6 Langkah Memotong Poni Anak Perempuan Sendiri di Rumah

Nggak perlu ke salon, lakuin di rumah yuk, Ma!

8 Agustus 2020

6 Langkah Memotong Poni Anak Perempuan Sendiri Rumah
Today.com

Saat ini mungkin Mama masih khawatir jika membawa buah hati keluar rumah, padahal rambut anak yang terus memanjang membuat Mama harus segera membawanya ke salon agar tidak menganggu kegiatan hariannya.

Meskipun sudah memasuki era new normal, namun penambahan kasus baru Covid-19 tentu membuat setiap orangtua masih merasa cemas akan keselamatan buah hati mereka.

Mama bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Namun jika masih ragu, Mama bisa sekedar memotong poni anak agar tak menganggu penglihatannya selama beraktifitas.

Nah, berikut ini Popmama.com telah menyiapkan langkah-langkah yang bisa Mama lakukan untuk memotong poni anak sendiri saat di rumah aja. Disimak yuk, Ma!

1. Menentukan batas yang akan dipotong

1. Menentukan batas akan dipotong
Pinterest.com

Setelah menyiapkan gunting, sisir, serta kain pelindung, Mama terlebih dahulu harus menentukan batas sisi kanan dan kiri poni yang aka dipotong. Setelah itu, pisahkan bagian poni yang nantinya akan dibentuk.

Setelah sudah dipsahkan, Mama bisa mengikat rambut yang tidak dipotong dengan ikat rambut atau jepitan. Pastikan tidak ada bagian rambut yang akan menganggu saat poninya akan dipotong ya, Ma.

2. Posisikan bagian rambut yang akan dibentuk poni di dahi

2. Posisikan bagian rambut akan dibentuk poni dahi
Youtube/CreaClip

Setelah mengikat rambut yang tidak akan dipotong, selanjutnya posisinya rambut yang akan dibentuk poni di depan dahinya. Pastikan bagian tersebut tidak terlalu tebal ya, Ma. Ini agar memudahkan saat dipotong.

Sebelum memulai memotongnya, Mama bisa sisi terlebih dahulu bagian tersebut untuk menghindari kusut. Mama juga bisa menyemprotkan air agar bagian tersebut sedikit basah dan memudahkan saat digunting nanti.

Editors' Picks

3. Minta anak untuk menutup matanya

3. Minta anak menutup matanya
Youtube/Jessica Ballinger

Sebelum memulai menggunting bagian yang akan dipotong, minta anak Mama untuk menutup matanya terlebih dahulu ya, Ma. Ini bertujuan agar tidak ada potongan rambut yang masuk ke matanya.

Selain meminta anak menutup matanya, Mama juga bisa menutup bagian depan anak dengan kain bersih agar sisi-sisa rambut yang terpotong nanti lebih mudah dibersihkan.

4. Mulai dengan bagian yang akan dipotong

4. Mulai bagian akan dipotong
Youtube/Pretty Hair is Fun

Mama bisa memulai menggunting bagian rambut poni sesuai panjang yang diinginkan. Umumnya, panjang poni anak tepat di atas alis atau 1cm di atas ali. Hal ini bertujuan agar poni tidak mengganggu penglihatan anak untuk beraktifitas sehari-hari.

5. Gunting secara horizontal atau oval

5. Gunting secara horizontal atau oval
Pinterest.com

Sebaiknya menggunting poni secara horizontal, atau bentuk agak melengkung (oval). Selain itu, Mama juga bisa melakukannya dalam satu kali menggunting agar hasilnya lebih baik. Buatlah bagian poni yang sudah terpotong sebagai patokan Mama untuk menggunting sisi sebelahnya.

6. Sisir bagian poni dan ratakan

6. Sisir bagian poni ratakan
Goodtoknow.co.uk

Setelah selesai, sisir bagian poni yang sudah dipotong tadi. Teknik ini untuk memeriksa apakah potongan poni sudah rata atau belum. Jika menurut Mama masih ada yang belum rata, Mama bisa kembali menggunting dan merapikannya.

Saat dirasa sudah cukup rata dan rapi, jangan lupa bersihkan sisa-sisa rambut yang menempel di dahi dan wajahnya ya, Ma.

Nah, itu dia langkah-langkah memotong poni anak sendiri tanpa perlu ke salon. Mudah, bukan? Coba sendiri di rumah yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.