5 Masalah pada Ubun-ubun Kepala Bayi yang Harus Diwaspadai

Perhatikan sekecil apapun perubahannya, jangan sampai terlambat menanganinya

2 Juni 2020

5 Masalah Ubun-ubun Kepala Bayi Harus Diwaspadai
Freepik

Sebagai orangtua, Mama pasti mengusahakan yang terbaik untuk merawat dan melindungi si Kecil. Salah satu bagian tubuh yang penting dilindungi adalah ubun-ubun kepala bayi atau fontanelle

Ubun-ubun kepala bayi adalah bagian yang rentan karena terhubung dengan banyak saraf. Karenanya, jika terjadi perubahan sekecil apapun, orangtua biasanya khawatir ada masalah yang terjadi. Perubahan pada ubun-ubun kepala bayi tidak selalu mengindikasikan masalah besar. Tetapi bisa menjadi pertanda adanya masalah internal menyangkut otak atau pun hidrasi bayi.

Berikut Popmama.com merangkum lima perubahan pada ubun-ubun bayi yang penting diperhatikan orangtua, dilansir dari health.clevelandclinic.org:

1. Bagian titik lunak yang tampak cekung atau tenggelam

1. Bagian titik lunak tampak cekung atau tenggelam
Freepik/phduet

Ketika bayi sakit atau kurang cairan, hal ini bisa tampak dari ubun-ubunnya. Di bagian lunak ubun-ubunnya akan tampak cekung atau tenggelam ke dalam. Apabila si Kecil mengalaminya, periksakan bayi mama ke dokter apabila cekungan itu tetap ada selama beberapa hari dan Mama kesulitan membuat bayi mau mengonsumsi lebih banyak susu.

Editors' Picks

2. Bagian titik lunak yang membengkak

2. Bagian titik lunak membengkak
parenting.firstcry.com

Apakah bayi Mama barusan jatuh dan mengenai kepala? Atau terbentur di kepalanya langsung? Karena trauma tersebut, bagian lunak di ubun-ubun kepalanya membengkak. Jika hal ini terjadi disertai dengan muntah-muntah, ini bisa menjadi tanda trauma kepala serius. Segera larikan si Kecil ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terjadi hal yang fatal.

3. Bagian titik lunak yang menggembung

3. Bagian titik lunak menggembung
wikimedia.org

Penumpukan cairan atau hidrosefalus dapat menyebabkan pertumbuhan kepala yang cepat. Inilah yang membuat bagian titik lunak di ubun-ubun bayi tampak 'penuh'. 

Ubun-ubun kepala yang menggembung juga bisa menjadi pertanda terjadinya perdarahan internal atau tumor. Bisa juga dikarenakan massa yang menyebabkan tekanan pada kepala. Jika tiitk lunaknya menonjol, periksakan bayi ke dokter anak untuk mencari penyebab masalah, diagnosis, dan pengobatannya.

4. Menghilangnya titik lunak

4. Menghilang titik lunak
Freepik

Sebagian besar titik lunak akan nampak jelas, terutama pada bayi yang baru lahir. Tetapi, terkadang titik lunak itu menghilang dengan cepat. Mungkin hal ini membuat orangtua panik. Namun, ini bisa berarti titik lunak tersebut bersembunyi. Bukan karena telah menyatu duluan.

Sepanjang kepala bayi bertumbuh secara normal, hal ini baik-baik saja. Tetapi biasanya dokter anak akan menganjurkan menjalani imaging test untuk memastikan fontanel bayi masih terbuka. 

Namun, kadang-kadang, tulang tengkorak menutup lebih awal dari biasanya di satu sisi, yang menyebabkan craniosynostosis. Tergantung pada tulang mana yang menyatu, bayi dapat mengembangkan bentuk kepala yang tidak normal karenanya. Contohnya craniosynostosis sagital yang menghasilkan bentuk kepala lebih panjang.

5. Titik lunak yang tidak menutup

5. Titik lunak tidak menutup
sheknows.com

Apabila titik lunak tetap ada dan tidak menutup setelah bayi berusia satu tahun, ada kemungkinan anak mengembangkan kondisi genetik seperti hipotiroidisme bawaan. Jika hal ini terjadi, bicarakan dengan dokter anak tentang opsi perawatan yang mungkin dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah lima masalah pada ubun-ubun bayi. Mama lah yang paling tahu dan mengerti kondisi bayi mama. Apabila Mama mendapati kondisi ubun-ubun kepala bayi yang mencurigakan, jangan ragu berkonsultasi ke dokter anak untuk memastikan semuanya baik-baik saja. 

Semoga informasi ini membantu.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.