TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biar Nggak Salah, Sebaiknya Cek 10 Urutan Makeup Lengkap dan Benar

Ini dia urutan makeup lengkap yang benar

5 Oktober 2022

Biar Nggak Salah, Sebaik Cek 10 Urutan Makeup Lengkap Benar
Freepik/benzoix

Pernahkah berpikir, mengapa kamu harus memoleskan makeup setiap harinya?

Ya, memakai riasan memang sudah menjadi kebutuhan dalam rutinitas perempuan sehari-hari. Lebih tepatnya, makeup membantu menyempurnakan penampilan seseorang.

Ketika berbicara tentang jenis riasan atau penampilan yang kamu gunakan,  sebaiknya perlu mengetahui teknik bagaimana menghasilkan riasan yang sempurna.

Nah, berikut Popmama.com berikan 10 urutan makeup lengkap yang benar untuk kamu:

1. Membersihkan wajah sebagai langkah awal

1. Membersihkan wajah sebagai langkah awal
Freepik/wayhomestudio

Riasan yang sempurna datang dari merawat kulit. Oleh karenanya kamu perlu membersihkan wajah untuk hasil makeup dengan cara yang benar. Jadi ketika sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit, biasanya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Sedangkan eksfoliator adalah cara membantu menjaga kulit tetap halus dan memberi riasan dasar yang rata.

Dilansir dari Healthshots, langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit apa pun dan sebelum menerapkan riasan apa pun harus dibersihkan. Ini untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak dari permukaan kulit. 

Namun sebaiknya selalu gunakan pembersih yang lembut dan ringan, yakni sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kulit kamu sensitif, pastikan menghindari pembersih yang mengandung asam glikolat. Hal itu karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. 

2. Mengaplikasikan produk pelembab wajah

2. Mengaplikasikan produk pelembab wajah
Freepik/senivpetro

Sebelum merias wajah kamu, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan terlebih dahulu. Langkah ini agar alasnya tidak berminyak. Pastikan juga kamu memakai produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Terutama yang menawarkan hidrasi sepanjang hari. 

Ya, melembabkan adalah salah satu langkah terpenting sebelum alas bedak menyentuh wajah kamu. Mengaplikasikan pelembap akan membantu alas bedak dan concealer jadi lebih mulus. Bahkan membantu riasan tahan lama, lho.

Namun jika kamu memiliki kulit berminyak, sangat disarankan memilih pelembab bebas minyak atau matte. Sedangkan apabila kulit wajah lebih kering, cobalah meratakannya melalui pelembab yang bisa menghidrasi.

3. Gunakan produk concealer untuk menyembunyikan noda

3. Gunakan produk concealer menyembunyikan noda
Freepik/master1305

Ketika kamu ingin meminimalkan masalah kulit kemerahan dan menutupi noda, maka gunakan produk concealer. Dimana concealer sendiri bisa menyembunyikan noda dan bintik hitam.

Bahkan meratakan warna kulit dan membuat area di bawah mata terlihat cerah. Jadi mulailah menambahkan concealer ke dalam rutinitas rias wajah kamu.

Dikutip dari Realsimple.com, ada beberapa manfaat menggunakan concealer terlebih dahulu. Jika kamu berencana untuk pemotretan, mungkin ide yang baik untuk memilih concealer sebelum foundation. Ini karena flash dapat menonjolkan titik di mana concealer diterapkan. 

4. Menambahkan primer sebagai alas

4. Menambahkan primer sebagai alas
Freepik

Kamu mungkin berpikir bahwa produk primer, riasan mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan. Tapi sayangnya kamu salah. Dengan menambahkan primer sebagai alas, ini dapat membuat perbedaan besar pada teksturdan hasil akhir riasan secara keseluruhan. 

Lebih tepatnya, penggunaan primer bisa menciptakan kulit wajah terlihat halus dan membantu riasan kamu bertahan sepanjang hari. Jadi sebelum merias wajah, ingatlah untuk melembabkan dan pastikan memilih produk primer yang sesuai dengan warna kulit kamu.

Editors' Picks

5. Touch up dengan bedak yang ringan

5. Touch up bedak ringan
Freepik

Setelah penggunaan primer, kamu perlu mengaplikasikan bedak dengan benar. Memberi tambahan bedak adalah kunci untuk tampilan kecantikan yang dewy. Jadi sempurnakan touch-up dengan salah satu bedak tabur favorit kamu.

Cobalah menggunakan bedak tabur yang ringan hanya dalam beberapa sapuan kuas. Sementara memoleskan terlalu banyak bedak, hal itu akan mengacaukan riasan kamu. Yang kamu butuhkan, yakni lapisan bedak ringan dan memfokuskannya pada zona T. Dimana kulit cenderung berminyak. 

6. Aplikasikan beberapa sapuan blush on

6. Aplikasikan beberapa sapuan blush on
Freepik/kroshka__nastya

Dari semua langkah yang sudah disebutkan, maka saatnya kamu menggunakan perona pipi sebagai tambahan. Aplikasikan beberapa sapuan perona pipi agar membuat kulit terlihat sehat dan lebih muda. 

Dirilis oleh Popsugar.com, perona pipi adalah langkah klasik dan sangat umum dalam rutinitas riasan. Ini mulai dari tampilan sehari-hari hingga glamor. Bahwa perona pipi dapat secara instan meningkatkan fitur atau mencerahkan wajah.

Namun sebaiknya kamu harus memilih warna yang tepat. Apabila terlalu gelap atau terang. Kuncinya, aplikasikan produk blush on yang dekat dengan rona kulit alami kamu.

7. Ciptakan bentuk alis dengan membuatnya tampak alami

7. Ciptakan bentuk alis membuat tampak alami
Freepik/drobotdean

Yuk, ciptakan bentuk alis dengan cara yang membuatnya tampak alami. Mulailah mengisinya menggunakan teknik, alat dan warna tertentu. Dimana riasan alis membantu menghadirkan kepenuhan pada alis dan membingkai wajah kamu.

Tapi sebelum mengisi alis, kamu bisa memakai sikat alis atau spoolie untuk menyikat alis ke atas. Setelah mengisi alis, kemudian menyikatnya ke atas lagi untuk memadukan warna dan membentuk rambut yang sulit diatur.

Jika kamu memiliki rambut gelap, pilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna alami alis. Bagi pemilik rambut tipis dan alis lebih dalam, kamu dapat memilih warna yang setengah hingga satu tingkat lebih gelap.

8. Menciptakan hasil eyeshadow yang sempurna

8. Menciptakan hasil eyeshadow sempurna
Freepik

Eyeshadow adalah produk kosmetik berwarna yang selanjutnya perlu diaplikasikan pada kelopak mata dan sekitarnya. Jadi mulailah merias mata dengan cara mengoleskan dua titik concealer dan padukan dengan spons untuk menciptakan hasil eyeshadow yang sempurna. Hal ini juga memungkinkan warna bertahan sepanjang hari.

Lalu menggunakan kuas eyeshadow yang lembut sambil mengaplikasikan eyeshadow shade warna netral yang hangat dan ratakan ke dalam lipatan mata. Sekarang beri eyeshadow dengan warna yang lebih dalam hanya di sudut luar mata dan di garis bulu mata bawah. Tambahkan kilau dan buat mata menonjol menggunakan warna eyeshadow yang cerah dan berkilau tepat di tengah kelopak mata saja.

9. Fokuskan bagian mata dengan eyeliner dan maskara

9. Fokuskan bagian mata eyeliner maskara
Freepik/garetsvisual

Ketika ingin melengkapi tampilan riasan mata, maka jangan lupa menerapkan winged eyeliner atau cat eye dengan eyeliner. Namun ada baiknya kamu memilih eyeliner cair. Alasannya karena eyeliner berbasis liquid bisa memberi kemudahan penggunaannya. Bahkan liquid liner juga bisa lebih rapi.

Selain itu, eyeliner cair ideal untuk tampilan eyeliner grafis lebih berani dan garis yang tajam. Sementara untuk membuat winged eyeliner, cobalah menggambar detail sayap terlebih dahulu. Kemudian lapisi eyeshadow di atasnya guna menghasilkan lapisan matte. Selanjutnya fokuskan bagian sayap di sudut luar.

Terakhir, beri volume dan pamerkan bulu mata yang lentik dengan maskara. Ya, bulu mata yang tebal menambah drama dan intensitas pada mata kamu. Agar penampilan memukau, jangan ragu melapisi dasar bulu mata dan menariknya bergerak perlahan menggunakan maskara. Ini untuk menghindari penggumpalan.

10. Menambahkan lipstik dengan warna yang tepat

10. Menambahkan lipstik warna tepat
Freepik/benzoix

Langah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menambahkan lipstik. Penggunaan lipstik paling sering bisa mencapai tampilan yang diinginkan dengan lebih baik. Bahkan lipstik akan mencerahkan senyum kamu, asalkan memilih warna yang tepat.

Joy Fennell, penata rias dan pendiri Joy in Beauty dan All Black Everything Summit menjelaskan kepada Goodhousekeeping bahwa kamu dapat mengoleskan lip liner di sekitar bibir sebelum mengoleskan lipstik. Kamu juga bisa menyelesaikan dengan lip liner setelah lipstik untuk membersihkan tepi di ujung dan membuat hasil akhir lebih presisi.

Jadi mulailah mengenakan lipstik yang dapat melengkapi penampilan kamu. Pilihlah produk lipstik longwear atau lipstik cair yang sempurna dalam warna paling memukau. Pastikan memilih warna lipstik yang cocok dengan warna kulit, pakaian dan acaranya.

Itulah 10 urutan makeup yang benar. Yuk, mulai terapkan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk