Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak

Bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah

28 Oktober 2021

Obat Sakit Gigi Alami Aman Anak
Freepik

Anak-anak sering mengalami sakit gigi karena beberapa hal seperti gigi berlubang, tumbuh gigi baru, gusi bengkak, dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, sakit gigi pasti akan membuat si Kecil menjadi rewel.

Mama sebenarnya bisa mengatasi sakit gigi dengan memberikan obat dari apotek. Namun jika tidak terlalu parah, ada beberapa obat sakit gigi alami yang aman untuk menyembuhkan nyeri akibat sakit gigi.

Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Kompres dengan es batu

1. Kompres es batu
Pixabay/Hans

Bahan alami pertama yang bisa Mama gunakan untuk meringankan sakit gigi adalah kompres dingin dengan es batu. Manfaat kompres dingin yaitu untuk mengerutkan pembuluh darah sehingga rasa sakit dan bengkak bisa menghilang.

Siapkan kompres dingin berupa es batu yang dimasukkan ke dalam kantong plastik. Selanjutnya balut kantong plastik tersebut dengan handuk kecil yang lembut. 

Tempelkan kompres dingin pada bagian pipi yang dekat gigi sakit. Lakukan selama kurang lebih 20 menit hingga rasa sakit menghilang.

2. Kumur air hangat

2. Kumur air hangat
kapha.ru

Selain mengompres dengan kompres dingin, rasa sakit gigi si Kecil juga bisa hilang dengan berkumur menggunakan air hangat. Mama tidak perlu menyiapkan bahan apapun karena yang dibutuhkan hanya air hangat.

Berikan pada si Kecil dan minta mereka untuk berkumur menggunakan air hangat tersebut. Lakukan secara rutin agar rasa sakit pada gigi anak berangsur menghilang.

3. Air garam

3. Air garam
Popmama.com/Novy Agrina
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Pada beberapa anak, berkumur dengan air hangat saja terkadang tidak memberikan efek apapun. Apabila si Kecil juga mengalaminya, cobalah menambahkan garam pada air hangat yang telah Mama siapkan.

Garam menjadi salah satu obat sakit gigi yang efektif karena berfungsi untuk membunuh bakteri. Sementara air hangat berfungsi untuk meredakan rasa tidak nyaman serta mengurangi bengkak di gusi.

Buat air garam hangat dengan mencampurkan segelas air hangat dan setengah sendok teh garam. Berikan pada anak untuk digunakan sebagai obat kumur. 

4. Bawang putih

4. Bawang putih
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Bawang putih adalah bumbu masakan yang sangat mudah ditemukan di dapur rumah Mama. Manfaatkan bumbu dapur ini sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi si Kecil.

Bumbu dapur berwarna putih ini memiliki efek anti bakteri yang bisa mengurangi rasa sakit dan juga plak. Cara menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

Setelah bawang putih dihaluskan, langsung saja aplikasikan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Editors' Picks

5. Hidrogen peroksida

5. Hidrogen peroksida
https://shopee.co.id

Hidrogen Peroksida bisa menjadi alternatif obat kumur lainnya yang bisa diberikan pada si Kecil. Namun Mama harus berhati-hati, jangan sampai cairan ini tertelan oleh anak mama.

Pasalnya campuran hidrogen peroksida bisa menyebabkan efek samping apabila tertelan.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan air dan 3% hidrogen peroksida. Biarkan si Kecil berkumur dengan cairan tersebut selama kurang lebih 30 detik.

6. Minyak cengkeh

6. Minyak cengkeh
Pinterest.com/Amy Kinard

Cengkeh menjadi obat sakit gigi yang manjur karena memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Manfaatnya tentu saja untuk mengurangi serta melawan rasa sakit gigi yang dialami si Kecil.

Cara menggunakannya yaitu siapkan minyak cengkeh dan kapas. Masukkan kapas ke dalam minyak cengkeh, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Apabila si Kecil mau, Mama juga bisa memberikan satu siung cengkeh utuh agar dikunyah. Minyak yang dihasilkan dari kunyahan tersebut bisa mengurangi rasa sakit.

7. Jeruk nipis

7. Jeruk nipis
beautyjournal.com

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa menjadi salah satu obat sakit gigi alami yang manjur. Pilih jeruk nipis yang masih segar kemudian potong kecil.

Letakkan potongan jeruk nipis tepat pada gigi si Kecil yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, kemudian ganti apabila diperlukan.

8. Kunyit

8. Kunyit
Dok. Jovee

Bahan alami yang identik berwarna kuning ini dikenal ampu meredakan sakit akibat gigi berlubang. Pasalnya kunyit sendiri memang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Buat kunyit menjadi bubuk yang lembut. Selanjutnya oleskan bubuk tersebut pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Jangan lupa kumur dengan air hangat setelahnya.

9. Teh peppermint

9. Teh peppermint
Pinterest.com/Iara Praude

Peppermint dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ramah untuk anak-anak. Manfaat yang diberikan yaitu bisa membuat gusi sensitif menjadi rileks dan menghilangkan sakit gigi.

Teh peppermint ini tidak diseduh dan digunakan sebagai obat kumur. Oleh sebab itu, pilih yang dalam bentuk kantung.

Setelah itu, masukkan kantong teh peppermint ke dalam sebuah freezer, tunggu beberapa menit. Apabila sudah dingin, langsung gunakan sebagai kompres. 

10. Lidah buaya

10. Lidah buaya
Unsplash/pisauikan

Lidah buaya merupakan obat sakit gigi alami untuk anak yang terakhir. Sifat anti bakteri yang dimiliki mampu menghancurkan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati sakit gigi sangat mudah. Ambil bagian gel lidah buaya, lalu oleskan pada area yang sakit sembari dipijat lembut.

Itulah daftar obat alami yang bisa membantu meringankan sakit gigi pada si Kecil. Apabila dalam jangka beberapa hari sakit pada gigi si Kecil belum sembuh, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk