7 Rekomendasi Game Multiplayer, Ajak Anak Main Game Bareng

Main game bersama dapat meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, lho!

5 Mei 2022

7 Rekomendasi Game Multiplayer, Ajak Anak Main Game Bareng
Freepik/Lifestylememory

Tak dapat dimungkiri bahwa banyak anak-anak dan remaja yang senang bermain game. Namun pernahkah Mama mencoba untuk bermain game bersama anak?

Selain ngobrol dan makan malam bersama, bermain game bersama juga bisa merekatkan hubungan antar anggota keluarga, lho! 

Dari sekian banyak game yang bisa diunduh di ponsel, agar semakin seru, cobalah untuk mengunduh game multiplayer. Dengan game multiplayer, Mama dapat secara langsung "bertanding" dengan pasangan dan anak di rumah.

Bingung untuk memilih game multiplayer apa? Berikut Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi game multiplayer, yuk ajak anak main game bareng!

1. Among Us

1. Among Us
Indianexpress.com

Anak-anak dan remaja tentu sudah tak asing dengan permainan Among Us ini. Permainan buatan Innersloth ini cukup menguji adrenalin karena pemain harus menebak siapa impostor atau pemain jahat diantara mereka.

Apabila salah satu anggota keluarga mendapatkan peran sebagai crewmate, maka ia harus menyelesaikan misi-misi yang ada di beberapa ruangan.

Namun jika terpilih menjadi impostor, maka ia harus pintar-pintar menyusun strategi agar aksi "jahatnya" tidak diketahui yang lain.

Selain itu juga ada proses voting, di mana para pemain bisa memilih siapa impostor yang sebenarnya.

Bila crewmate tertuduh sebagai impostor, maka crewmate tersebut akan dikeluarkan dari pesawat. Sedangkan impostor yang asli bisa terus menjalankan aksinya dalam menyabotase permainan.

2. Ludo King

2. Ludo King
9apps.co.in

Mama tentu sudah tidak asing dengan permainan papan yang satu ini, bukan? Yup, sekarang Ludo bisa dengan mudah dimainkan di ponsel bersama enam pemain lainnya.

Para pemain cukup memilih warna bidak yang berbeda dengan lawan main lainnya. Kemudian tekan dadu untuk menentukan jumlah langkah.

Keseruan permainan terjadi jika terdapat dua bidak di satu kotak yang sama. Bidak yang baru saja datang bisa mengembalikan bidak lawan ke tempatnya semula.

Permainan Ludo King ini dimenangkan oleh pemain tercepat yang bisa memasukkan keempat bidaknya ke kotak finish.

Editors' Picks

3. Mario Kart Tour

3. Mario Kart Tour
macrumors.com

Permainan Mario Kart Tour ini semula hanya ada di konsol Nintendo saja, namun kini sudah tersedia di perangkat Android dan iOS.

Sebelum bertanding dengan anak di permainan ini, Mama dan anak perlu mempunyai akun Nintendo dengan menghubungkannya ke Facebook, Gmail, atau Twitter.

Setelah mendapatkan akun, para pemain bisa berdiskusi untuk memilih mode permainan. Apakah simple atau drift, yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda.

Semakin sering pemain menang, maka levelnya akan cepat naik juga.

4. Monopoly Classic Board Game

4. Monopoly Classic Board Game
reddit.com

Sama seperti Ludo, Mama juga pasti sudah tak asing dengan permainan papan yang satu ini.

Permainan Monopoly Classic Board Game ini memiliki beberapa pilihan kota yang dirancang secara 3D, sehingga lebih interaktif dan mudah disukai oleh seluruh anggota keluarga.

Cara bermainnya pun tak berbeda dari permainan papan biasa. Yaitu para pemain bisa membeli kota-kota, dan harus menghindari berada di kota milik lawan main agar tidak terkena denda.

Permainan ini juga semakin seru dengan adanya kotak "Community Chest (Dana umum)", "Chance (Kesempatan)", hingga "Jail (Penjara)".

5. Stickman Party

5. Stickman Party
tarskitheme.com

Stickman Party merupakan permainan multiplayer yang bisa dimainkan bersama empat pemain di satu perangkat yang sama.

Sebelum bermain, para pemain harus memilih karakter yang akan digunakan. Terdapat karakter stickman berwarna merah, hijau, ungu, dan jingga. 

Menariknya, dalam satu game Stickman Party ini terdapat sekitar 30 mini games seperti Stickman Run, Stickman Soccer, Micro Speed Racers, Stickman Push Fight, dan lain-lain.

Selain itu, Mama juga tidak perlu takut kehabisan kuota, karena Stickman Party ini bisa dimainkan secara offline.

6. Stumble Guys

6. Stumble Guys
Store.steampowered.com

Permainan yang rilis pada tahun 2020 ini bisa melatih kemampuan Mama dan anak untuk beradu kecepatan dengan puluhan pemain lawan lainnya.

Pada saat permainan pertama dimulai, terdapat 32 pemain yang saling berebut untuk mencapai garis finish agar bisa masuk ke babak selanjutnya. Setidaknya terdapat tiga arena berbeda yang harus dilalui para pemain untuk menjadi juara.

Meski terlihat mudah namun nyatanya permaian ini cukup sulit dimainkan, karena pemain tidak boleh terlambat menyentuh garis finish, bertabrakan, atau terjatuh dari rintangan.

7. UNO

7. UNO
letsplayuno.com

UNO merupakan permainan kartu yang cukup populer di Indonesia. Dalam versi virtual, UNO bisa dimainkan bersama anggota keluarga, teman, maupun orang lain yang berasal dari seluruh dunia.

Agar menang, para pemain harus bisa menghabiskan seluruh kartu yang telah diberikan. Jangan lupa untuk mengatakan ‘UNO’ jika kartu di tangan sisa satu ya!

Permainan menjadi makin seru karena kartu UNO memiliki beragam simbol yang bisa mengejutkan antar pemain.

Nah itulah 7 rekomendasi game multiplayer, yang bisa dimainkan bersama anak melalui gadget kesayangan. Untuk mengisi waktu luang bersama, kira-kira game apa yang akan Mama mainkan bersama anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk