5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Proses Bleaching Rambut

Perhatikan tekstur dan warna rambut kamu dahulu, ya!

18 Mei 2022

5 Hal Penting Perlu Dilakukan Proses Bleaching Rambut
Pexels/Maria Geller

Kamu berencana untuk menambahkan beberapa highlight atau memiliki perubahan total rambut?

Mungkin kamu perlu bleaching rambut sebelum menciptakan tampilan yang diinginkan. Dimana bleaching rambut sendiri adalah proses kimia yang melibatkan pengupasan pigmen (warna) dari helai rambut, ini akan menghasilkan warna rambut yang lebih terang.

Namun apabila kamu ingin pergi ke salon profesional, maka sebaiknya perhatikan 5 tips dari Popmama.com. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui:

1. Mengetahui risikonya ketika mencoba bleaching rambut

1. Mengetahui risiko ketika mencoba bleaching rambut
Pexels/Gorozhankali Gorozhankali

Sebelum melalui semua prosesny, sebaiknya kamu mengetahui semua hal tentang bleaching rambut, terutama efek buruknya. Ya, kamu perlu menyiapkan diri untuk melihat rambut yang tidak lagi lembut dan sehat. Bahkan menyebabkan rambut jadi kering dan bercabang.

Pewarna rambut selebriti dan duta merek Hush & Hush, Ryan Pearl menjelaskan kepada Harpersbazaar bleaching rambut adalah proses yang sangat mendalam. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi keseluruhan rambut. Dimana bleaching rambut bisa sangat merusak kesehatan kulit kepala.

Secara umum setelah bleaching rambut, maka ini semakin rentan terhadap kerusakan dan dapat membuatnya sangat kusut hingga kusam. Dalam prosesnya, bahkan pertumbuhan rambut melambat atau berhenti sekaligus.

Editors' Picks

2. Lakukan patch test sebelum melalui proses bleaching rambut

2. Lakukan patch test sebelum melalui proses bleaching rambut
Pexels/cottonbro

Ingatlah, setiap individu memiliki sensitivitas atau toleransi yang berbeda terhadap zat kimia rambut. Berbagai faktor seperti jenis suhu kulit kepala seseorang berperan dalam cara kerja bleaching rambut. Sebelum kamu mulai proses bleaching rambut di salon, sangat penting untuk minta dilakukan tes terlebih dahulu.

Bahwa melakukan patch test pada produk bleaching rambut, ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu memiliki bentuk reaksi apa saja terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengoleskan sedikit krim produk bleaching di kulit telinga belakang. Diamkan beberapa menit untuk melihat reaksinya. Jika muncul rasa gatal dan panas yang cukup parah, sebaiknya kamu tidak menggunakan produk tersebut.

3. Perhatikan jenis rambut kamu terlebih dahulu

3. Perhatikan jenis rambut kamu terlebih dahulu
Pexels/Tim Mossholder

Tips selanjutnya jika ingin melakukan proses bleaching rambut, maka sebaiknya perhatikan jenis rambut kamu terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui seberapa kuat rambut kamu saat melalui proses bleaching.

Jadi tentukanlah apakah rambut kamu cukup sehat atau tidak. Apabila rambut sangat halus atau mengalami masalah porositas apa pun, sebaiknya serahkan proses bleaching pada tim profesional di salon. Tujuannya agar mendapat produk dan penguat yang paling tepat khusus rambut kamu.

Namun jika rambut kamu memiliki warna pirang alami atau cokelat muda, maka bisa tampil memukau dengan produk yang ada di salon tersebut. Sedangkan bagi mereka yang rambutnya cokelat terang, ini dapat menggunakan warna pirang permanen untuk menyempurnakan akar rambut.

4. Sebaiknya tidak keramas setelah proses bleaching rambut

4. Sebaik tidak keramas setelah proses bleaching rambut
Pexels/cottonbro

Ketahuilah, keramas pertama setelah proses bleaching sering kali dianggap penyebab rusaknya utama warna rambut. Ternyata proses bleaching rambut akan lebih baik dilakukan saat rambut berminyak dibanding dalam keadaan bersih.

Tidak seperti cat rambut, kondisi rambut kotor tidak akan mengganggu produknya untuk memudarkan atau mengangkat warnanya sama sekali. Jadi usai melalui bleaching rambut, sebaiknya kamu tidak keramas selama seminggu.

Sebab bleaching menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga menjadikannya super kering. Sementara keramas di seminggu pertama setelah bleaching membuat rambut semakin kering. Jika terpaksa harus keramas, cobalah menggunakan sampo khusus yang mengandung protein dan keratin.

5. Lakukan perawatan setelah proses bleaching rambut

5. Lakukan perawatan setelah proses bleaching rambut
Pexels/Sarah Chai

Ingatlah, usahakan secara rutin memberikan hair tonic dan serum rambut. Ini agar kesehatan rambut benar-benar terjaga sebelum melakukan bleaching. Sebab proses bleaching membuat rambut jadi super kering, mengembang, kusam dan dehidrasi.

Setelah kamu melakukan proses bleaching rambut, sebaiknya juga kamu melakukan deep conditioning setiap seminggu sekali di rumah. Pastikan untuk memakai produk kondisioner setiap kali keramas, ya.

Maka dari itu, kamu butuh produk kondisioner yang dapat membuat rambut jadi halus dan melembapkannya. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan menggunakan masker rambut mengandung royal jelly dan vitamin B5. Gunakan masker rambut 2 kali seminggu.

Nah, itulah 5 tips melalukan proses bleaching rambut. Cara-cara di atas dapat kamu ikuti untuk menghindari kerusakan rambut pasca bleaching.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk