Sebelum Disajikan, Kenali Manfaat Air Tajin untuk Bayi

Kira-kira apa saja manfaatnya ya, Ma?

18 Februari 2019

Sebelum Disajikan, Kenali Manfaat Air Tajin Bayi
medicalnewstoday.com

Air tajin pasti sudah tidak lagi asing didengar karena menjadi salah satu makanan pendamping ASI. 

Air tajin untuk bayi terbuat dari rebusan beras serta mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain itu, air tajin juga mengandung mineral, protein, lemak, zat besi serta vitamin B1 yang berguna untuk kesehatan bayi. Air tajin memang bagus untuk kesehatan tubuh bayi. Namun, usahakan untuk tidak meninggalkan nutrisi dari ASI. 

Pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama perlu dilakukan, apalagi sekaligus masih menunggu sistem pencernaan bayi berkembang lebih sempurna. Air tajin setidaknya diberikan saat si Kecil sudah berusia 8 bulan atau sistem pencernaan telah siap. 

Jika Mama yang ingin mengetahui banyak informasi mengenai manfaat dari air tajin untuk bayi. Tak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkumnya menjadi lebih jelas. 

1. Air tajin mencegah dehidrasi dan mengatasi diare 

1. Air tajin mencegah dehidrasi mengatasi diare 
Pixabay/Ben_Kerckx

Dilansir dari Parenting FirstCry, bayi diare bisa dikarenakan akibat dehidrasi pada tubuhnya. Saat si Kecil mengalami diare, dirinya bisa kehilangan berat badan. 

Mama bisa mencegah dehidrasi pada tubuh si Kecil dengan mudah yaitu melalui bantuan air tajin. 

Untuk memberikan air tajin kepada si Kecil, cobalah untuk mengambil secangkir beras dan cuci bersih. Kemudian rebus dalam 3 cangkir air selama kurang labih 15 menit. 

Air tajin bisa diberikan setiap empat jam sekali dengan takaran lebih dari 120 ml, sehingga dapat meredakan gejala diare. Mama juga bisa menambahkan gula maupun garan sebagai penambah rasa air tajin. 

Kandungan glukosa polimer di dalam air tajin dapat mudah diserap oleh tubuh. Mama 

Namun, saat air tajin tidak berpengaruh dan menyehatkan kondisinya kembali. Segeralah berkonsultasi ke dokter agar anak mama bisa segera ditangani. 

Baca juga: Wah, Ternyata Ini Penyebab Diare Pada Anak!

2. Bisa dioles ke kulit dan menjadi sunscreen alami

2. Bisa dioles ke kulit menjadi sunscreen alami
Freepik/Senivpetro

Tidak hanya sebagai pendamping ASI, air tajin juga dapat bermanfaat untuk sunscreen alami. 

Paparan sinar matahari yang terlalu terik ketika si Kecil beraktivitas di luar ruangan bisa memicu pengaruh buruk pada kulit. Namun, saat air tajin dikonsumsi tentu berguna sebagai pelindung terhadap sinar matahari secara alami.

Mama bisa mengoleskan air tajin di bagian wajah atau tangan si Kecil sebelum bepergian ke luar rumah. Kandungan air di dalam air tajin semakin membuatnya aman dari segala alergi. 

Baca juga: 7 Kesalahan Penggunaan Sunscreen Pada Anak yang Perlu Mama Ketahui

Editors' Picks

3. Mengurangi eksim atau dermatitis atopik

3. Mengurangi eksim atau dermatitis atopik
Pixabay/StockSnap

Eksim atau dermatitis atopik disebut juga dengan ruam kulit. Seperti yang diketahui kalau kulit bayi lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, sehingga diperlukan perawatan khusus. 

Perlu disadari kalau eksim yang terjadi pada bayi dapat membuatnya kurang nyaman dalam beraktivitas. 

Untuk mengatasi masalah kulit pada bayi, Mama bisa mengambil dua cangkir air tajin lalu campurkan ke dalam air mandi si Kecil. Kandungan oryzanol dalam air tajin membantu untuk meregenerasi kulit yang telah mati atau rusak. 

Minyak yang dihasilkan oleh air tajin dapat membantu melembabkan kulit bayi serta menyejukkan area kulit kering akibat eksim.

4. Air tajin bisa menjadi sumber energi

4. Air tajin bisa menjadi sumber energi
Freepik/freepic.diller

Jika tidak bersemangat, terkadang bayi bisa terlihat lesu. Padahal air tajin yang dikonsumsi si Kecil secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan energi selama menjalani aktivitas kesehariannya. 

Sebagai orangtua, Mama perlu mengetahui bahwa air tajin mengandung karbohidrat dan mudah sekali diserap tubuh. Kandungan karbohidrat inilah yang membantu dalam memenuhi kebutuhan energi bayi, termasuk ketika sudah selesai bermain. 

Baca juga: 8 Resep Makanan Bayi Berbahan ASI yang Bergizi Tinggi dan Lezat

5. Mencegah panas dalam 

5. Mencegah panas dalam 
Unsplash/Picsea

Dahulu banyak orangtua yang menggunakan air tajin sebagai salah satu cara dalam mengatasi panas dalam. 

Saat tubuh panas, si Kecil akan merasa tidak nyaman dan membuatnya menjadi mudah rewel. Ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan dan tanpa disadari merasa stres. 

Bila anak mama mengonsumsi air serta mineral dari dalam air tajin, sehingga dapat mencegah timbulnya panas dalam terlebih saat si Kecil sakit. 

Perlu diingat juga kalau beras memiliki sumber vitamin yang baik seperti niasin, riboflavin, tiamin dan vitamin B6. Vitamin esensial ini terlibat dalam pengembangan sistem saraf, penglihatan, kulit, sistem pencernaan hingga mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Itulah beberapa manfaat dari air tajin saat dikonsumsi si Kecil. Semoga bisa memberikan pengetahuan baru mengenai air tajin ya, Ma!

Baca juga: Ketahui Penyebab Bayi Demam dan Kapan Harus ke Dokter, Ma!