9 Karakteristik Remaja dengan Shio Babi yang Sangat Penyayang

Ia senang membantu orang lain, bahkan terkadang bisa memberi terlalu banyak

21 September 2021

9 Karakteristik Remaja Shio Babi Sangat Penyayang
Freepik/Cookie-studio

Shio Babi adalah tanda hewan yang berada di urutan ke-12 dalam siklus zodiak Cina. Tahun Babi terjadi setiap 12 tahun, termasuk 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019, 2031. 

Dalam budaya Tiongkok, babi adalah simbol kekayaan, kebahagiaan, kejujuran, dan kepraktisan. Banyak pot uang atau celengan dari Cina uang dibuat berbentuk babi, karena orang percaya bahwa babi akan membawa keberuntungan secara finansial.

Tak hanya itu, Shio diketahui juga dapat memengaruhi seseorang yang lahir di tahunnya. Jika anak remaja mama lahir di Tahun Babi, berikut Popmama.com akan membahas beberapa karakteristiknya yang perlu Mama ketahui!

Karakteristik Shio Babi Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Babi Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam teori elemen Cina, setiap tanda Shio dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, seperti Kayu, Api, Tanah, Emas (Logam), dan Air. Shio Babi yang sesuai dengan elemen datang sekali dalam siklus 60 tahun, misalnya, 2019 adalah tahun Babi Tanah, dan Tahun Babi Tanah berikutnya adalah 2079.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya. Jadi, ada lima jenis Shio Babi yang masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Berikut adalah karakteristik Shio Babi berdasarkan lima elemen:

Jenis ElemenTahun KelahiranKarakteristik
Babi Air13 Februari 1983 – 1 Februari 1984Lembut, sederhana, ambisius, dan bertanggung jawab
Babi Kayu30 Januari 1995 – 18 Februari 1996Baik hati, menawan, santai, murah hati, berani, dan mudah marah
Babi Api17 Februari 2007 – 6 Februari 2008Ambisius, gigih, dan mudah tidak sabar
Babi Tanah17 Februari 2007 – 6 Februari 2008Komunikatif, populer, dan memiliki manajemen waktu yang baik
Babi Logam22 Januari 2031 – 10 Februari 2032Berwawasan luas, ramah, dan bersedia membantu orang lain

Setelah mengetahui karakteristik Shio Babi berdasarkan lima elemennya, yuk simak karakteristik umum remaja dengan Shio Babi di bawah ini!

1. Memiliki sifat yang penyayang dan dermawan

1. Memiliki sifat penyayang dermawan
Freepik

Digambarkan sebagai orang yang ramah, penyayang dan baik hati, remaja yang lahir di Tahun Babi dikenal sebagai pemberi. Meskipun ia senang membantu orang lain, anak terkadang bisa memberi terlalu banyak. 

Ia akan pernah menolak untuk memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, dan jarang mencari bantuan sendiri.

Meskipun anak bisa menjadi materialistis dan terlalu memanjakan diri sendiri, ia tidak ragu untuk membagikan apa yang dimiliki. Karakter positif lain yang terkait dengan Shio Babi adalah kejujuran, pengampunan, keceriaan, dan optimisme.

2. Tenang dan tidak takut dengan kesulitan

2. Tenang tidak takut kesulitan
Pexels/olia danilevich

Sifat positif remaja dengan Shio Babi dilanjutkan dengan kesabaran dan toleransi. Anak tampak tenang ketika menghadapi masalah, ia tidak takut dengan kesulitan dan berusaha menyelesaikannya secara bertahap.

Kesabaran dan toleransinya menjadikan anak sebagai pemimpin yang hebat. Integritasnya, bakat dalam seni, kehangatan dan kehausan akan pengetahuan juga membuat anak cocok untuk pekerjaan di bidang sains, bidang kreatif, pekerjaan amal, atau sebagai penyedia layanan kesehatan.

3. Berorientasi pada detail dan tujuan

3. Berorientasi detail tujuan
Freepik/karlyukav

Remaja yang lahir di Tahun Babi berorientasi pada detail dan berorientasi pada tujuan, ini sifat yang juga membantu dalam studi dan kariernya di masa depan. Anak tidak takut untuk mengambil tanggung jawab dan bertekad untuk menyelesaikan apa yang ia mulai.

Namun, para pekerja keras ini tidak pandai merencanakan atau membuat tujuan yang pasti. Sayangnya ini bisa menjadi penghambat dalam mencapai tujuannya. Sehingga, sebaiknya anak mulai belajar untuk membuat jadwal rencana.

Editors' Picks

4. Memiliki pertemanan yang luas dan nilai persahabatan yang tinggi

4. Memiliki pertemanan luas nilai persahabatan tinggi
Freepik/pressfoto

Anak bershio Babi juga dikenal populer karena lingkaran pertemanannya yang luas dan nilai persahabatan yang tinggi. Setelah anak mendapatkan teman baru, ia sudah mulai menghargai persahabatannya yang sejati..

Semangat anak untuk hidup, kesetiaan, dan kemurahan hati membuatnya menjadi teman baik. Meskipun ia tidak akan pernah mengkhianati teman-temannya, anak mungkin tidak memiliki banyak teman yang setia sebagai balasannya.

5. Terlalu memanjakan diri sendiri sehingga tak peduli dengan kesehatan

5. Terlalu memanjakan diri sendiri sehingga tak peduli kesehatan
Freepik

Remaja yang lahir di tahun Babi seringkali dipandang sebagai orang yang malas dan terlalu memanjakan dirinya sendiri. Walaupun ia dikenal penyayang dan peduli dengan orang lain, sayangnya ia justru kurang peduli dengan hidupnya sendiri.

Anak bisa dikatakan kurang peduli dengan gaya hidup aktif dan kebiasaan makan yang sehat, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Anak juga cenderung memanjakan diri dalam kesenangan dan kepuasaan sesaat.

6. Tempramen yang pendek dan mudah kehilangan kesabaran

6. Tempramen pendek mudah kehilangan kesabaran
Pixabay.com/AnnaKovalchuk

Anak dengan Shio Babi sebenarnya cenderung menghindari argumen, ia lebih memilih untuk memaafkan dengan mudah dan cepat mengabaikan penghinaan dari orang lain. Tetapi temperamennya yang pendek dan keterampilan komunikasi yang buruk, dapat membuat anak dalam masalah.

Anak bisa menjadi sesesorang yang tidak bijaksana ketika ia kehilangan kesabaran, tetapi pada akhirnya ia akan mencoba melakukan apa yang diperlukan untuk menghindari konflik dan menjaga perdamaian.

7. Tidak pandai dalam mengelola keuangan

7. Tidak pandai dalam mengelola keuangan
Freepik/vwalakte

Dalam kepercayaan Tiongkok, hewan babi mungkin menarik kekayaan, tetapi anak yang memiliki Shio Babi justru tidak pandai mengelola keuangannya. Sifat ini juga muncul bersamaan dengan kecenderungannya untuk makan dan jajan berlebihan.

Ini terutama bisa menjadi masalah saat anak mendekati tahun-tahun emasnya. Sebenarnya, anak sudah tahu bagaimana menemukan cara menabung yang baik, namun ia belum ingin menerapkannya atau belum efektif dalam menjalaninya.

8. Selalu memaafkan orang lain dan tidak pernah menyimpan dendam

8. Selalu memaafkan orang lain tidak pernah menyimpan dendam
Freepik/Jcomp

Terlepas dari karakteristik negatinya, remaja yang lahir di tahun Babi juga dikenal akan kebaikan hatinya, murni, dan sederhana, sehingga disambut secara luas oleh orang lain. Ia juga ramah dan selaras dengan seluruh dunia.

Anak juga tidak pernah menyimpan dendam atau memberikan gayung bersambut. 

Kekuatan yang jelas dari anak adalah bahwa ia toleran terhadap orang lain dan diri sendiri. Ia berpikiran luas dan cenderung memaafkan kesalahan orang lain di masa lalu, bahkan jika ia disakiti. Inilah yang membuat anak dengan Shio Babi sering dihormati oleh banyak orang.

9. Sangat akrab dengan orang lain yang memiliki Shio Kelinci, Kambing, Anjing dan Macan

9. Sangat akrab orang lain memiliki Shio Kelinci, Kambing, Anjing Macan
Freepik/pressfoto

Shio Kelinci, Kambing, Anjing, dan Macan sangat akrab dengan remaja dengan Shio Babi. Sedangkan Shio Babi cenderung lebih mudah berkonflik dengan Shio Monyet, Ayam dan Ular.

Sementara anak mungkin cukup akrab dengan remaja dengan Shio Babi lainnya, lalu juga ada Shio Kerbau, Kuda, Naga, dan Tikus. 

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar karakteristik remaja dengan Shio Babi yang perlu Mama ketahui. Penting untuk diketahui bahwa karakteristik anak tak hanya dipengaruhi oleh tanda astrologinya saja.

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi karakteristik anak, seperti bimbingan orangtua, nilai moral dan budaya yang ditanamkan, lingkungan, dan sekolah. Sehingga jadikan karakteristik dari Shio ini sebagai referensi tambahan untuk mengenal anak lebih dalam atau menambah pengetahuan saja ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.