Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cari tahu kandungan yang bermanfaat untuk kulit berjerawat

7 Desember 2022

6 Kandungan Skincare Cocok Kulit Berjerawat
Freepik

Memiliki masalah dengan jerawat merupakan perjuangan yang berat bagi para penderitanya. Kulit berjerawat cenderung sensitif, tak mudah menemukan kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat.

Dr. M. Indah Maharani, SpKK, Dokter Spesialis Kulit, mengungkapkan bahwa mekanisme timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh interaksi dari 4 faktor. Seperti peningkatan produksi sebum, akumulasi sel-sel kulit mati, kolonisasi bakteri pada kelenjar sebaceous, inflamasi atau peradangan.

Selain itu, dirinya menambahkan untuk merawat kulit berjerawat dengan efektif. Pilih produk yang dapat mengatasi produksi sebum berlebih, bebas minyak, dan membantu menghidrasi kulit. Seperti kandungan skincare di bawah ini bagus untuk kulit berjerawat.

Berikut Popmama.com mernangkum mengenai 6 kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat. Simak bersama, yuk, Ma!

1. Calendula

1. Calendula
Freepik/wirestock

Calendula, atau dikenal sebagai marigold pot merupakan tanaman berbunga yang berasal dari wilayah Mediterania.

Ekstrak calendula biasanya digunakan untuk formula skincare dan dikenal memiliki banyak manfaat unuk kulit.

Calendula berguna untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit berjerawat dan iritasi. Calendula memberikan efek menenangkan kulit, anti peradangan, merangsang regenerasi sel, mengontrol minyak, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan mengurangi noda hitam di wajah.

2. Witch Hazel

2. Witch Hazel
Pexels/Monstera

Witch hazel memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan witch hazel cocok untuk kulit berjewat.

Selain itu, kandungan witch hazel membantu mengecilkan pori-pori, pengontrol minyak, sekaligus dapat menenangkan kulit dan meredakan peradangan.

Witch hazel juga dapat mencegah bakteri penyebab jerawat yang dapat menginfeksi kulit kamu. Maka dari itu, biasanya witch hazel ditambahkan ke dalam kandungan skincare untuk kulit berjerawat.

Editors' Picks

3. Salicylic Acid atau BHA

3. Salicylic Acid atau BHA
Freepik/serhii_bobyk

Salicylic acid dapat membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Salicylic acid merupakan kelompok dari beta hydroxy acid (BHA) yang biasanya dijadikan kandungan skincare untuk kulit berjerawat.

Salicylic acid bekerja dengan cara mengontrol lapisan minyak yang terdapat pada pori-pori. Dan akan memberikan efek seperti menghaluskan kulit, anti peradangan, anti bakteri, mengurangi pigmentasi, dan mengeksfoliasi kulit.

4. Centella Asiatica

4. Centella Asiatica
Freepik

Centella asiatica merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Centella asiatica bermanfaat untuk kulit berjerawat, karena mampu menenangkan kulit, meregenerasi kulit, mengontrol minyak, anti inflamasi, dan mengidarasi kulit.

Selain itu, centella asiatica memiliki bahan aktif utama, yaitu asam asiatic. Senyawa ini merupakan antioksidan dan anti inflamasi yang bagus untuk mengatasi jerawat ketika meradang.

5. Niacinamide atau pro vit B3

5. Niacinamide atau pro vit B3
Freepik/Rawpixel

Niacinamide atau pro vit B3 sering ditemui di dalam produk perawatan skincare dan memiliki efek dominan unggul bagi kulit yang berjerawat. Karena memiliki efek anti inflamasi, oil control, mencerahkan, mengecilkan ukuran pori-pori, dan anti aging.

Selain itu, niacinamide juga terbukti ampuh sebagai skin barier atau penghalang kulit. Untuk melindungi kulit agar tidak mudah iritasi.

6. Green tea

6. Green tea
Freepik/kotkoa

Sifat anti oksidan, anti inflamasi, dan anti mikroba di dalam green tea menjadikannya kandungan skincare yang bagus untuk mengatasi jerawat secara efektif.

Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung menghasilkan sebum lebih tinggi, sehingga menyebabkan jerawat. Green tea terdiri dari biomolekul yang bercampur dengan asam amino di dalam tubuh.

Molekul-molekul tersebut membantu mengatur produksi sebum yang dapat menghilangkan minyak berlebih di permukaan kulit. Dan dapat meminimalisir produksi minyak di dalam sel kulit.

Nah, itu tadi pembasan mengenai 6 kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat. Semoga infomasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk