TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hati-Hati! Prank Ulang Tahun dapat Merenggut Nyawa

Diprank sebagai pencuri, siswa SMP di Batam meninggal dunia

28 September 2022

Hati-Hati Prank Ulang Tahun dapat Merenggut Nyawa
Freepik/Vadiar
Ilustrasi

Ulang tahun merupakan hari spesial untuk setiap orang. Biasanya, orang-orang terdekat akan memberikan kejutan agar hari ulang tahun menjadi lebih berkesan dan seru. 

Ada banyak sekali cara memberi kejutan ulang tahun. Kita semua bebas melakukan apapun untuk memberi kejutan bagi orang yang kita sayangi. Namun, sebelum memberikan kejutan, alangkah baiknya untuk memastikan hal tersebut merupakan tindakan yang tidak berbahaya. 

Sebab, pada tahun 2010, Farhana, seorang siswi SMP di Batam meninggal dunia setelah di-prank oleh teman-teman sekelasnya saat ulang tahun. 

Sebagai pembelajaran, berikut ini Popmama.com akan membagikan informasi lengkapnya.

Jangan lupa beri tahu pada anak agar lebih berhati-hati!

1. Kronologi kejadian

1. Kronologi kejadian
Freepik/gpointstudio
Ilustrasi

Di Indonesia, ada tradisi "nyeplokin" orang yang ulang tahun. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh para remaja dengan melempar telur mentah pada temannya yang berulang tahun. Terkadang, beberapa dari mereka menggunakan telur busuk untuk "nyeplokin" temannya. 

Farhana, siswa kelas delapan SMP di Batam tidak ingin hal tersebut terjadi pada dirinya. Maka dari itu, di hari ulang tahunnya, Farhana meminta orangtuanya untuk menjemputnya di sekolah tepat waktu untuk menghindari hal tersebut. Sebab, teman-temannya di sekolah tahu hari ulang tahunnya. 

Namun, ternyata teman-teman dan wali kelasnya memiliki kejutan lain untuk Farhana. Mereka menyusun skenario atau jebakan seolah-olah Farhana mencuri barang orang lain di kelas. 

Awal mulanya, Farhana di ajak pergi ke kantin saat jam istirahat pertama oleh salah seorang temannya. Sementara teman lainnya yang ada di kelas langsung meletakkan ponsel dan uang tunai Rp300.000 ke dalam tas Farhana. 

Ketika Farhana kembali dari kantin, teman-teman sekelasnya tiba-tiba menuduhnya sebagai pencuri. Hal tersebut membuat Farhana sangat kaget.

Tiba-tiba, wali kelas pun datang. Ia yang telah diajak bekerja sama oleh siswanya langsung berpura-pura menanyakan apa yang terjadi di kelas tersebut. Setelah mengetahui ada barang yang hilang, ia meminta empat orang murid menggeledah tas satu kelas. 

Hingga akhirnya, barang hilang itu ditemukan di dalam tas Farhana. Sang wali kelas langsung meminta Farhana maju ke depan kelas untuk mengonfirmasi kejadian tersebut. Namun, Farhana saat itu pun tidak tahu mengapa barang tersebut ada di dalam tasnya, ia benar-benar kaget.

Setelah drama yang cukup panjang, akhirnya seluruh teman kelasnya langsung menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Farhana. 

Editors' Picks

2. Meninggal dunia setelah diberi kejutan ulang tahun

2. Meninggal dunia setelah diberi kejutan ulang tahun
Pexels/brett-sayles
Ilustrasi

Rasa kaget yang dirasakan Farhana terbawa sampe rumah. Ia masih terlihat kebingungan ketika sudah masuk ke dalam rumahnya. 

Bahkan, ketika mengerjakan tugas pun Farhana mengatakan kepada orangtuanya jika ia tiba-tiba kebingungan. 

Akhirnya, sang Mama menyarankan Farhana untuk salat Dhuha agar mendapat petunjuk dan ketenangan. Tidak disangka, kala itu Farhana langsung menangis sejadi-jadinya usai salat. 

Hari berikutnya, kondisinya Farhana semakin memburuk. Ia mulai tidak nyambung saat diajak berbicara dan terbata-bata saat mengaji. 

Tak lama dari itu, ia pingsan. Kedua orangtuanya langsung membawa sang putri ke rumah sakit Budi Kemuliaan. Farhana pingsan beberapa hari dan sempat siuman memanggil nama kedua orangtuanya. Akan tetapi, kondisinya kian memburuk dan meninggal dunia. 

3. Prank ulang tahun Farhana membuatnya terdapat gangguan di otak dan lambung

3. Prank ulang tahun Farhana membuat terdapat gangguan otak lambung
Freepik/jcomp
Ilustrasi

Kedua orangtua Farhana menyatakan kondisi sang putri masih baik-baik saja sebelum ulang tahun. Tidak ada penyakit serius yang dialami olehnya. 

Namun, setelah pingsan dan dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan jika Farhana mengalami peradangan saraf. Terdapat infeksi jaringan otak dan pendarahan di bagian lambungnya karena sejak kejadian tersebut ia tidak makan. 

4. Kejutan ulang tahun yang membahayakan

4. Kejutan ulang tahun membahayakan
Freepik/P-ponomareva
Ilustrasi

Setiap ornag pasti ingin membuat kejutan untuk temannya yang unik agar berkesan namun, jangan sampai akhirnya merenggut nyawa, ya. 

Berikut ini ada beberapa kejutan ulang tahun yang membahayakan dan wajib dihindari: 

1. Melempar tepung dan telur 

Ini merupakan tradisi remaja di Indonesia yang harus dihetikan saat merayakan ulang tahun temannya. Sebab, telur biasanya dilempar pada bagian atas kepala dan bisa terkena mata. Bakteri pada telur tersebut dapat memnyebabkan mata menjadi buta. 

2. Prank dengan hal-hal mengagetkan  

Kita tidak tahu sejauh mana seseorang aman untuk dikagetkan. Termasuk kejadian yang menimpa Farhana. Hal yang awalnya dianggap untuk lelucon ternyata membuat Farhana benar-benar keget hingga kepikiran terus-menerus. Akibatnya ia menjadi stress dan timbul infeksi pada otaknya. Hal ini pun membuat seseorang menjadi linglung dan sulit mengenali orang lain. 

Tidak hanya itu, kejadian yang begitu mengagetkan bisa membuat mood seseorang jelek dan tidak nafsu makan. 

3. Prank yang melukai fisik 

Terkadang, agar ulang tahun menjadi seru dan berkesan, maka teman-teman akan mengisengi temannya abis-abisan. Misalnya saat mau duduk, bangkunya ditarik. Hingga akhirnya, temannya jatuh ke lantai. 

Bercanda seperti ini dapat membahayakan tulang ekor hingga mengakibatkan kelumpuhan. 

5. Kejutan ulang tahun yang berkesan dan aman

5. Kejutan ulang tahun berkesan aman
Freepik
Ilustrasi

Sebagai orangtua, Mama wajib membimbing anak-anak dan memberitahu mereka mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang berbahaya. Termasuk dalam memberikan kejutan ulang tahun teman. 

Berikut ini ada beberapa ide kejutan ulang tahun untuk teman-teman yang berkesan namun tetap aman: 

  • Memberikan kue ulang tahun sepulang sekolah sambil menyanyikan lagu ulang tahun. 
  • Memberi video yang berisi ucapan dan doa-doa baik untuk teman yang berulang tahun. 
  • Memberikan kolase foto dalam sebuah frame yang berisi foto penuh kenangan serta quotes yang berkesan. 
  • Memberi kejutan di rumahnya saaat pulang sekolah dengan mendekor kamar dan memberinya kue ulang tahun. 
  • Pergi rayakan ulang tahun ke tempat yang ingin dikunjungi oleh temanmu. 
  • Beri 12 hadiah, satu bulan temanmu harus membuka satu hadiah. 

Nah itulah beberapa informasi terkait pesta kejutan ulang tahun. Semoga Mama dapat mendidik anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana, tidak memberi kejutan ulang tahun yang berbahaya pada temannya. 

Selain itu, semoga informasi ini dapat membantu anak-anaka mama lebih berhati-hati dan waspada ketika mendapat kejutan dari teman-temannya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk