Rekomendasi Obat Flu Bayi yang Ampuh dan Aman

Apa saja obat pilek dan demam yang aman untuk bayi usia 7-12 bulan?

17 September 2021

Rekomendasi Obat Flu Bayi Ampuh Aman
Freepik/rawpixel.com

Pilek atau flu adalah salah satu kondisi penyakit yang paling sering dialami anak-anak, tidak terkecuali bayi. Hal ini wajar karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang menyebabkan bayi mudah sekali terserang virus dan bakteri.

Jika pada anak usia 6 tahun ke atas Mama bisa dengan mudah memberikan obat flu, apakah pemberian obat flu juga aman untuk bayi usia 7-12 bulan? Jawabannya adalah ya! Tentu saja Mama harus betul-betul memperhatikan kesesuaian kandungan obat dengan gejala dan dosis yang aman sesuai usia.

Jangan bingung, kali ini Popmama.com akan merekomendasikan 5 obat flu yang aman untuk buah hati usia 7-12 bulan! Simak informasi berikut ini, Ma!

1. Cessa Cough & Flu

1. Cessa Cough & Flu
Instagram.com/cessa.official
obat flu bayi

Mama ingin menghindari obat kimia? Alternatif obat flu bayi berbentuk essential oil yang satu ini menarik untuk dicoba! Cessa varian Cough & Flu dapat membantu meredakan flu bayi usia 0-2 tahun dengan cara dioleskan pada punggung dan dada buah hati sebelum Mama memijatnya lembut.

Selain praktis digunakan dan dibawa kemana-mana, Cessa Cough & Flu terbuat dari 100 persen bahan alami seperti minyak terapi, rempah, dan ekstrak peppermint yang aman, nyaman, dan memberi efek hangat untuk si Kecil. Essential oil ini bisa Mama dapatkan dengan harga Rp 56.000 saja, lho!

Editors' Picks

2. Madu Syifa Honey Fluba

2. Madu Syifa Honey Fluba
Shopee.co.id
madu anak syifa kids

Rekomendasi pertama adalah Madu Syifa Honey varian Fluba dari Syifa Kids. Mengandung madu murni dan bahan aktif jinten hitam (nigella sativa), obat sirup yang tergolong herbal ini dapat mengatasi flu, batuk, dahak, sakit kepala, hingga demam pada anak di atas usia 6 bulan.

Madu Syifa Honey Fluba juga ampuh untuk meningkatkan sistem imun yang baik untuk bayi lho, Ma! Hanya dengan kisaran harga Rp 35.000-99.000 saja Mama sudah bisa membeli obat flu herbal ini dari apotek atau e-commerce kesayangan Mama.

3. Purekids Inhalant Decongestant Oil

3. Purekids Inhalant Decongestant Oil
Instagram.com/purekids.indonesia
Purekids inhalant

Seperti yang Mama tahu, salah satu gejala flu yang paling mengganggu si Kecil adalah hidung tersumbat. Untuk alternatif pengobatan luar lainnya, Mama bisa coba Purekids. Produk aromaterapi yang mengandung kayu putih dan cengkeh ini efektif melegakan hidung tersumbat saat flu dan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Produk Purekids Inhalant Decongestant Oil dengan tiga varian berbeda ini digunakan dengan cara dioles pada kain atau sarung bantal yang kemudian dihirup oleh bayi. Mama bisa membeli produk berisi 10 ml ini dengan harga Rp 60.500.

4. Sterimar Baby Nasal Spray

4. Sterimar Baby Nasal Spray
Instagram.com/sterimarid

Unik, obat flu yang satu ini digunakan untuk mengatasi hidung mampet dengan cara disemprotkan langsung ke dalam hidung bayi yang tersumbat. Tenang, Sterimar Baby Nasal Spray mengandung 100 persen isotonik alami dengan tekanan yang rendah dan ujung kemasan yang aman sehingga bayi tidak sakit saat hidungya disemprot.

Obat flu semprot ini aman digunakan bayi usia 0-3 tahun dan dapat dibeli dengan rentang harga Rp 120.000-175.000.

5. Tempra Drops Paracetamol

5. Tempra Drops Paracetamol
Instagram.com/mdn_mart
tempra drops paracetamol

Obat flu bayi yang satu ini dapat meredakan gejala demam, sakit kepala, dan batuk yang biasanya hadir bersamaan dengan flu. Aman diminum bayi usia 7-12 bulan, Tempra Drop Paracetamol dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dengan dosis 0.8 ml maksimal 5 kali sehari dalam interval 4 jam.

Tempra Drops Paracetamol memiliki beberapa varian rasa dan datang dengan pipet yang memudahkan Mama untuk meminumkannya pada bayi. Setiap botol berisi 15 ml produk ini dijual  dengan rentang harga Rp 49.600-71.900.

Itu dia lima obat flu yang aman untuk bayi usia 7-12 bulan berikut harganya. Mana obat yang jadi andalan Mama dan si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.