Dari Rambut Sampai Kuku, Inilah 7 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan!

Selain enak, alpukat bermanfaat untuk ujung kepala hingga ujung kaki lho, Ma!

26 Maret 2020

Dari Rambut Sampai Kuku, Inilah 7 Manfaat Alpukat Kecantikan
freepik.com

Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Buah berwarna hijau dengan daging buah yang lembut ini banyak dikonsumsi masyarakat karena kandungan lemak tak jenuhnya yang baik untuk kesehatan.

Selain enak diminum sebagai jus, buah alpukat dapat juga bisa dimakan sebagai pelengkap salad ataupun sandwich. Dimakan langsung pun juga bisa!

Namun, kelebihan alpukat bukan karena kandungan lemak tak jenuhnya saja. Ia juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin E. Lalu, ada kandungan antioksidan yang mampu mencegah kanker.

Nyatanya, manfaat buah alpukat tidak hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi saja. Jika digunakan sebagai masker, buah alpukat sangat bermanfaat untuk kecantikan lho, Ma! Bahkan ia dapat dimanfaatkan untuk rambut, wajah, tubuh, hingga kaki!

Wah, banyak sekali ya? Yuk, simak manfaatnya seperti yang diulas Popmama.com berikut ini!

1. Memudarkan kantung mata

1. Memudarkan kantung mata
Freepik/Wavebreakmedia

Bagi wanita, kantung mata sangat mengganggu penampilan. Lingkaran hitam tersebut membuat wajah terlihat letih sepanjang hari. Sayangnya, menghilangkan kantung mata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Nah, Mama tidak perlu khawatir. Pasalnya, kantung mata dapat dihilangkan dengan bantuan buah alpukat.

Caranya pun sangat mudah. Mama hanya perlu menghaluskan buah alpukat dan menggunakannya sebagai masker mata selama 20 menit.

2. Mencegah kerutan

2. Mencegah kerutan
Freepik/ Racool_studio

Masalah kecantikan selanjutnya yang diwaspadai perempuan adalah kerutan-kerutan halus yang muncul seiring pertambahan usia.

Walaupun kemunculan kerutan tersebut adalah hal yang wajar, tetap saja ia mengganggu penampilan. Bagaimanapun, perempuan pasti ingin terlihat awet muda!

Nah, tahukah Mama? Mama bisa mencegah timbulnya kerutan dengan krim yang terbuat dari campuran minyak alpukat dan yogurt lho! Ia juga mampu melancarkan peredaran darah di wajah Mama.

3. Melembapkan kulit

3. Melembapkan kulit
Freepik/Jcomp

Buah alpukat sangat efektif dalam melembapkan kulit lho, Ma. Khasiatnya pun tidak terbatas untuk satu area saja. Mama bisa menggunakannya untuk wajah, tubuh, hingga tumit kaki. Perhatikan cara memanfaatkan buah alpukat berikut:

  • Untuk kulit wajah yang kering, gunakan minyak alpukat sebagai facial oil setelah menggunakan toner atau sebelum menggunakan krim malam;
  • Untuk tumit pecah-pecah, gunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan sebagai foot cream. Bila perlu, campurkan buah alpukat dengan pisang agar hasilnya lebih maksimal;

Selain cara-cara yang sudah disebutkan, Mama juga bisa mencampurkan minyak alpukat dengan lotion dan menggunakannya untuk seluruh tubuh lho, Ma.

Editors' Picks

4. Mengangkat sel kulit mati

4. Mengangkat sel kulit mati
Freepik/Kitthanes

Selain mampu melembabkan, buah alpukat juga mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Baik yang menumpuk di wajah maupun seluruh tubuh.

Caranya, campurkan buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan garam, madu, dan air lemon. Setelah itu, oleskan pada seluruh tubuh dan pijat perlahan. Setelah beberapa menit, bilas hingga bersih.

5. Melindungi rambut dari kerusakan

5. Melindungi rambut dari kerusakan
hairfinder.com

Tidak hanya untuk tubuh dan wajah, buah alpukat juga dapat diandalkan untuk merawat kesehatan rambut.

Vitamin dan mineral yang ada di dalam buah ini akan melindungi rambut dari berbagai kerusakan, seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.

Caranya, haluskan buah alpukat dan campur dengan madu, mayones, dan minyak zaitun. Gunakan sebagai masker selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Gunakan secara rutin ya, Ma. Paslanya, alpukat juga mampu melindungi rambut dari pengaruh polusi dan sinar matahari lho!

6. Menutrisi rambut dan kulit kepala

6. Menutrisi rambut kulit kepala
Freepik

Masker alpukat juga baik untuk menutrisi rambut. Jika digunakan secara teratur, masker alpukat mampu merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, dan membuat rambut lebih halus.

Selain rambut, masker alpukat juga menutrisi kulit kepala. Ingat Ma, kulit kepala yang sehat adalah kunci untuk mengusir ketombe.

7. Menyehatkan kuku

7. Menyehatkan kuku
Freepik

Manfaat alpukat yang selanjutnya adalah untuk menyehatkan kuku, baik kuku tangan maupun kuku kaki. Caranya pun sangat mudah, cukup mengoleskan minyak alpukat pada kuku dan daerah sekitarnya.

Nutrisi yang terkandung di dalam minyak alpukat pun akan mencegah kuku Mama dari kering dan pecah-pecah!

Itulah tujuh manfaat alpukat untuk kecantikan. Benar-benar bermanfaat untuk ujung kepala hingga ujung kaki ya, Ma! Tunggu apalagi? Yuk, beli buah multi-manfaat ini. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.