5 Hewan Terkecil di Dunia, dari Burung sampai Ular

Meski ukurannya kecil, mereka tak kalah menakjubkan lho!

2 November 2021

5 Hewan Terkecil Dunia, dari Burung sampai Ular
Wikipedia

Dunia hewan punya banyak sekali keunikan. Jika selama ini yang kita tahu hewan-hewan berukuran besar yang bisa melakukan banyak hal hebat, jangan salah, hewan-hewan yang ukurannya kecil pun juga tak kalah menakjubkan.

Berikut ini Popmama.com merangkum daftar lima hewan terkecil di dunia, dilansir dari One Kind Planet:

1. Kelinci Pygmy

1. Kelinci Pygmy
Maxpixel.net

Kelinci kerdil bernama ilmiah Brachylagus idahoensis ini adalah kelinci terkecil di dunia. Panjang tubuhnya hanya sekitar 24-29 cm, dengan berat sekitar 400 gram. 

Kelinci Pygmy berasal dari Amerika Utara. Mereka senang tinggal di dalam tanah dengan menggali semak belukar yang tinggi dan lebat sebagai tempat berlindung. 

Editors' Picks

2. Tikus Etruscan

2. Tikus Etruscan
Wikipedia

Tikus Estruscan yang punya nama ilmiah Suncus etruscus ini dikenal juga dengan nama tikus kerdil bergigi putih. Tikus ini sangat kecil dengan berat badan hanya sekitar 1,2-2,7 gram. Ukuran tubuhnya yang sangat kecil ini menjadikannya mamalia terkecil di dunia. 

Meskipun badannya kecil, nyatanya tikus Etruscan ini punya otak yang ukurannya besar jika dibandingkan dengan perbandingan berat tubuhnya. 
 

3. Kura-kura padloper berbintik

3. Kura-kura padloper berbintik
Wikipedia

Gelar kura-kura terkecil di dunia dianugerahkan pada speckled padloper portoise (Homopus signatus) dari Afrika Selatan. Jantannya berukuran sekitar 6-8 cm, sedangkan betinanya berukuran sedikit lebih besar yaitu sekitar 10 cm. 

Kura-kura kecil ini hidup di antara celah-celah kecil bebatuan yang digunakannya sebagai tempat berlindung dari persembunyian mangsa. 

4. Burung kolibri lebah

4. Burung kolibri lebah
Wikipedia

Bee hummingbird (Mellisuga helenae) atau burung kolibri lebah adalah burung terkecil di dunia. Panjangnya hanya sekitar 5,7 cm dengan berat sekitar 1,8 gram. 

Bukan cuma panjang dan berat badannya yang mungil, melainkan juga sarang yang mereka buat ukurannya mini. Sarang burung kolibri lebah hanya memiliki lebar sekitar 2 cm dengan kedalaman 3 cm. Menggemaskan ya!

5. Ular buta ramping

5. Ular buta ramping
Wikipedia

Untuk kamu pecinta reptil, apakah sudah pernah berkenalan dengan ular terkecil di dunia ini? Ular buta ramping atau ular benang (Leptotyphlopidae) dianggap sebagai ular terkecil di dunia dengan panjang sekitar 11 cm saja. 

Jenis ular ini banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan, Afrika, dan Asia. Ada sekitar 87 spesies ular buta ramping yang berbeda. 

Seperti namanya, ular ini buta dan tidak berbisa. Mereka beradaptasi di liang baru tempat tinggalnya dengan memakan semut dan rayap. 

Itulah lima hewan terkecil di dunia dengan kelebihannya masing-masing. Apakah kamu pernah mengetahui hewan-hewan berukuran kecil lainnya? Semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.