TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila untuk Diketahui Anak

Ketahui sejak dini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada anak!

9 Agustus 2022

Makna Arti Lambang Garuda Pancasila Diketahui Anak
kemlu.go.id

Garuda Pancasila menjadi lambang negara yang wajib diketahui makna dan artinya. Apa ya makna dan arti lambang Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia? Secara umum, Garuda Pancasila melambangkan persatuan dan juga kesatuan bangsa Indonesia.

Sementara itu, setiap isi dari lambang Garuda Pancasila juga punya maknanya tersendiri. Mulai dari cakar, jumlah bulu hingga perisai yang ada di dada burung Garuda Pancasila tersebut.

Dengan mengetahui makna dan arti lambang Garuda Pancasila bisa menumbuhkan rasa nasionalisme. Ini penting ditumbuhkan mulai dari anak-anak di sekolah dasar agar lebih cinta terhadap tanah air.

Berikut Popmama.com rangkum makna dan arti lambang Garuda Pancasila untuk diketahui anak.

1. Arti lambang Garuda Pancasila secara umum

1. Arti lambang Garuda Pancasila secara umum
bpip.go.id

Dalam Garuda Pancasila ada 5 butir poin Pancasila sebagai landasan dari negara Indonesia. Arti lambang negara yaitu Garuda di mana keduanya digabungkan seringkali disebut dengan Garuda Pancasila.

Garuda Pancasila dijadikan sebagai lambang negara demi menunjukan identitas bangsa Indonesia yang kuat dan juga besar.

Pancasila juga seringkali disebut sebagai dasar dan ideologi negara dan menjadi salah satu dari empat pilar kebangsaan, yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dan Bhineka Tunggal Ika yang dijelaskan pada buku Pancasila.

Sudah disinggung setiap hal dari warna, cakar hingga jumlah bulu melambang hal-hal khusus yang erat kaitannya dengan Indonesia. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui setiap hal yang bermakna dalam Garuda Pancasila.

Editors' Picks

2. Arti warna kuning dan perisai pada burung Garuda Pancasila

2. Arti warna kuning perisai burung Garuda Pancasila
Sejarahlengkap.com

Sudah disinggung setiap hal yang ada dalam lambang Garuda Pancasila memiliki makna. Misalnya, burung Garuda yang berwarna kuning pun tidak asal dipilih.

Untuk warna kuning memiliki makna keagungan yang dimiliki bangsa Indonesia. Di dada burung Garuda Pancasila juga ada perisai yang menunjukan lambang dari perjuangan juga perlindungan diri dalam perjalanan meraih tujuan.

Garuda juga memperlihatkan keberadaan khatulistiwa melalui garis hitam tebal pada Pancasila, memiliki makna adanya khatulistiwa yang melintasi negara kuat merdeka dan berdaulat.

3. Jumlah bulu di burung Garuda Pancasila

3. Jumlah bulu burung Garuda Pancasila
Bpip.go.id

Jumlah bulu yang dimiliki oleh Garuda Pancasila juga merupakan simbol-simbol yang bermakna khusus. Jumlah bulu tersebut bermakna sebagai berikut:

  • 17 bulu pada masing-masing sayap yang berarti tanggal 17
  • 8 bulu pada bagian ekor bermakna bulan kedelapan yaitu bulan Agustus
  • 19 bulu pada bagian pangkal ekor bermakna dua angka pertama tahun kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 1945
  • 45 bulu pada bagian leher bermakna dua angka terakhir tahun kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 1945

Jika digabungkan jumlah keseluruhan dari bulu Garuda Pancasila melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia yakni 17 Agustus 1945.

4. Makna burung Garuda Pancasila mengcengkram pita

4. Makna burung Garuda Pancasila mengcengkram pita
Government of Indonesia via Wikimedia Commons

Selanjutnya, bisa dilihat jika burung Garuda Pancasila mencengkeram pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika. Ini juga tak lepas dari simbol yang penuh makna, di mana arti Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Pancasila digunakan untuk pengembangan diri serta perwujudan cita-cita sesuai dengan kaidah yang ada. Dan hal ini dibahas melalui nilai-nilai yang ada pada Pancasila dan dapat dipelajari pada buku pelajaran sekolah.

5. Arti simbol Pancasila pada burung Garuda Pancasila

5. Arti simbol Pancasila burung Garuda Pancasila
kemlu.go.id

Pancasila menjadi dasar negara yang dipelajari di sekolah. Jika dilihat ada 5 simbol yang berbeda pada setiap poin sila yang ada. Berikut adalah makna setiap simbolnya:

  • Bintang yang melambangkan sila pertama berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" memiliki simbol bintang dengan lima sudut dan berlatar hitam. Maknanya yaitu Tuhan Yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan manusia.
  • Tali rantai yang melambangkan sila kedua berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" memiliki simbol tali rantai dengan bentuk rantai bulat dan persegi. Adapun maknanya adalah manusia saling membutuhkan satu sama lain.
  • Pohon beringin yang melambangkan sila ketiga yang berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol gambar pohon beringin. Makna pohon beringin ini adalah bangsa Indonesia menjadi tempat berteduh seluruh masyarakat Indonesia, dan mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia.
  • Kepala banteng yang melambangkan sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" memiliki simbol berbentuk kepala banteng. Banteng menjadi simbol hewan yang kuat dan sering berkelompok atau berkumpul. Sehingga memiliki makna agar masyarakat harus bermusyawarah dan berkumpul untuk mengambil suatu keputusan.
  • Padi dan kapas yang melambangkan sila kelima yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" memiliki simbol padi dan kapas. Padi dan kapas adalah sumber kebutuhan bagi rakyat Indonesia. Padi melambangkan bahan pangan dan sumber penghasilan bagi rakyat Indonesia. Sedangkan kapas merupakan simbol bahan baku sandang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

Itulah tadi makna dan arti lambang Garuda Pancasila untuk diketahui anak. Yuk, ajarkan ke anak agar mengetahui arti lambang Garuda Pancasila sejak kecil agar makin menumbuhkan nasionalisme.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk