Jangan Disepelekan, Ma. Ini 5 Tanda Bayi Mengalami Kelelahan Akut

Bayi juga bisa mengalami kelelahan akut sama seperti orang dewasa

31 Maret 2019

Jangan Disepelekan, Ma. Ini 5 Tanda Bayi Mengalami Kelelahan Akut
PIxabay/smpratt90

Pernah nggak Mama mengalami, si Buah hati yang dengan susah payah ditidurkan kemudian kembali bangun dalam waktu yang relatif singkat? Jangan terburu emosi dahulu jika hal ini terjadi, Ma. Bisa jadi ia sedang mengalami kelelahan akut yang tidak bisa ia ungkapkan dengan bahasa tubuhnya. 

Penyebab utama kelelahan akut pada bayi adalah kurang tidur. Umumnya hal ini terjadi karena pada siang hari, bayi belajar beberapa hal dan untuk memproses semuanya ia membutuhkan tidur siang yang teratur. Itu sebabnya seiring dengan bertambahnya usia pada bayi, ia akan memiliki jam bangun yang lebih pendek. 

Artinya, di saat tubuhnya sudah siap untuk tidur siang maka itulah waktu yang tepat bagi Mama untuk menidurkannya. Jika tidak, si Kecil akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol dan adrenalin agar tetap terjaga dan itulah yang membuatnya menjadi lebih mudah stres.

Memang tidak mudah untuk memahami bahwa si Kecil sedang mengalami kelelahan akut. Dilansir dari momjunction.com, jangan disepelekan jika bayi menunjukkan tanda-tanda berikut ini:
 

1. Ia banyak menguap

1. Ia banyak menguap
Freepik/Bearfotos

Cara paling mudah untuk mengetahui bayi sedang mengalami kelelahan adalah saat dia sedang menguap. Saat bayi menguap, segera hentikan semua aktivitas Mama dan ajaklah si Kecil tidur.
 

2. Perubahan Ekspresi Wajah

2. Perubahan Ekspresi Wajah
Freepik

Jika bayi sudah mulai rewel dan ekspresi wajahnya menunjukkan bahwa dia sedang marah, bisa jadi artinya ia mulai mengalami kelelahan secara bertahap. Selain itu, seringnya bayi menggosok mata, rambut, dan telinga merupakan tanda-tanda kelelahan bayi yang paling mudah untuk dikenali. 

Editors' Picks

3. Menghindari Kontak Mata atau Memalingkan Wajah

3. Menghindari Kontak Mata atau Memalingkan Wajah
pexels.com

Jika biasanya si Kecil akan bereaksi gembira saat diajak berkomunikasi, tetapi saat dia mengalami kelelahan biasanya akan cenderung menghindari kontak mata secara langsung, memandang satu arah dengan tatapan kosong, atau bahkan memalingkan wajah.
 

4. Tidak Bersemangat dan Kehilangan Minat

4. Tidak Bersemangat Kehilangan Minat
maxpixel.net

Jika bayi mama tiba-tiba terlihat tidak bersemangat dan kehilangan minat pada mainan atau makanan kesukaannya, bisa jadi itu karena tubuhnya sedang merasa kelelahan.

5. Bayi terlihat gelisah

5. Bayi terlihat gelisah
Freepik/A3pfamily

Bayi yang baru lahir dan mengalami kelelahan biasanya akan merasa gelisah, selalu menangis tanpa alasan jelas, gerakannya tidak tenang dan selalu berontak saat digendong. Sedangkan pada bayi yang usianya lebih tua mungkin akan mengekspresikan diri dengan melemparkan makanan, mainan dan benda-benda yang ada di tangan mereka, menangis, menjerit atau bahkan memukul.

Meski tidak melakukan banyak aktivitas fisik seperti orang dewasa, tetapi rasa lelah pada bayi biasanya muncul karena terjadinya ketidakseimbangan fungsi-fungsi alat vital tubuh dengan alat geraknya. Akibatnya, bayi akan merasakan lelah saat tidur dan mengakibatkan terjadinya stres pada tubuhnya. Karena itu penting bagi Mama untuk mengenali kelelahan pada bayi karena biasanya ia menjadi mudah rewel tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!