Rekomendasi untuk Anak, Ini 7 Daftar Pesantren di Bandung yang Bagus

Tertarik, Ma? Cek informasi lengkapnya di sini yuk!

2 November 2020

Rekomendasi Anak, Ini 7 Daftar Pesantren Bandung Bagus
Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Selain pendidikan formal yang diajarkan di sekolah, ada pula pendidikan lainnya yang bisa ditempuh oleh putra putri Mama. Salah satunya melalui pesantren.

Berbeda dengan sekolah pada umumnya, pesanten merupakan tempat di mana anak akan tinggal bersama di asrama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan ustad atau ustadzah.

Jika Mama merupakan warga Bandung dan tengah mencari pesantren tebaik yang cocok untuk putra putri Mama, mungkin beberapa deretan pesantren di Bandung ini bisa menjadi pilihan untuk Mama.

Sama seperti pesantren-pesantren lain yang ada di berbagai kota di Indonesia, pesantren di Bandung juga memiliki pendidikan agama dan umum yang seimbang bahkan beberapa pesantren juga memiliki pendidikan umum yang lebih dominan.

Jika tertarik, berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftar pesantren di Bandung yang bagus dan bisa menjadi pilihan. Diskusikan ini bersama anak Mama yuk!

1. Pesantren Hidayatullah

1. Pesantren Hidayatullah
Mts-matahfizhalquranbdg

Ponpes (Pondok Pesantren) Hidayatullah Bandung merupakan cabang dari Pesantren Hidayatullah Balikpapan yang resmi didirikan pada tanggal 18 Maret 1991 yang didirikan oleh Ustad KH, Abdullah Said.

Sejak tahun 2010 Ponpes Hidayatullah Bandung mulai merintis sekolah formal jenjang MTS dengan program unggulan Tahfizh Al-Quran. Di tahun 2013, Ponpen Hidayatullah Bandung membuka pendidikan jenjang MA dengan program Tahfizh Al-Quran.

Hingga saat ini, tak hanya pendidikan formal dan agama, Ponpes Hidayatullah sudah memiliki unit usaha diantaranya adalah pendidikan (Jenjang PQ-RA, MTs dan MA), Ekonomi (Sakinah Mart, Sakinah Bakery, Sakinah Catering), Dakwah (Pos Dai).

Dengan mengedepankan misi diantaranya mewujudkan masyarakat berjama’ah, bersyari’ah, unggul dan berpengaruh, Mama bisa mendaftarkan putra putri Mama langsung di alamat Jl. R.E Suwanda No. 18A Pasirleutik, Kel. Padasuka Kec. Cimenyan, Padasuka, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40192 dengan nomor telepon. (022) 7232276

2. Pesantren Nurul Huda

2. Pesantren Nurul Huda
Laduni.id

Pesantren Nurul Huda ini berdiri atas prakarsa KHR. Memed (alm) beserta istri Hj.Siti Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Ponpes satu ini menjadi salah satu pesantren yang cukup mendapat perhatian antusias masyarakat, baik disekitar lokasi atau masyarakat luar Bandung. 

Sejak berdirinya Ponpes Nurul Huda, mereka memiliki 2 harapan untuk mewujudkan 2 pandangan yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar.

Pandangan ke dalam ialah untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama  dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian.

Sama seperti ponpes pada umumnya, ponpes Nurul Huda juga menyediakan pendidikan formal MI dan MTS serta pendidikan non formal berupa pendidikan agama seperti Tahfidz Al-Quran.

Jika tertarik, Mama bisa langsung mendatangi di alamat Jl. Rancabentang RT. 03 / RW. 06 No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142 dengan nomor telepon (022) 2042253.

Editors' Picks

3. Pesantren Sukamiskin

3. Pesantren Sukamiskin
Laduni.id

Ponpes Sukamiskin menjadi salah satu pesantren tertua di Bandung yang didirikan oleh K.H. Raden Muhammad bin Alqo pada tahun 1881 M dan telah mampu mencetak berbagai alumni yang tersebar di berbagai pelosok.

Memiliki visi untuk membentuk pribadi muslim yang berakhlaq Al-Karimah dan ilmiah berlandasan aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah serta mensantrikan anak sekolah dan mensekolahkan anak santri.

Pendidikan yang ditempuh pun sama seperti ponpes pada umumnya, yaitu pendidikan formal dan pendidikan agama yang nantinya akan seimbang untuk para santri yang belajar di ponpes Sukamiskin ini.

Jika Mama tertarik dengan pesantren ini, Mama bisa mengetahui informasi lebih lanjut dengan mendatangi alamat di Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293 dengan nomor telepon 0852-2272-7775.

4. Pesantren Al-Ihsan Baleendah

4. Pesantren Al-Ihsan Baleendah
Pesantrenalihsanbe.or.id

Salah satu ponpes tertua lainnya di Bandung adalah Pesantren Al-Ihsan Baleendah yang sempat berganti nama di bawah kepimpinan yang berbeda. Ponpes ini berdiri sejak tahun 1989 di bawah pimpinan KH. U. Muhammad HM.

Mengalami berbagai pasang surut dalam menyiptakan santri unggul, hingga kini ponpes ini menjadi nama Al-Ihsan Baleendah yang sudah meluluskan banyak santri dengan kualitas terbaiknya.

Dengan mengedepankan visi untuk mempersiapkan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan terdepan dalam prestasi, mempunyai daya saing, daya sanding dan islami dalam budi pekerti. Mama bisa menjamin putra putri Mama untuk menempuh pendidikan formal dan agama di ponpes ini.

Bagaimana, Ma, tertarik? Jika iya, Mama bisa segera mendatangi ponpes Al-Ihsan Baleendah di Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375 dengan nomor telepon (022) 5949227.

5. Pesantren Al-Falah Dago

5. Pesantren Al-Falah Dago
Laduni.id

Bertempat Jl. Cisitu Baru, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135 dengan nomor telepon (022) 2504284, ponpes Al-Falah Dago dikatakan cukup strategis karena daerah ini menjadi daerah  sentral pendidikan yang dekat ke beberapa pendidikan seperti ITB (500 m), Unikom (500 m), UNISBA, UPI, STKS Dll.

Tak jarang kebanyakan dari santri di Al-Falah ini kebanyakan santri yang sambil bersekolah atau kuliah dilingkungan ponpes Al-Falah Dago. Tak melulu berpondok di asrama, ponpes ini bisa juga sambil bersekolah formal kok, Ma.

Ponpes yang memiliki banyak fasilitas untuk menunjang apra santri ini juga menjadi salah satu ponpes pilihan orangtua untuk memasukan putra putri mereka agar lebih memahami pendidikan agama.

Jika Mama tertarik juga untuk memasukan putra putri Mama menjadi calon santri di ponpes Al-Falah Dago, Mama bisa langsung mendatangi alamat yang sudah disebutkan di awal ya!

6. Pesantren An-Najiyah

6. Pesantren An-Najiyah
Kumparan.com

Yayasan An-Najiyah Al Islamiyah didirikan pada tahun 2004 melalui akta notaris Dr. Wiratni, SH No. 31/2004. Di atas tanah seluas kurang lebih 3000 m2, yayasan ini kemudian berhasil membangun sebuah komplek pendidikan (Ma’had) yang diberi nama sama dengan nama yayasan yaitu Ma’had An Najiyah Al Islamiyah.

Ponpes yang memberdayakan aktivis da'wah di Bandung ini tak hanya berupaya memberikan pendidikan gratis bagi anak yatim, tetapi juga pendidikan unggul berbasis komptensi layaknya sekolah pada umumnya.

Dengan mengedepankan tiga bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia, ponpes An-Najiyah juga menjadikan pendidikan berbasis komputer, ketrampilan kewanitaan, membuat pengetahuan umum mereka tak kalah dibanding siswa lainnya. 

Berletak di Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dengan nomor telepon (022) 7831690, Mama bisa langsung mendatangi dan menghubungi ponpes An-Najiyah jika tertarik.

7. Pesantren Terpadu Ar-Raaid

7. Pesantren Terpadu Ar-Raaid
Unsplash.com/@masjidmpd

Tak hanya mengedepankan hafalan Al-Quran dan pendidikan agama lainnya, ponpes Ar-Raaid juga mengedepankan pendidikan formal berkompetensi dengan menggabungkan ketiga bahasa yaitu Indonesia, Arab, serta Inggris.

Sehingga tak hanya pandai dalam pendidikan beragama, para santri diharapkan juga memiliki pendidikan seimbang seperti siswa lainnya yang bersekolah di sekolah formal.

Ponpes Terpadu Ar-Raaid juga melestarikan amaliyah ahlusunnah wal jama’ah seperti Riyadhoh, Istighosah, Ziarah Wali dll guna mewujudkan Tazkiyyatul Qulub (Pembersihan hati) dan diwadahi dalam pengembangan minat dan bakat serta kewirausahaan sehingga para santri mampu mengimbangi perkembangan zaman, serta dapat menebar kemanfaatan kepada Ummat.

Beralamat di Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614 dengan nomor telepon 0857-2026-3648, Mama bisa langsung menghubungi ponpes Ar-Raaid jika berminat.

Nah, itu dia deretan pesantren terbaik di Bandung versi rating dan review yang terdaftar pada pencarian Google. Jika tertarik, Mama bisa mendiskusikan ini bersama Papa dan anak yang akan didaftarkan menjadi santri.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.