Selepas Ujian Sekolah, Beri Rewards Buat Anak Mama Yuk!

Rewards sederhana selepas si anak ujian, tak perlu mahal kok

29 Mei 2019

Selepas Ujian Sekolah, Beri Rewards Buat Anak Mama Yuk
Pexels.com/Pragyan Bezbaruah

Ujian sekolah selesai sudah. Selepas belajar setiap hari selama seminggu, anak Mama pasti butuh refreshing. Nah, mumpung weekend, ada beberapa kegiatan seru yang bisa Mama lakukan bareng si Anak, sekalian sebagai rewards atas kerja kerasnya untuk belajar.

Mama bisa pilih, ajak si Anak berkegiatan di dalam atau luar rumah. Tidak harus rekreasi ke luar kota atau tempat yang jauh, berikut Popmama.com merangkum beberapa ide seru yang pastinya bisa bikin anak-anak senang. Apa saja itu? Yuk langsung simak daftar berikut!

1. Memasak makanan kesukaan anak

1. Memasak makanan kesukaan anak
Pexels.com/Ela Haney

Kalau di hari biasa anak-anak makan di rumah sesuai menu yang Mama masak, biarkan kali ini mereka memilih sendiri makanan apa yang mereka inginkan. Mama bisa ajak mereka berbelanja ke pasar, memilih sendiri sayuran dan lauk pauknya, kemudian memasak bersama di rumah.

Editors' Picks

2. Bonus time untuk main game

2. Bonus time main game
Pexels.com/Jessica Lewis

Ujian bikin jatah waktu main game anak-anak berkurang pastinya. Nah, setelah semua selesai, tak ada salahnya Mama memberi bonus time untuk mereka bermain game. Namun ingat, Mama harus tetap membuat perjanjian dengan si anak, untuk menyelesaikan permainan mereka di waktu yang ditentukan.

3. Pergi ke tempat bermain pilihan si anak

3. Pergi ke tempat bermain pilihan si anak
Pexels.com/Agung Pandit Wiguna

Jika selama ujian sekolah mereka dilarang bermain, bolehlah kali ini Mama membebaskan si Anak memilih mau ke tempat bermain mana. Jika biasanya mereka hanya bermain sepeda di depan rumah, coba deh kali ini membawa ia main ke lapangan kota, atau ke mana saja yang mereka ingin.

4. Beli barang yang anak inginkan

4. Beli barang anak inginkan
Pexels.com/Pixabay

Kebanyakan anak lebih suka rewards yang berwujud. Biasanya, mereka ingin dibelikan sesuatu, seperti baju, sepatu, buku, dan pastinya mainan. Kali ini, tak apalah Mama menuruti permintaannya, dengan perjanjian di awal bahwa mereka hanya boleh membeli sesuatu dengan batas harga tertentu.

5. Membebaskan waktu tidur

5. Membebaskan waktu tidur
Pexels.com/Snapwire

Terdengar sederhana memang, tapi anak-anak pasti ingin waktu tidur yang bebas di hari-hari selepas ujian sekolah. Jika mereka ingin membaca buku atau menonton film sampai malam, tetap beri batasan jam yang lebih panjang dari biasanya. Mama juga tak perlu membangunkan si anak sepagi hari-hari biasa.

Nah, itu tadi 5 hal mudah yang bisa Mama lakukan atau berikan sebagai rewards buat si anak yang baru saja menyelesaikan ujian sekolah. Tak memakan banyak biaya, dijamin anak-anak tetap senang. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.