Keutamaan Merawat Anak Perempuan Berdasarkan Hadis

Allah SWT menjanjikan surga untuk orangtua yang mengayomi anak perempuannya

23 Februari 2021

Keutamaan Merawat Anak Perempuan Berdasarkan Hadis
Freepik

Jika Mama dan Papa memiliki anak perempuan, ini bisa menjadi keberuntungan tersendiri lho! Sebab dalam Islam, disebutkan pada beberapa hadis mengenai merawat dan membesarkan anak perempuan adalah hal yang indah.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis menyebutkan, betapa anak-anak perempuan itu datang dengan pahala dan berkah yang besar bagi orangtuanya.

Jika Mama dan Papa senantiasa merawat dan mengasuh si Kecil dengan penuh kasih sayang, memberikan dukungan dan pendidikan yang layak untuknya, maka surga Allah SWT pun akan menanti, Ma, Pa.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hadis-hadis yang menjelaskan keutamaan orangtua dalam merawat anak perempuan dan mengasuh anak perempuannya.

1. Jalan menuju surga Allah

1. Jalan menuju surga Allah
Freepik/Valuavitaly

Diriwayatkan dalam hadis Abdullah bin Abbas, Rasulullah bersabda, "Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga." (HR. Abu Daud).

Dari sabda Rasulullah di atas, maka bisa dijelaskan bahwa dengan merawat dan mendidik anak perempuan dengan sepenuh hati dan kasih sayang, maka Allah SWT senantiasa akan menjanjikan surga bagi setiap orangtua.

Editors' Picks

2. Pelindung hari kiamat

2. Pelindung hari kiamat
Freepik/master1305

Selanjutnya ada hadis yang diriwayatkan dari Uqmah ibn Aamir. Dalam hadis tersebut Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka mereka akan menjadi pelindungnya di hari kiamat." (HR. Ibnu Majah)

Maksudnya, ketika Mama dan Papa dengan sepenuh hati mengayomi anak perempuan dengan memberikan mereka makan, minum, pakaian dan pendidikan yang layak, maka ini bisa menjadi amalan bagi Mama dan Papa untuk mendapat perlindungan Allah saat hari akhir kelak.

3. Senantiasa dekat dengan Rasulullah

3. Senantiasa dekat Rasulullah
Islamicity.org

Diriwayatkan dalam hadis Muslim, Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Siapapun yang mendukung dua gadis sampai mereka mencapai kedewasaan, dia dan aku akan datang pada hari kiamat (dekat satu sama lain) seperti ini - Rasulullah bergabung dengan jarinya untuk menggambarkan kedekatan.” (HR. Muslim)

Maksudnya, ketika Mama dan Papa merawat dan mengayomi anak perempuan hingga ia dewasa, maka saat hari kiamat datang, Rasulullah akan bergabung bersama untuk menggambarkan kedekatan orangtua dan Rasulullah SAW. Wallahualam.

4. Dilindungi dari api neraka

4. Dilindungi dari api neraka
Freepik

Diriwayatkan dalam hadis Muslim, Aisyah RA pernah berkata, "Seorang perempuan mendatangi saya dengan dua putrinya. Dia meminta saya (untuk amal) tetapi dia tidak menemukan apa pun dengan saya kecuali satu buah kurma, jadi saya memberikannya kepadanya,"

"Dia [menerimanya dan kemudian] membaginya di antara kedua putrinya dan tidak memakan apa pun darinya. Kemudian, dia bangkit dan keluar. Ketika Rasulullah SAW masuk, dan saya menceritakan kepadanya kisah itu. Dia yang diuji dengan anak perempuan ini, dan dia baik hati terhadap mereka, mereka akan menjadi perlindungan baginya dari api Neraka.” (HR.Muslim)

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis di atas, ketika orangtua mengayomi anak perempuannya sepenuh hati, maka Allah SWT akan melindunginya dari api neraka kelak. Anak-anak perempuan mereka akan menjadi perisai baginya dari api pada hari kebangkitan.

5. Menjadi ujian bagi setiap orangtua

5. Menjadi ujian bagi setiap orangtua
freepik/freepik

Dalam surat An Nahl ayat 58, Allah SWT berfirman, Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah , Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.

Dari firman Allah tersebut, dijelaskan bahwa anak perempuan menjadi ujian bagi orangtua. Sebab kehadiran anak perempuan bagi sebagian orangtua tidak semenyenangkan ketika mereka memiliki anak laki-laki.

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan, “Anak perempuan disebut sebgai ibtilaa’ (ujian) karena umumnya manusia tidak menyukai mereka.” Itulah mengapa Allah akan menguji kesabaran setiap orangtua yang memiliki anak perempuan.

Dari hadis-hadis di atas, dapat diketahui bagaimana keutamaan anak perempuan yang dapat menjanjikan nikmat Allah kepada orangtuanya. Untuk itu, jadilah orangtua yang mampu ebrsikap adil atas anak perempuan dan laki-laki.

Sebab, sebagaimana keutamaan anak perempuan yang disebutkan dalam hadis, mereka bisa menjadi pelindung kita di hari akhir kelak, Ma. Wallahualam.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.