7 Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam perlu dilestarikan agar tidak habis

19 Agustus 2021

7 Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbaharui
pixabay/danielsfotowelt

Segala sesuatu yang ada di alam ini dan dapat digunakan oleh manusia disebut dengan sumber daya alam. Beberapa keberadaan sumber daya alam nyatanya tidak dapat diperbaharui.

Hal ini disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. 

Apa itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? 

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang ada di bumi dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan bisa habis dalam jangka waktu tertentu apabila terus menerus diambil dari alam dan digunakan. 

Hal tersebut menunjukan kalau sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat yang terbatas. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini merupakan hasil tambang. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Simak yuk!

1. Logam mulia

1. Logam mulia
Pixabay/mwewering

Logam mulia adalah istilah ilmu kimia untuk logam-logam yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan oksidasi. Umumnya, logam mulia memiliki harga yang mahal karena langka dan sifatnya yang eksklusif karena sangat sulit bereaksi dengan asam.

Beberapa bahan yang termasuk logam mulia antara lain adalah perak, emas, tembaga, platina dan lainnya.

Khusus untuk emas, biasanya paling diminati sebagai bahan baku perhiasan. Bahkan ada pula emas batangan untuk disimpan sebagai investasi orang yang sudah memiliki uang berlebih setelah ia memiliki penghasilan saat memasuki dunia pekerjaan.

Kamu juga bisa menjadi salah satu pemiliknya jika bisa terus semangat dalam belajar dan bekerja.

2. Minyak mentah 

2. Minyak mentah 
Pixabay/cmafla

Minyak mentah yang berasal dari perut bumi. Minyak mentah ini berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi. Cara mendapatkannya yaitu dengan cara melakukan pengeboran. 

Minyak mentah yang telah didapatkan dari hasil tambang harus diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. 

Hasil olahan minyak mentah tersebut berupa bensin, solar, minyak tanah, aspal, parafin, kerosin, avtur, diesel, oli, elpiji dan lain sebagainya. 

Editors' Picks

3. Gas alam 

3. Gas alam 
woqod.com

Sama halnya dengan minyak mentah, gas alam pun berasal dari fosil purba yang ada di dalam perut bumi. Tak jarang gas alam ditemukan bersamaan dengan minyak bumi. 

Gas alam hasil pertambangan ini biasanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Tak hanya itu, terkadang hasil tambang yang dihasilkan diolah menjadi cairan agar dapat digunakan sebagai bahan kendaraan. 

4. Batu bara 

4. Batu bara 
Pixabay/lukaszdylka

Batu bara merupakan salah satu jenis bahan bakar fosil yang berbentuk batuan sedimen yang mudah terbakar. Batu bara terbuat dari tumbuhan purba yang sudah mati berjuta-juta tahun lalu. Tumbuhan tersebut berubah menjadi arang dan batu akibat pengaruh alam. 

Keberadaan batu bara ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga. 

5. Nuklir

5. Nuklir
Pixabay/ELG21

Keberadaan nuklir sangat terbatas. Hal tersebut membuat nuklir termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. 

Nuklir berasal dari bahan radioaktif berupa uranium yang masuk golongan sebagai mineral tambang. Uranium tersebut nantinya dapat diolah dan bermanfaat untuk pembangkit listrik, rekayasa pangan, penunjang kebutuhan medis dan lain sebagainya. 

6. Timah 

6. Timah 
Pixabay/inspaceman

Timah berasal dari bijih-bijih timah yang terpendam di dalam perut bumi. Timah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu timah celah yang bisa ditemukan pada batuan granit bumi dan timah endapan yang berada di darat, dasar laut serta dasar lembah.

Di Indonesia, keberadaan timah dapat ditemukan di sebelah timur Pulau Sumatera. mulai dari Pulau Kundur di utara, menerus ke Pulau Singkep di selatan, Pulau Bangka, hingga Pulau Belitung.

Timah sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, contohnya yakni sebagai komponen pasta gigi dan pembuatan gigi palsu, komponen pembuatan alumunium foil dan lain-lainnya. 

7. Besi 

7. Besi 
Pixabay/inspaceman

Besi merupakan sumber daya alam yang berasal dari biji-biji besi. Besi juga merupakan unsur yang banyak ditemukan di bumi berdasarkan massa. Tak hanya itu, besi pun membentuk membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Bahkan, besi menjadi unsur keempat terbesar pada kerak bumi. 

Keberadaan besi yang melimpah ini dimanfaatkan oleh manusia untuk bahan bangunan, perkakas rumah tangga dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semoga sebagai manusia yang memanfaatkan sumber daya tersebut kita dapat bijak dalam menggunakannya supaya tidak habis. 

Sebab, jika habis kita tak akan bisa menggunakannya lagi. Padahal sumber daya tersebut bermanfaat untuk manusia menjalankan kehidupannya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.