Siapkan Buku untuk Ngabuburit, Ini Dia 5 Manfaat Membaca bagi Anak

Melatih konsentrasi, kognitif, dan keterampilan bahasa

27 April 2020

Siapkan Buku Ngabuburit, Ini Dia 5 Manfaat Membaca bagi Anak
Pexels/Cotton Bro

Setiap orangtua menginginkan anaknya cerdas dan memiliki banyak ilmu pengetahuan. Namun, Mama dan Papa perlu membantu proses kecerdasan anak.

Misalnya, melalui pemberian nutrisi yang baik dan melatih anak dengan berbagai pembelajaran. Salah satunya dengan membaca.

Membaca menjadi kegiatan penting karena dapat mendukung kemampuan berbahasa dan berkomunikasi anak, Ma.

Selain itu, membaca juga dapat melatih otak anak dalam berpikir kreatif. 

Meskipun mungkin ada beberapa tantangan dalam mengajarkan anak membaca. Mama tetap perlu membangun minat anak agar gemar membaca.

Meski sudah bukan balita lagi, kebiasaan membaca buku harus tetap ada dalam diri anak. Buku adalah jendela dunia. Dari situlah anak bisa menemukan banyak informasi yang mendidik untuk memperluas wawasannya.

Untuk itu, berikut Popmama.com jelaskan manfaat membaca untuk anak agar Mama lebih bersemangat dalam menumbuhkan minat membaca. Dilansir dari berbagai sumber, simak yuk Ma!  

1. Latih keterampilan berkonsentrasi

1. Latih keterampilan berkonsentrasi
Freepik/Senivpetro

Manfaat membaca untuk anak yang pertama adalah membiasakan ia fokus.

Mengajak anak rutin membaca setiap hari akan melatih konsentrasi lho, Ma. Meskipun mungkin selama membaca anak hanya membalikkan halaman atau melihat gambar saja, tetapi perhatian anak telah terlatih untuk fokus pada buku yang ia pelajari. 

Dengan duduk dan membaca isi buku dalam jangka waktu yang cukup lama ini, anak akan terbiasa untuk fokus dan berkonsentrasi. Hal ini pun bisa membantu anak lebih siap saat belajar di sekolah karena si Kecil telah terbiasa menyerap informasi. 

Namun, Mama harus tetap memerhatikan jenis buku bacaan sesuai dengan usia anak agar lebih mudah untuk dipahami. Beri juga pendampingan selama anak membaca dan sediakan tempat yang nyaman, Ma. 

Kenapa tempat yang nyaman menjadi hal yang penting, ini ada pengaruhnya pada kesehatan mata dan otot punggung anak. Jadi pastikan posisi anak sudah benar ketika ia sedang membaca buku.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kemampuan berpikir

2. Meningkatkan kemampuan berpikir
Pexels/Cotton Bro

Membaca telah terbukti mampu tingkatkan kemampuan kognitif anak. Mengutip laman all4kids, kemampuan kognitif adalah munculnya kemampuan untuk berpikir dan memahami sesuatu. 

Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa membaca secara rutin dapat memengaruhi perkembangan area otak anak sehingga muncul imajinasi dan kreativitas.

Hal ini karena saat membaca, anak mungkin akan membayangkan tentang isi bacaan. Mulai dari tokoh, alur cerita, hingga gambar-gambar di dalam buku. 

Anak pun akan terbawa untuk merasakan apa yang diceritakan dalam buku. Lalu, berpikir untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah dalam cerita.

Proses imajinasi ini akan membawa anak menjadi orang yang kreatif bahkan hingga terbawa dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Meningkatkan ketrampilan bahasan pada anak

3. Meningkatkan ketrampilan bahasan anak
Pexels/Andrea Piacquadio

Seringkali, anak berbicara atau berkomunikasi dengan kata atau kalimat terbatas dan juga berulang. Namun, hal ini dapat Mama atasi dengan menumbuhkan minat baca pada anak. 

Membaca akan mengenalkan anak dengan ragam kosa kata yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Selain itu, membaca juga akan memberikan banyak pengetahuan tentang apapun.

Mulai dari informasi tentang tempat, hewan, benda, dan lainnya. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan kata, kalimat, atau frasa baru.

Semakin banyak yang diketahui, akan semakin baik karena dapat membantu keterampilan dan mengembangkan kefasihan bahasa anak, Ma. 

Baca juga:

Terpercaya, 10 Rekomendasi Toko Buku Online Bacaan Islami untuk Anak

4. Belajar mengenai nilai-nilai sosial

4. Belajar mengenai nilai-nilai sosial
Pexels/Gustavo Fring

Dengan mengenal hal-hal baru melalui membaca akan memberi pelajaran mengenai nilai sosial pada anak. Cobalah untuk memberikan jenis bacaan yang mengandung nilai-nilai sosial. 

Misalnya, buku tentang cara belajar dan berperilaku dengan lingkungan sekitar. Pembelajaran ini akan menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam diri anak, seperti rasa hormat pada sesama, toleransi, dan gotong royong. 

Hal ini akan menumbuhkan pendidikan karakter yang kuat pada anak. Mereka pun akan lebih siap secara mental dalam menghadapi dunia nyata karena telah belajar dari cerita yang pernah dibaca sebelumnya. 

Inilah manfaat membaca buku untuk anak yang paling brilian. Melalui sebuah buku orangtua bisa mengajarkan anak tentang cara berperilaku yang baik agar diterima di lingkungan sosialnya. Semakin banyak mengetahui perbedaaan, maka anak semakin banyak belajar.

5. Bantu raih kesuksesan akademik

5. Bantu raih kesuksesan akademik
Freepik

Melansir laman all4kids, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa “Semakin banyak kata-kata yang ada di dunia bahasa anak, semakin banyak kata yang akan mereka pelajari, dan semakin kuat keterampilan bahasa mereka ketika mereka mencapai TK, semakin siap mereka untuk dapat membaca, dan semakin baik mereka baca, semakin besar kemungkinan mereka akan lulus dari sekolah menengah.”

Dengan membaca, anak Mama pun dapat meraih kesuksesan di bidang akademik. Tidak hanya dalam keterampilan bahasa, tetapi juga dalam beragam jenis pembelajaran karena anak mendapat banyak pengetahuan.

Wah, pasti akan terasa membanggakan sekali ya, Ma jika anak berprestasi di sekolah! Anak pun akan merasa lebih percaya diri saat belajar. 

Selama bulan Ramadan, anak mama juga bisa memanfaatkan waktu ngabuburit untuk membaca. Biar tidak terasa waktunya, tiba-tiba terdengar azan tanda waktunya berbuka.

Itulah 5 manfaat membaca buku untuk anak yang paling penting untuk diketahui. Beritahui manfaat ini pada anak mama, biar ia juga semakin semangat untuk membaca. Lakukan hal positif untuk terus menambah wawasan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.