5 Hal yang Bisa Mama Lakukan Jika Si Kecil Alami Ruam Popok

Semoga si Kecil nggak makin rewel ya Ma

21 Juli 2020

5 Hal Bisa Mama Lakukan Jika Si Kecil Alami Ruam Popok
thestar.com

Si Kecil sering ngompol, membuat Mama selalu memberikannya popok? Tapi jangan sampai salah pilih Ma. Bisa-bisa si Kecil mengalami ruam popok yang membuatnya makin rewel. Jika si Kecil mengalami ruam popok, jangan disepelekan. Coba lakukan 5 hal ini, agar ruam popok tidak semakin parah.

1. Harus rutin mengecek dan mengganti popoknya

1. Harus rutin mengecek mengganti popoknya
Shutterstock/UV70

Kulit si Kecil sensitif hingga rentan bermasalah? Kunci mengatasi masalah seperti ruam popok adalah dengan menjaga kebersihan area kulit Ma. Dalam sehari, Mama harus mengecek kondisi popok secara berkala. Jika si kecil banyak minum sebelum tidur, ada baiknya mama juga perlu mengecek popoknya tengah malam, apakah sudah penuh atau belum. 

Jangan lupa untuk mengganti sesegera mungkin jika kondisi popok sudah penuh, terasa berat, lembap, atau tampak kotor. Nggak perlu nunggu si Kecil nangis ya!

Editors' Picks

2. Pilih pakaian yang berbahan katun supaya mudah menyerap keringat

2. Pilih pakaian berbahan katun supaya mudah menyerap keringat
Freepik/Jul14ka

Selanjutnya, Mama bisa memberikan pakaian yang nyaman untuk mengurangi si Kecil berkeringat. Coba Mama berikan pakaian yang menyerap keringat seperti pakaian yang terbuat dari kain katun. Hindari juga memberikan pakaian yang ketat dan sempit karena dapat membuat bayi jadi lebih mudah berkeringat. Akibatnya, area sekitar pantat si Kecil akan lembap dan iritasi jadi bertambah parah.

3. Perhatikan pemilihan popok

3. Perhatikan pemilihan popok
Shutterstock/lapetitelumiere

Ruam popok dapat disebabkan oleh kulit bayi yang iritasi akibat zat-zat yang terkandung pada popok. Untuk itu, mengganti popok yang dicurigai menyebabkan iritasi bisa menjadi cara mengobati ruam popok. Coba deh ganti popok yang memberikan sirkulasi udara yang baik, agar si Kecil terbebas dari ruam popok.

Mama bisa gunakan Popok Celana Kualitas Jepang, Genki Moko Moko. Popok dengan Maxi Gel teknologi Jepang ini mampu menyerap banyak hingga 12 jam karena Maxi Gel di dalamnya bisa mengembang hingga 60x, membuat si Kecil bebas bocor. Dibuat dengan bahan selembut kapas, dengan permukaan berpori yang memungkinkan sirkulasi udara sehingga nyaman dipakai, tidak panas dan si kecil bebas iritasi.

Selain itu, Genki Moko Moko juga memiliki desain tipis dengan karet pinggang elastis sehingga pas di badan si kecil, bikin si kecil bebas gerak. Jadi, Mama nggak perlu khawatir si Kecil terkena ruam popok lagi. Mama bisa klik di sini ya untuk info lengkapnya. 

4. Jangan menggosok area ruam, tapi tepuklah secara perlahan hingga kering

4. Jangan menggosok area ruam, tapi tepuklah secara perlahan hingga kering
verywell.com

Karena saat kulit si Kecil mengalami ruam popok, kulit bayi akan lebih sensitif. Maka dari itu, Mama perlu lebih berhati-hati dalam merawatnya. Usahakan untuk tidak menggosok area ruam ya Ma, karena hal itu bisa membuatnya iritasi. Sebaiknya tepuk-tepuk dengan lembut dan perlahan agar kering dengan sendirinya.

5. Hindari penggunaan tisu basah dan andalkan air bersih

Tahu nggak Ma? Ternyata penggunaan tisu basah bisa membuat ruam di kulit si Kecil makin parah lho. Residu sabun di tisu basah bisa menyebabkan kulit bayi mengalami ruam. Untuk itu, sebaiknya Mama hindari menggunakan tisu basah ketika akan membersihkan bagian kemaluan si Kecil dan mengganti popok. Lebih baik gunakan air bersih dan sabun khusus bayi untuk membersihkan kulit si Kecil. 

Jadi, sudah jelas ‘kan sekarang Ma? Semoga ruam si Kecil segera mereda ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.