Bisa Jadi MPASI, Ini Manfaat Ikan Bandeng untuk Bayi

Tahukah Mama jika ikan bandeng juga bisa diolah sebagai MPASI si Kecil?

7 November 2020

Bisa Jadi MPASI, Ini Manfaat Ikan Bandeng Bayi
indonesiamilkfishfactory.com

Selama ini Mama mungkin sudah familiar dengan olahan ikan salmon atau dori yang dijadikan menu MPASI bayi. Namun, tahukah Mama jika ikan bandeng juga bisa diolah sebagai MPASI si Kecil? 

Ikan bandeng mudah didapatkan di pasar dengan harga murah. Olahan ikan bandeng pun banyak disukai orang dewasa. Walaupun jarang digunakan sebagai MPASI, kandungan nutrisi dalam ikan bandeng tak kalah dengan nutrisi dalam ikan dori atau salmon. 

Perlu Mama tahu bahwa ikan bandeng mengandung za besi, lemak sehat, fosfor, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B12. Semua nutrisi itu dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya. Apa manfaat lain dari ikan bandeng?

Berikut Popmama.com akan merangkum manfaat ikan bandeng untuk bayi agar bisa dijadikan alternatif MPASI untuk si Kecil. 

1. Perkembangan otak hingga jantung bayi

1. Perkembangan otak hingga jantung bayi
fishhub.ae

Ikan bandeng mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan kecerdasan bayi. Pasalnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi omega 3, sehingga membutuhkan asupan nutrisi dari olahan makanan. 

Tak hanya itu, kandungan omega 3 juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat si Kecil, mencegah penyakit jantung, dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, ikan bandeng cocok dijadikan MPASI bayi sejak dini. 

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

2. Menjaga kesehatan tulang gigi
Pixabay/MapleHorizons

Kandungan kalium, magnesium, dan fosfor pada ikan bandeng dapat memenuhi kebutuhan mineral bayi. Kandungan mineral dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi si Kecil sehingga menurunkan risiko bayi mengalami kerusakan tulang saat beranjak dewasa. 

Mama perlu tahu bahwa saat si Kecil mengonsumsi 100 gram daging ikan bandeng, bayi mendapat asupan nutrisi 20 mg kalsium dan 150 mg fosfor. Oleh karena itu, semakin banyak olahan ikan bandeng yang diberikan kepada bayi, maka semakin kuat pula tulang dan gigi si Kecil. 

3. Merawat ginjal bayi

3. Merawat ginjal bayi
Unsplash/Phong Duong

Vitamin B12 pada ikan bandeng bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pada ginjal bayi. Pasalnya, vitamin B12 dapat membantu proses pembuangan limbah yang dihasilkan makanan. Limbah tersebut berpotensi menjadi racun bagi bayi jika tak segera dikeluarkan. 

4. Meningkatkan sistem imunitas bayi

4. Meningkatkan sistem imunitas bayi
Unsplash/Colin Maynard

Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng juga bisa menguatkan daya tahan tubuh si Kecil sehingga tidak mudah terserang penyakit atau virus. Kandungan protein juga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat virus dan bakteri. 

Itulah beberapa manfaat ikan bandeng untuk bayi. Ikan bandeng memang bermanfaat untuk bayi, namun pastikan Mama mengolah ikan bandeng segar setelah menghilangkan duri dan tulangnya. Untuk meminimalkan risiko alergi yang dialami si Kecil, berikan ikan bandeng secara bertahap sejak berusia enam bulan. 

Apabila bayi tidak mengalami alergi, maka Mama bisa terus memberikan olahan ikan bandeng sebagai MPASI. Jika bayi menunjukkan tanda-tanda alergi, segera hentikan pemberian ikan bandeng dan konsultasikan ke dokter untuk menu MPASI berikutnya. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.