Wajib Coba! 8 Permainan Seru dan Menarik untuk Bayi Usia 8 Bulan

Bermain penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi, Ma

14 Juli 2021

Wajib Coba 8 Permainan Seru Menarik Bayi Usia 8 Bulan
Unsplash/Sandy Millar

Kegembiraan melihat bayi kecil tumbuh, tertawa dan menanggapi Mama, mencoba merangkak dan tidur di samping tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Setiap bulan bayi tumbuh dan berkembang, oleh karena itu, Mama harus melibatkan si Kecil pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan usianya. Pastikan aktivitas yang dipilih menyenangkan dan membantu dalam mengembangkan indra kognitif bayi.

Di usia delapan bulan, bayi sudah terampil duduk dan mulai merangkak. Mereka aktif dan energik, selalu bergerak dan menjelajah, Ma. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan aktivitas yang membuatnya sibuk.

Untuk membantu Mama, Popmama.com telah menyusun serangkaian ide permainan untuk bayi delapan bulan. Apa saja ya?

1. Bermain air

1. Bermain air
Unsplash/Vytis Gruzdys

Saatnya membuat waktu mandi lebih berkesan bagi si Kecil. Bawa dia ke kamar mandi dan letakkan wadah berisi air di sampingnya. Ikuti beberapa tips berikut:

  • Biarkan bayi memercik, meraih, dan menepuk-nepuk air. Kebanyakan bayi menyukai kekacauan yang diciptakannya.
  • Mama juga dapat menambahkan beberapa mainan mandi dan meminta bayi untuk mengambilnya saat mainan itu mengapung di atas air. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan koordinasi tangan, mata, dan keterampilan motorik.
  • Bicaralah dengan si Kecil saat bermain air. Mama dapat memperkenalkan kata-kata sederhana seperti air, keran, cangkir, atau mainan.
  • Ingatlah untuk tidak pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan.

2. Bola lengket

2. Bola lengket
Unsplash/Greyson Joralemon

Gunakan bola plastik sederhana (ukuran sedang untuk memastikan bayi tidak mencoba menelannya) dan bungkus dengan selotip. Pastikan bagian yang lengket ada di sisi luar.

Setelah menutupi bola dengan kuat, serahkan kepada bayi. Awasi dia menjelajah dan mencoba memisahkan bola yang menempel di tangannya

Melalui aktivitas ini, bayi belajar menggenggam dan menggerak-gerakkan bola di kedua tangannya.

3. Mengobrol

3. Mengobrol
Unsplash/Daniil Silantev

Jika Mama belum melakukannya, sekarang saatnya untuk memperkenalkan seni percakapan kepada bayi. Luangkan beberapa menit dari hari itu, bawa si Kecil ke pangkuan, dan obrolkan apa saja dengannya. Mama juga dapat mengobrol soal kegiatannya hari ini, misalnya:

  • Apakah dia bermain dengan bola hari ini? Bicara padanya tentang hal itu, mengenai bagaimana ia mengejar bola dari ruang tamu ke kamar tidur.
  • Ini juga merupakan ide bagus untuk memperkenalkannya pada kegiatannya sehari-hari. Saat Mama membawanya untuk mandi, jelaskan kepadanya bagaimana air akan membersihkan tubuhnya.
  • Warna, bentuk, dan tempat menjadi sangat penting sekarang. Dengan menggunakan buku bergambar, perkenalkan dia pada hewan, benda sederhana, dan makanan.

Editors' Picks

4. Mendaki gunung

4. Mendaki gunung
Unsplash/Sandra Seitamaa

Menggunakan bantal dan guling untuk membuat gunung di tempat tidur dan minta bayi untuk memanjatnya. Ini adalah salah satu kegiatan bayi berusia delapan bulan yang paling seru.

Mama mungkin harus membantunya sesekali, tetapi biarkan dia melakukan sebagian besar pendakian sendiri.

Latihan ini akan membantu bayi mengembangkan lebih banyak keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan. Juga akan memberikannya pengalaman baru, Ma.

5. Apa isi kotak?

5. Apa isi kotak
Unsplash/Arnel Hasanovic

Ambil kotak kardus dan buat lubang di bagian atas. Lubangnya harus cukup besar bagi Mama dan bayi untuk menempatkan mainannya di dalam dan mengeluarkannya.

Saat bayi memasukkan tangannya ke dalam dan mengeluarkan mainannya, tanyakan padanya: apa yang ada di dalamnya? Bayi akan menikmati misteri menarik benda-benda yang tidak diketahui.

Mencoba kegiatan sederhana ini akan membantu bayi berkembang dan tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas.

6. Menjelajahi isi lemari

6. Menjelajahi isi lemari
Unsplash/Gant Laborde

Bayi yang sedang berkembang dipenuhi oleh rasa ingin tahu. Ia suka menjelajahi hal-hal baru. Tidak ada yang lebih baik daripada membuatnya asyik dan terhibur saat Mama membersihkan isi lemari. Lakukan beberapa hal berikut:

  • Tumpuk semua pakaian, sepatu, dan aksesori di lantai.
  • Saat memilah barang yang ingin dibuang atau disimpan, biarkan si Kecil memeriksa semua barangnya.
  • Bayi sangat suka menjelajahi sesuatu yang berkilauan atau penuh hiasan, jadi pastikan Mama menyelipkannya.
  • Waspadai bahaya tersedak.

7. Menari dan menyanyi

7. Menari menyanyi
Unsplash/Nathan Dumlao

Bayi sedang dalam masa perkembangan dan Mama harus mendukungnya . Tidak ada yang lebih seru dibandingkan dengan menari dan menyanyi. Ini akan mendorong aktivitas fisik dan meningkatkan keterampilan motorik bayi.

Menyanyikan beberapa lagu anak-anak akan mendorong bayi untuk berbicara dan mempelajari kata-kata baru.

Mama bisa membuatnya lebih menghibur dengan meniru suara binatang yang berbeda atau menggunakan boneka tangan atau alat peraga serupa.

8. Merangkak melalui terowongan

8. Merangkak melalui terowongan
Unsplash/东旭 王

Di usia delapan bulan, bayi mulai belajar merangkak. Mama harus waspada namun juga sangat penting untuk mendukungnya.

Untuk membuat bayi bisa menjadi tugas yang cukup berat, tetapi menyiapkan terowongan kecil yang lucu dapat membantu ia berkembang.

Ambil beberapa kotak kardus dan buka dari ujung yang berlawanan. Tempatkan beberapa mainan di dalam. Buat si Kecil merangkak dan menjelajahi segala sesuatu yang menghampirinya.

Pastikan Mama menempatkan mainan atau benda lain yang aman untuk bayi di dalam ya, Ma!

Itulah delapan ide permainan untuk bayi delapan bulan. Saat bermain, si Kecil belajar dan berkembang, Ma. Jadi jangan disia-siakan momen ini, Ma. Yuk, ajak si Kecil bermain!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.