Ma, Ini 6 Tips Mempersiapkan Anak untuk Tidur Sesuai Jadwal

Sudah besar, anak mama semakin susah disuruh tidur sesuai jadwal ya?

4 Juni 2019

Ma, Ini 6 Tips Mempersiapkan Anak Tidur Sesuai Jadwal
Pixabay/smengelsrud

Apakah Mama sering menemukan masalah saat membangunkan dan menidurkan anak? Seringkali anak sulit diminta tidur jika sudah tiba waktunya tidur. Atau anak sulit untuk dibangunkan di pagi hari.

Jika ya, Mama tidak sendirian. Banyak orangtua yang memiliki masalah yang sama. Kurang tidur dapat menyebabkan anak menjadi lebih rewel dan mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkonsentrasi. Anak mungkin akan merasa lelah dan lemas sepanjang hari jika mereka tidak tidur dengan benar malam sebelumnya. Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat menimbulkan banyak masalah bagi anak.

Nah, jika anak Mama termasuk salah satu yang sering mengalami kurang tidur, bagaimana cara Mama menghentikan kebiasaan ini?

Popmama.com mengulas beberapa tips untuk mempersiapkan anak agar tidur tepat pada waktunya.

1. Tentukan waktu tidur keluarga

1. Tentukan waktu tidur keluarga
Freepik/Whatwolf

Tidak hanya anak, seluruh penghuni rumah juga harus memiliki waktu tidur dan menaati jadwal. Mama tidak dapat mengharapkan anak untuk pergi tidur ketika anggota keluarga lainnya sedang menikmati film di malam hari.

Untuk menumbuhkan kebiasaan sehat pada anak,  Mama perlu menunjukkan kepada anak bagaimana kebiasaan itu dilakukan dan membantu anak untuk mengikutinya. Sesekali jika Mama ingin menonton film atau menunda waktu tidur, Mama bisa melakukannya setelah anak tertidur.

Ini artinya, anak mama juga harus disiplin dengan jadwal hariannya. Semisal sedang sekolah, ia harus selesai mengerjakan PR dan belajar sebelum tiba waktu tidurnya. Ia tidak boleh "lembur" demi menyelesaikan PR atau belajar. Jika ini dibiasakan, maka jadwal tidur akan kacau dan ia terbiasa tidur tak tentu waktu. 

2. Mengatasi gangguan tidur

2. Mengatasi gangguan tidur
Freepik/Pressfoto

Beberapa anak mungkin tidur lebih awal dan bangun pagi tanpa banyak kesulitan, tetapi ada juga yang bangun beberapa kali selama tidur. Atau ada anak yang memiliki masalah pernapasan saat mereka tidur sementara yang lain mendengkur atau berjalan sambil tidur.

Hal ini dapat mengakibatkan anak kurang tidur atau kualitas tidurnya tidak baik, meski anak sudah tidur lebih awal. Cara terbaik untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan jalan keluarnya.

Editors' Picks

3. Tidur dengan perut terisi

3. Tidur perut terisi
freepik/Josep M Suria

Makan malam yang tidak terlalu berat baik untuk perut. Namun makan malam ringan mungkin akan membuat anak terjaga di malam hari karena kelaparan.

Beberapa saat setelah makan malam, beri anak camilan sehat seperti salad atau biskuit beberapa menit sebelum waktu tidur mereka. Pastikan camilan sehat itu sesuatu yang ringan dan bisa dicerna oleh tubuh dengan mudah. Ini akan mengurangi risiko kelaparan tengah malam yang dapat mengganggu tidur anak.

4. Sediakan boneka atau bantal kesayangan

4. Sediakan boneka atau bantal kesayangan
Freepik/bualuang_freepik

Letakkan bantal favorit anak atau boneka di sebelahnya sehingga anak dapat memeluknya saat berada di tempat tidur. Ini memberi anak rasa aman setelah Mama meninggalkan kamarnya. Pastikan untuk hanya menggunakan benda lunak seperti boneka. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan boneka ya, Ma.  

5. Pastikan suhu ruangan nyaman untuk tidur

5. Pastikan suhu ruangan nyaman tidur
Freepik/Awaygy

Suhu kamar sangat berpengaruh, Ma. Pastikan kamar anak tidak terlalu panas atau dingin. Jika kamar anak menggunakan AC, setel suhu yang nyaman untuk anak. Sesuaikan baju tidur anak dengan suhu dan cuaca.

Baju tidur yang lembut dan longgar akan membuat anak merasa nyaman saat tidur. Sediakan juga selimut di tempat tidur sehingga anak dapat menggunakannya saat ia merasa dingin.

6. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

6. Ciptakan kamar tidur nyaman
Freepik/e.tisomboon

Pastikan ruangan gelap dan sunyi. Jika anak takut tidur dalam gelap, gunakan lampu malam yang memberi cahaya menyenangkan yang tidak terlalu silau untuk mata.

Saat anak bersiap tidur, minta anggota keluarga lain untuk tidak terlalu berisik agar anak dapat tidur dengan cepat. Tutup jendela dan gorden agar lingkungan luar tidak mengganggu tidur anak.

Apakah anak Mama memiliki ritual khusus sebelum tidur?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.