Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sangat Unik! Beritahu Anak tentang 10 Bunga Berwarna Hijau

Mama sudah pernah lihat mawar hijau belum?

16 Agustus 2021

Sangat Unik Beritahu Anak tentang 10 Bunga Berwarna Hijau
Pixabay/Mylene2401

Bunga memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup tumbuhan. Bagian tersebut berfungsi sebagai alat perkembangbiakan karena memiliki putik dan benang sari. Bukan hanya itu, bunga juga bisa disebut sebagai sebuah perhiasan lantaran kehadirannya mempercantik tumbuhan tersebut.

Mahkota bunga biasanya hadir dalam berbagai warna, mulai dari merah, ungu, putih, kuning, dan lainnya. Tapi, apakah Mama pernah melihat bunga berwarna hijau? Hmm, memangnya ada?

Rupanya ada lho, Ma. Nah kalau penasaran, Popmama.com sudah merangkum 10 bunga berwarna hijau yang tampak sangat unik.

Ada apa saja kira-kira, ya?

1. Bells of Ireland

1. Bells of Ireland
Instagram.com/edenbrothers

Bunga berwarna hijau pertama adalah Bells of Ireland atau Lonceng Irlandia. Bunga ini termasuk ke dalam famili Lamiaceae sehingga masih berkerabat dengan thyme ataupun lavender.

Bunga yang dianggap sebagai simbol keberuntungan ini banyak digemari karena mudah ditemukan dan umur panjangnya. Juga, warna hijau dari bunga berbentuk corong tersebut sangat segar dalam pandangan. Itu sebabnya bells of Ireland sering ditambahkan ke dalam karangan bunga.

2. Green zinnia

2. Green zinnia
Instagram.com/baldwinblooms

Bunga Zinnia merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Bunga yang satu ini memiliki mahkota yang tipis dan kaku layaknya kertas. Itu sebabnya masyarakat juga memanggilnya sebagai kembang kertas.

Selain karakteristiknya yang unik, mahkota bunga zinnia juga memiliki warna beragam, mulai dari merah muda, oranye, putih susu, hingga hijau.

Tidak hanya indah, bunga zinnia juga memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh nih, Ma, seperti mengatasi datang bulan tidak teratur hingga mengobati hepatitis.

3. Green hellebore

3. Green hellebore
Instagram.com/wearewherethewildthingsare

Hellebore merupakan sejenis tanaman herba yang hijau sepanjang tahun. Tepatnya, bunga dari hellebore akan mekar mulai dari bulan Januari hingga Mei.

Ada banyak varian dari sepal (kelopak) hellebore, mulai dari abu-abu, hitam, hingga hijau. Yang berwana hijau dikenal sebagai Helleborus viridis dan muncul secara soliter atau berkelompok.

Namun, jangan terkecoh dengan kecantikannya, Ma. Sebab, bunga berwarna hijau yang satu ini mengandung glikosida dengan nama helleborin, helleborein, dan helleborigenin.

4. Green carnation

4. Green carnation
Passionforplantation.com

Carnation atau anyelir merupakan tanaman dalam keluarga Caryophyllaceae yang berasal dari dataran Mediterania. Anyelir dibudidayakan untuk diambil bunga kelopaknya karena menyuguhkan harum yang 'pedas'.

Anyelir umumnya hadir dalam berbagai warna-warna terang. Tapi, Mama bisa menemukan yang warnanya hijau sehingga anyelir juga termasuk bunga berwarna hijau.

Di samping itu, carnation memiliki julukan unik, yaitu clove pink atau cengkih merah muda. Penamaan ini tidak mengherankan karena bunga tersebut sempat dijadikan bahan pengganti cengkih, di era Elizabeth, untuk membuat wine (anggur) dan ale (bir putih) pedas.

Editors' Picks

5. Green chrysanthemum

5. Green chrysanthemum
Pixabay/Percy_xue

Sesuai dengan namanya, chrysanthemum sangat dikenali lewat warnanya yang kuning layaknya emas (chrysos artinya emas; anthemon artinya bunga). Kendati demikian, ada juga bunga krisantemum yang berwarna hijau lho, Ma.

Warnanya yang hijau tersebut lantas umum dijadikan sebagai hadiah pada saat perayaan Hari Ibu di Australia. Sebab tidak hanya cantik, krisan hijau juga bermakna persahabatan dan dukungan keluarga.

Selain itu, krisan juga sering dijadikan sebagai teh herbal karena khasiatnya yang bagus bagi tubuh.

6. Green cymbidium orchid

6. Green cymbidium orchid
Pixabay/Hans

Mama yang pencinta anggrek wajib banget punya bunga berwarna hijau yang satu ini. Adalah Green Cymbidium Orchid yang berasal dari kaki bukit Himalaya.

Jenis tanaman anggrek yang satu ini dikenal yang paling tahan dengan suhu dingin. Di samping itu, kebanyakan cymbidium memiliki bau harum dan sangat cocok sebagai tanaman indoor.

Wah, ruangan tamu akan makin cantik dengan kehadiran anggrek hijau ini, Ma 

7. Green hydrangea

7. Green hydrangea
Pixabay/Mylene2401

Di samping keindahannya, bunga berwarna hijau yang satu ini sangatlah unik. Hydrangea atau hortensia akan berubah warna seiring umur mereka bertambah.

Pada awalnya, bunga ini akan menunjukkan warna merah muda dan biru. Namun seiring berjalannya waktu, hydrangea akan menghijau. Hal ini karena semakin tua umurnya, pigmen hijau akan menjadi dominan sehingga mengalahkan warna merah muda ataupun biru. 

Di samping itu, hydrangea sering dijadikan sebagai kado ulang tahun pernikahan lho, Ma. Sebab, bunga ini memiliki makna simbolis berupa perasaan tulus dan rasa terima kasih.

8. Green daylily

8. Green daylily
Garden.org/Legalily

Daylily (bunga bakung di siang hari) merupakan bunga cantik yang memiliki banyak varian warna, salah satunya adalah hijau. Pesona bunga ini sudah terpancar dari namanya, Ma, yakni Hemerocallis yang berarti "keindahan selama siang hari".

Selain itu, bunga ini disebut daylily karena mereka memang hanya mekar sejak pagi dan akan layu menjelang malam. Namun, ada juga yang mekar terlambat sehingga mereka masih akan bertahan sampai dengan pagi keesokan harinya. 

Bunga yang satu ini juga cocok untuk menghiasi kebun Mama. Pasalnya, daylily termasuk tanaman perenial sehingga tetap mampu hidup terus-menerus setelah bereproduksi. Unik, ya? 

9. Green gladiolus

9. Green gladiolus
Instagram.com/fatinaltamimi

Gladiolus merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan. Bunga yang satu ini memiliki bentuk yang unik karena daunnya berbentuk seperti pedang kecil. Itu sebabnya mereka juga disebut sebagai sword lilies (bunga bakung pedang).

Bunga yang mekar di setiap bulan Agustus ini memiliki warna layaknya pelangi; ada yang putih, kuning, merah muda, ungu, hingga hijau. Selain itu, gladiolus juga dikenal sebagai simbol kenangan. 

10. Mawar hijau

10. Mawar hijau
Instagram.com/scottish.nyami

Bunga berwarna hijau terakhir adalah mawar hijau. Ya, Mama nggak salah dengar, kok. Nyatanya, bunga mawar nggak melulu soal warna merah meronanya. Sebab buktinya, ada juga mawar dengan mahkota berwarna hijau. 

Mawar hijau sendiri tidak langka, hanya jarang ditemukan saja. Diperkirakan sudah ada sejak tahun 1743, mawar hijau ini merupakan hibrida mawar yang berasal dari Tiongkok. Itulah alasan mengapa bunga ini juga dikenal sebagai "mawar hijau dari Tiongkok".

Selain warna hijaunya yang unik, mawar hijau memiliki makna yang cukup bagus, yakni melambangkan harapan, niat baik, ataupun optimisme. 

Itulah tadi 10 bunga berwarna hijau yang dapat Mama jumpai di dunia. Dari kesepuluh bunga tadi, kira-kira ada yang ingin Mama coba tanam di kebun?

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anak ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk