mobile Tepat
Pinterest/The Kavanaugh Report

Berikut adalah beberapa tips untuk menggantung Montessori mobile dengan cara yang benar agar bayi memperoleh manfaat maksimal darinya dan untuk memastikan keamanan penggunaannya:

  • Ukur alat dari benang di atas dada bayi mama  kira-kira setinggi 20 hingga 30 cm dari jangkauan bayi. Jarak dan posisi ini memungkinkan bayi untuk melihat alat serta menjaga jarak yang aman sehingga bayi tidak dapat menggenggamnya.
  • Setiap kali meletakkan bayi di bawah alat, pastikan bahwa bayi benar-benar terjaga sehingga ia dapat fokus dan mengamati alat tersebut. Menempatkan bayi yang mengantuk atau rewel di bawah alat sama sekali tidak boleh karena dapat membuat bayi menjadi lebih rewel.
  • Pastikan Mama meletakkan Montessori mobile di area tempat bayi aktif daripada meletakkannya di area tidur bayi karena kegunaan alat ini adalah untuk merangsang indra bayi dan bukan membuatnya tidur.
  • Pastikan Montessori mobile ditempatkan di area yang dapat Mama awasi setelah meletakkan bayi di bawahnya. Jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan.

Montessori mobile idealnya digunakan secara berurutan dan sesuai usia bayi. Tetapi Mama harus memperkenalkan tipe Montessori mobile lain ketika bayi siap untuk transisi. 

Jika Mama merasa bayi membutuhkan waktu dengan Montessori mobile tertentu, Mama dapat memberikan lebih banyak waktu. Panduan umumnya adalah mengganti alat setiap dua minggu tetapi Mama harus mengamati bayi mama agar tahu kapan waktu yang tepat untuk beralih ke alat berikutnya. 

Semoga informasi mengenai montessori mobile untuk perkembangan sensorik bayi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.