Ajarkan Puasa Ayyamul Bidh pada Anak, Puasa Sunah Bulan Muharram 2020

Bertepatan pada tanggal 1 - 3 September 2020, ajarkan anak yuk Ma!

28 Agustus 2020

Ajarkan Puasa Ayyamul Bidh Anak, Puasa Sunah Bulan Muharram 2020
muslimommy.com

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Pada tahun 2020 ini, ulan Muharram menjadi penanda tahun baru Islam yang ke 1442 Hijriah.

Di tahun 2020 ini, 1 Muharram bertepatan pada tanggal 20 Agustus dan berakhir pada 29 Muharram yang bertepatan pada 17 September 2020.

Dalam bulan Muharram, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak puasa. Sebab terdapat beberapa puasa sunah yang hanya bisa dilakukan pada bulan ini, seperti puasa Tasu'a, Asyura hingga Ayyamul Bidh.

Ada banyak keutamaan puasa-puasa sunah di atas yang bisa Mama amalkan dan ajarkan pada putra putri di rumah. Terlebih saat ini seluruh kegiatan anak hanya dilakukan di rumah saja, Mama bisa mengajarkan anak puasa sunah Ayyamul Bidh yang bertepatan pada tanggal 1 - 3 September 2020 mendatang.

Agar tidak salah, berikut ini Popmama.com telah merangkum niat dan keutamaan puasa sunah Ayyamul Bidh yang bisa Mama ajarkan pada putra putri di rumah. Semoga dapat diamalkan bersama keluarga di rumah ya, Ma.

Editors' Picks

1. Jadwal puasa sunah Ayyamul Bidh

1. Jadwal puasa sunah Ayyamul Bidh
Freepik/rawpixel.com

Di bulan Muharram ini emrupakan satu dari empat bulan haram atau bulan suci di sisi Allah SWT. Ketiga bulan suci Allah lainnya adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Jika beberapa waktu lalu umat Islam sudah melaksanakan puasa sunah Tasu'a dan Asyura, selanjutnya ada puasa Ayyamul Bidh yang jatuh pada 13 - 15 Muharram atau bertepatan pada 1 - 3 September 2020 mendatang.

Catat tanggalanya ya, Ma. Ini bisa menjadi kesempatan Mama dalam mengajarkan pada anak untuk terbiasa puasa selain puasa wajib di bulan Ramadan.

2. Niat puasa sunah Ayyamul Bidh

2. Niat puasa sunah Ayyamul Bidh
aldohysa.blogspot.com

Jika sudah mengetahui kapan waktu melaksanakan puasa sunah Ayyamul Bidh, sekarang ajarkan niat menjalankan puasa ini pada anak yuk, Ma.

Berikut pelafalan niat puasa sunah Ayyamul Bidh beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyami bidh sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Artinya: Aku berniat puasa sunah Ayyamul Bidh karena Allah SWT

3. Keutamaan puasa sunah Ayyamul Bidh bagi yang menjalankan

3. Keutamaan puasa sunah Ayyamul Bidh bagi menjalankan
Freepik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, puasa sunah Ayyamul Bidh sendiri memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Islam yang menjalankan. Untuk itu, ada baiknya Mama mengajarkan kebaikan ini pada anak sejak dini.

Selain mendapat keutamaan dari Allah SWT, Mama juga dapat melatih anak untuk terbiasa menjalankan puasa selain puasa wajib di bulan Ramadan.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa sunah Ayyamul Bidh:

  • Bertambahnya nilai keikhlasan dan kerawadhuan seorang hamba Allah.
  • Bertambahnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
  • Bertambahnya nilai Taqarrub, dekat dengan Allah SWT. Sehingga apa yang diniatkan akan menghsilkan Musyaahadah dan Mukaasyafahm.

Selain keutamaan di atas, jika Mama mengajarkan pada anak untuk melakukan puasa sunah Ayyamul Bidh, maka anak sudah setara menjalankan puasa selama satu bulan.

Terlebih lagi jika Mama mengajarkan anak untuk melakukannya setiap bulan, maka ganjarannya sama dengan puasa selama setahun penuh. Semoga informasi ini dapat diterapkan dan dialamkan bersama keluarga di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.