Sebum Beda dengan Minyak, Ini Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Istilah sebum dan minyak kadang sering disamakan, padahal keduanya tidak sama, lho!

21 April 2021

Sebum Beda Minyak, Ini Manfaat Kulit Wajah
Pexels/Andrea Piacquadio

Istilah sebum dan minyak kadang sering digunakan bergantian untuk merujuk istilah pada kondisi kulit, padahal keduanya tidak sama, lho! Sebum sendiri adalah komponen penting dari skin barrier alias pelindung kulit. Skin barrier ini memiliki banyak fungsi bagi kulit, seperti melindungi dari zat-zat polutan, asap, ultraviolet, dan lainnya.

"Saat seseorang menyebut minyak pada kulit, sebum umumnya dianggap sebagai salah satu komponennya," jelas Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat di New York. “Minyak juga sering mengandung keringat dan penumpukan zat-zat dari lingkungan lainnya yang dapat terjadi pada kulit."

Lalu apa sebenarnya sebum itu dan dari mana asalnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, termasuk mengapa sebum sangat penting untuk kesehatan pelindung kulit secara keseluruhan, Popmama.com sudah merangkumnya untuk Mama.

1. Apa Itu Sebum?

1. Apa Itu Sebum
Freepik/wayhomestudio

Secara teknis, sebum adalah "campuran kompleks dari asam lemak, gula, lilin, dan bahan kimia alami lainnya yang membentuk penghalang pelindung terhadap penguapan air," jelas Karen Hammerman, dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology Group di Garden City, New York. Lebih teknis lagi, komposisi sebum terdiri dari "trigliserida, lilin, squalene dan asam lemak bebas, yang bersama-sama membantu menjaga kelembapan kulit," jelas Garshick.

Jadi sekali lagi, "apa yang sering kita sebut 'minyak' pada kulit, terdiri dari lebih dari sekedar sebum," kata Hammerman. "Ini juga mengandung campuran keringat, sel kulit mati, dan partikel kecil apa pun yang ada di debu yang beterbangan di sekitarmu.”

Singkatnya, sebum dan minyak tidak sama. Sebaliknya, sebum hanyalah salah satu dari banyak komponen minyak.

Editors' Picks

2. Dari Mana Asalnya Sebum?

2. Dari Mana Asal Sebum
Freepik/cookie_studio

Sebum diproduksi oleh kelenjar sebaceous, yang secara alami menutupi tubuh kita dari ujung hingga ujung kaki. Ada dua jenis kelenjar sebaceous: Yang terhubung ke folikel rambut, dan yang tidak.

"Folikel sebasea paling sering ditemukan di wajah, di belakang telinga, dan di bagian atas dada dan punggung," jelas Ramin Fathi, dokter kulit bersertifikat di Phoenix, Arizona.

Di wajah sendiri, Mama akan menemukan konsentrasi tertinggi kelenjar sebaceous di sekitar zona-T, itulah sebabnya area ini umumnya lebih rentan berkembang menjadi jerawat.

3. Mengapa Sebum Penting?

3. Mengapa Sebum Penting
Freepik/lookstudio

Betapapun menyebalkannya minyak berlebih dan kilau di wajah, sebum sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Ketika sebum tidak diproduksi berlebihan atau kurang oleh tubuh, sebum berfungsi sebagai pelindung dan pelembab pada permukaan kulit, dan membantu mencegah kehilangan air.

Selain membantu menjaga tingkat hidrasi esensial yang menjaga kulit tetap terlindungi, sebum "juga dapat memberikan manfaat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri melalui berbagai komponennya," kata Garshick.

4. Bagaimana cara kerja sebum? 

"Lipid yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous membuat lapisan yang sedikit asam pada kulit - pH 4,5 hingga 6,0 - yang melindungi dari bakteri, virus, dan mikroba lainnya," jelas Hammerman. Sebum juga dapat mencegah infeksi jamur.

Salah satu komponen spesifik dari sebum, squalene - yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita juga telah terbukti memiliki sifat pelindung UVA (alias berpotensi melindungi kulit dari sengatan matahari dan kerusakan akibat sinar UV). Meski begitu, squalene tidak dapat menggantikan penggunaan tabir surya setiap hari.

Nah, jika Mama memiliki masalah kulit seperti jerawat atau minyak berlebih di wajah, Caren Campbell, seorang dokter kulit bersertifikat di San Francisco merekomendasikan perawatan minyak berlebih dengan retinoid topikal atau memakai benzoyl peroxid jika mengalami jerawat.

Selain itu, untuk kulit kering dan eksim dapat dibantu dengan menggunakan pelembab yang diformulasikan dengan bahan penguat pelindung kulit, seperti ceramide.

Itu dia segala hal yang Mama perlu tahu soal sebum dan manfaatnya untuk kulit wajah. Mulai sekarang makin rajin pakai skincare untuk kulit glowing dan awet muda ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.