TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi di Kelas

Penting untuk tahu jenis font apa yang nyaman dibaca saat presentasi

17 Juni 2022

11 Cara Membuat PPT Menarik Presentasi Kelas
Freepik/Karlyukav

Sebagai pelajar, kamu tentu sudah tak asing dengan kegiatan presentasi, bukan?

Presentasi adalah kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau laporan, memberi motivasi, atau memberikan gagasan kepada para audiens.

Nah dalam pelaksanaannya, presentasi ini seringkali menggunakan aplikasi Microsoft Power Point. Namun tak dapat dimungkiri, penyampaian presentasi terkadang memakan waktu lama dan panjang, yang membuat audiens bosan dan kehilangan fokus.

Jika kamu ingin menyiapkan presentasi, sebenarnya ada banyak cara untuk membuatnya lebih menarik agar guru dan teman-teman kelas tidak cepat bosan.

Berikut Popmama.com telah merangkum 11 cara membuat PPT yang menarik, untuk presentasi di kelas.

Apa itu Power Point?

Apa itu Power Point
Pexels/Canva Studio

Microsoft Power Point atau yang biasanya disingkat dengan sebutan PPT adalah salah satu software milik Microsoft yang umum digunakan untuk mengerjakan presentasi, baik itu presentasi materi pelajaran, tugas kuliah, karya penelitian, laporan pekerjaan ataupun lainnya.

Power point memiliki fitur yang membuat pengguna dapat memasukan data dalam bentuk teks, gambar, video maupun audio.

Selain itu PPT juga dilengkapi fitur-fitur ‘animasi’ yang dapat membuat slide atau tampilan materi lebih nyaman untuk dilihat, meskipun dalam waktu yang lama.

Cara Membuat PPT yang Menarik

Membuat Power Point yang menarik sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian guru dan teman-teman kelasmu. Hal ini dilakukan agar semua materi yang ditampilkan bisa disampaikan dengan baik dan disimak oleh mereka.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar presentasimu tetap menarik dan tidak membosankan, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan template yang menarik

1. Menggunakan template menarik
Freepik/Rawpixel-com

Cara pertama untuk membuat presentasimu semakin menarik adalah dengan menggunakan template. Microsoft sendiri sebenarnya sudah menyediakan berbagai macam template Power Point yang bisa kamu temukan di tab Design.

Ketika kamu klik salah satu template, seluruh presentasi, seperti font, warna, dan desain akan berubah sesuai tema yang dipilih.

Namun, jika kamu kurang tertarik dengan template yang ada, ada banyak situs di pencarian Google yang menyediakan berbagai template menarik secara gratis.

Caranya, kamu cukup membuka website penyedia template, lalu pilih template favoritmu, dan unduh. Setelah itu, edit template yang ada dengan materi yang akan dipresentasikan.

2. Menggunakan fitur built-in slide layouts

2. Menggunakan fitur built-in slide layouts
Popmama.com/Jemima Karyssa

Selain template, ada fitur yang juga bisa memudahkanmu saat pengisian PPT, yaitu dengan built in slide layout.  Di dalam tema PowerPoint, kamu juga akan menemukan banyak pilihan layout slide.

Layout ini membantu kamu membuat titik awal pembuatan slide PPT, karena sebagian besar tema mencakup layout konten pilihan untuk mengisi slide itu sendiri. Mereka berisi kombinasi placeholder untuk text box, gambar, dan banyak lagi.

Dari pada kamu menulis dan memindahkan objek secara individual ke slide, gunakan salah satu dari layout ini untuk memulai pembuatan slide ya!.

3. Memilih judul yang tepat

3. Memilih judul tepat
Freepik/Miksturaproduction

Meski umumnya tema presentasi sudah ditentukan oleh guru, pastikan juga kamu memilih judul presentasi yang tepat.

Walaupun hanya ditampilkan beberapa saat saja, pembuatan judul menjadi salah satu hal penting untuk membawa audiens tertarik dan penasaran dengan isi materi yang akan dibawakan.

Untuk itu, kamu perlu membuat judul presentasi yang ringkas dan padat. Jangan sampai membuatnya terlalu panjang sehingga tak menarik.

Editors' Picks

4. Memasukkan poin-poin teks secara ringkas dan sederhana

4. Memasukkan poin-poin teks secara ringkas sederhana
Freepik

Kamu mungkin menyadari hal ini bila melihat presentasi yang penuh dengan tulisan. Tentu akan membuatmu lebih cepat bosan dan lelah, bukan?

Terlalu banyak kata-kata dalam satu slide Power Point akan membuat presentasi menjadi membosankan dan tulisan di dalamnya jadi tak terlihat dengan jelas.

Saat membuat Power Point, pastikan bahwa data yang kamu susun dituliskan dengan sederhana. Masukkan hanya kata kunci atau topik inti yang akan dijelaskan, selanjutnya kamu bisa menjelaskan secara lisan.

Agar lebih menarik, kamu bisa memperbanyak tampilan visual seperti gambar, bagan, tabel, atau video untuk menarik perhatian guru dan teman-teman.

5. Memilih jenis font yang nyaman saat dibaca

5. Memilih jenis font nyaman saat dibaca
Popmama.com/Jemima Karyssa

Meski terkadang aturan font sudah diatur dalam template yang digunakan, kamu tetap harus memerhatikan jenis font yang digunakan. Karena hal sepele ini justru bisa memudahkan guru dan temanmu saat melihat dan membacanya.

Pastikan pula bahwa font mudah terbaca, misalnya kamu dapat menggunakan font Helvetica atau Arial, dan hindari font yang terlalu menyempit.

Untuk judul, kamu bisa menggunakan ukuran minimal 48 agar pas dan tidak kekecilan. Sementara untuk subjudul dan isi, sesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan juga spasi 1,5 agar jarak antarkalimat pada isi, agar rapi dan nyaman saat dilihat.

Selain itu, pilih warna background dengan warna terang dan tulisan yang berwarna lebih gelap agar teks bisa dibaca dan warnanya tidak bertabrakan.

6. Gunakan gambar agar presentasi menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti

6. Gunakan gambar agar presentasi menjadi lebih menarik mudah dimengerti
Pexels/Andrea Piacquadio

Presentasi dengan menggunakan Power Point biasanya dilakukan dalam rentang waktu yang cukup panjang.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hal ini terkadang membuat para audiens lebih cepat bosan untuk membaca, atau sekadar memerhatikan orang yang sedang berbicara.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan gambar sebagai media untuk membuat presentasimu semakin menarik. Sisipkan gambar di sela-sela tulisan presentasimu agar slide tidak terlalu polos atau penuh dengan tulisan.

Dengan gambar, kamu juga bisa menjelaskannya lebih mudah, karena ada ilustrasi yang ditampilkan. Hal ini akan membuat guru dan temanmu lebih mudah mengerti.

7. Mengatur skema warna yang sesuai

7. Mengatur skema warna sesuai
Popmama.com/Jemima Karyssa

Menariknya, saat memakai template atau background, Microsoft Power Point juga menyediakan skema warna untuk menciptakan keharmonisan warna dari sebuah presentasi.

Dengan skema warna yang baik, tentunya PPT kamu dapat mengundang perhatian, karena warnanya menarik dan mudah dilihat. Untuk mengubah skema warna, kamu dapat klik tab design dan klik colour. 

Di sana, kamu bisa memilih warna yang paling cocok dengan PPT-mu.

Jika kamu tidak menemukan skema warna dan ingin menentukan warna pilihanmu sendiri, usahakan memilih warna yang sesuai dengan tulisan dan template yang dipilih, agar semuanya terlihat dengan jelas.

8. Memakai grafik, bagan, dan tabel untuk penjelasan lebih praktis

8. Memakai grafik, bagan, tabel penjelasan lebih praktis
Freepik/ArthurHidden

PPT juga bisa menjadi cara untukmu yang ingin menjelaskan atau melaporkan hasil penelitian.

Ketika sebuah Power Point berkaitan dengan angka dan data, kamu bisa menjelaskannya secara praktis menggunakan grafik, bagan, dan tabel.

Penyajian grafik atau chart ini tentu akan memudahkan guru dan temanmu untuk menilai serta melihat data yang ada.

9. Tambahkan animasi dan transisi

9. Tambahkan animasi transisi
Popmama.com/Jemima Karyssa

Salah satu cara yang paling penting untuk membuat presentasi Power Point semakin menarik adalah dengan menambahkan animasi dan transisi. 

Animasi bisa menarik perhatian guru dan temanmu, saat kamu memindahkan slide ke halaman selanjutnya karena cukup unik dan transisinya beragam. 

Selain animasi, kamu juga bisa menambahkan transisi di setiap poin, kata, atau gambar penting di dalam Power Point.

Dengan transisi, setiap huruf di dalam slide dapat bergerak sesuai dengan efek yang dipilih. Teman-temanmu pasti akan tetap antusias!

10. Periksa ejaan dan tata bahasa

10. Periksa ejaan tata bahasa
Freepik/Pressfoto

Cara selanjutnya yang tak kalah penting yaitu, kamu harus mengecek ulang setiap kata dan kalimat yang ditulis dalam presentasi.

Ini untuk memastikan bahwa kamu telah menggunakan ejaan dan tata bahasa sudah tepat. Apalagi, jika kamu akan melakukan presentasi di hadapan guru. 

Untuk itu, jangan terburu-buru dan periksa kembali ejaan dan tata bahasa dengan baik dan benar ya!

11. Buat presentasi lebih interaktif

11. Buat presentasi lebih interaktif
Freepik

Salah satu cara untuk membuat guru dan teman-temanmu tertarik melihat presentasimu terus menerus adalah dengan membuat presentasi lebih interaktif.

Untuk membuat komunikasi dua arah saat melakukan presentasi, kamu bisa membuat slide yang mendorong partisipasi audiens.

Sebagai contoh, kamu bisa menyuguhkan sebuah gambar atau video lalu meminta teman-teman untuk memberikan komentar pada ilustrasi tersebut.

Selain itu, suguhkan beberapa pertanyaan agar sebuah presentasi dapat berjalan dua arah. Kamu juga bisa bertanya kepada temanmu apakah ada yang ingin ditanyakan saat akan lanjut ke slide berikutnya.

Nah itulah 11 cara membuat PPT yang menarik, untuk presentasi di kelas. Membuat presentasi tak hanya membutuhkan ketelitian dan kesabaran, namun juga kreativitas yang tinggi.

Pastikan kamu telah menyiapkan ide-ide kreatif mulai dari menyiapkan template dan layout, hingga penulisan, perancangan, dan penyampaiannya di kelas. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk