3 Alat Bantu yang Efektif Membantu Bayi Belajar Jalan

Melatih si Kecil berjalan jadi terasa mudah dan menyenangkan dengan alat bantu berikut ini

7 Desember 2018

3 Alat Bantu Efektif Membantu Bayi Belajar Jalan
Pixabay/Stoksnap

Salah satu tahapan dalam tumbuh kembang si Kecil yang paling dinantikan oleh para orangtua adalah kemampuan berjalan. Proses agar bayi dapat berjalan sendiri itu tidak mudah lho, Ma.

Pasalnya, dibutuhkan kemampuan fisik, mental, semangat dan keberanian bayi yang didukung oleh stimulasi dari orangtua dan lingkungan sekitarnya.

Bayi harus melalui beberapa tahap dulu, seperti merangkak dan mampu berdiri sendiri, hingga akhirnya dapat dilatih untuk berjalan. Jangan terburu-buru untuk melatih si Kecil berjalan ya, Ma.

Sebab, kemampuan berjalan bayi dapat dilakukan jika otot-otot, syaraf dan tulangnya telah tumbuh sempurna. Memaksakan bayi berjalan sejak dini hanya akan menimbulkan trauma serta gangguan pada perkembangan fisiknya.

Nah, jika anak mama sudah menunjukkan tanda-tanda siap berjalan, Mama bisa membantu menstimulasinya menggunakan alat bantu atau mainan yang menarik perhatiannya.

Tujuannya tentu saja untuk memudahkan Mama melatih si Kecil berjalan sekaligus membuat proses latihan jadi terasa menyenangkan bagi bayi.

Alat bantu apa saja ya yang bisa Mama gunakan?

1. Baby moon walk

1.	Baby moon walk
Tokopedia

Melatih bayi berjalan jadi terasa mudah berkat alat bantu ini. Bentuknya sederhana, yakni tali dengan bagian ujung berupa pengait yang dipasangkan ke badan dan selangkangan untuk menjaga bayi tetap aman.

Dengan alat ini, orangtua tak perlu lagi bersusah payah membungkuk demi memegang tangan atau badan bayi. Sebab alat ini mampu menopang tubuh anak dari bawah dan melindungi posisi tubuhnya agar nyaman bergerak.

Selain ringan dan mudah dibawa kemana-mana, alat bantu ini juga dibanderol dengan harga yang ramah dikantong. Harga baby moon walker biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 80.000 dan mudah didapatkan di toko bayi maupun online shop.

Editors' Picks

2. Baby push walker

2.	Baby push walker
Mothercare.co.id

Apa sih bedanya baby walker dan push walker? Perbedaan diantara dua alat bantu berjalan ini terletak pada cara menggunakannya. Jika pada baby walker bayi dapat bergerak dengan bantuan roda, nah pada push walker, bayi justru dilatih berjalan saat mendorong mainannya.

Cara kerja push walker ini mirip dengan trolley belanja di supermarket, Ma. Jadi, mainan ini akan bergerak jika anak mendorongnya. Nah, saat mainannya bergerak maju, otomatis kaki anak akan melangkah mengikuti gerak mainan sebagai bentuk keseimbangan tubuhnya agar tidak terjatuh.

Selain efektif merangsang bayi untuk belajar berjalan, penggunaan alat ini sekaligus melatih keberanian dan rasa percaya diri anak. Secara tidak sadar anak akan berani melangkahkan kakinya tanpa bantuan dari siapapun.

Meski demikian, sebaiknya Mama selalu mengawasi si Kecil saat menggunakan alat ini ya, terutama jika ia baru belajar berjalan atau baru mengenal alat ini.

Mama bisa membantu dengan cara menahan push walker agar tidak bergerak terlalu cepat, sehingga anak mampu menyesuaikan langkah serta menghindari risiko terbentur atau terjatuh.

Baby push walker banyak dijual di toko-toko bayi atau online shop dengan harga yang bervariasi tergantung merek dan fitur tambahan yang dimiliki. Biasanya, baby push walker dibanderol dengan kisaran harga Rp 400.000 hingga Rp 1.500.000

3. Funky footprints

3.	Funky footprints
Mothercare.co.id

Bentuknya yang menyerupai tapak kaki warna warni mampu menarik perhatian si Kecil untuk merangkak atau berjalan di atasnya. Ketika diinjak, alat ini akan mengeluarkan lampu dan suara atau musik yang menyenangkan. Hal itu membuat bayi penasaran dan ingin mencobanya.

Mainan ini bisa Mama dapatkan di sejumlah toko bayi dengan kisaran harga Rp 650.000

Sebagian besar alat bantu berjalan memang memiliki harga jual yang cukup mahal. Hal ini sebenarnya sebanding dengan manfaat yang didapat. Sebab, alat-alat ini tak hanya bermanfaat melatih bayi berjalan saja, tetapi didukung fitur lain yang mampu merangsang motorik serta kecerdasan si Kecil.

Alternatif lain jika Mama enggan untuk membeli alat bantu ini, Mama bisa juga menyewanya lho. Kini mulai banyak bermunculan jasa sewa mainan dan perlengkapan bayi dengan harga yang terjangkau. Tarif sewa ditentukan dari jenis mainan serta berapa lama waktu peminjaman. Ada yang mingguan dan ada pula yang bulanan. 

Baca juga: Cara mudah membuat anak mama lancar berjalan