6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Rambut

Hindari hal-hal berikut ini jika tidak ingin rambut Mama menjadi rusak

19 Mei 2022

6 Kebiasaan Dapat Merusak Kesehatan Rambut
Pexels/Helena Ije

Rambut adalah mahkota untuk semua perempuan, oleh karena itu perawatan rambut harus dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan juga berkilau.

Namun, tanpa disadari hal-hal kecil seperti tidak mencuci sisir yang dipakai akan membuat rambut menjadi rusak.

Untuk mencegah kerusakan pada rambut, kali ini Popmama.comtelah merangkum hal-hal sederhana yang dapat merusak rambut sebagai pengingat untuk Mama. Hal-hal seperti apa saja, ya?

1. Jarang membersihkan sisir

1. Jarang membersihkan sisir
allthingshair.com

Jarang membersihkan sisir yang biasa Mama pakai ternyata dapat merusak rambut lho. Sikat pada sisir merupakan tempat berkembangbiak nya kuman sehingga jika tidak dibersihkan secara rutin, maka kuman akan terus berkembang.

Dua minggu sekali atau satu bulan sekali Mama bisa membersihkan sisir dengan menggunakan campuran air dan soda kue.

Larutkan soda kue dalam air kemudian rendam sisir yang kotor selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih. Soda kue mampu menghilangkan minyak dan produk-produk kimia yang menempel pada bulu sikat sisir.

2. Menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang

2. Menggunakan ikat rambut terlalu kencang
independent.co.uk

Jika Mama masih sering menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang dan tidak elastis, segera hentikan kebiasaan itu. Memakai ikat rambut yang terlalu kencang ternyata dapat g rambut.

Menggunakan ikat rambut yang terlalu tebal juga akan menarik rambut terlalu kencang sehingga akan membuat rambut menjadi patah.

Gunakan lah ikat rambut dengan karet yang longgar dan elastis sehingga tidak akan merusak kesehatan rambut dan mampu menjaganya tetap kuat.

Editors' Picks

3. Terlalu sering menggunakan bahan kimia pada rambut

3. Terlalu sering menggunakan bahan kimia rambut
Pexels/Cottonbro

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan, begitu juga dengan kesehatan rambut. Terlalu banyak bahan kimia buatan yang berasal dari pewarna rambut akan menyebabkan kerusakan.

Terlalu sering menggunakan bahan kimia seperti pewarna dan keratin dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang. Mama perlu meminimalisir jumlah penggunaan bahan kimia ini agar memiliki rambut yang lebih sehat.

4. Suhu terlalu panas dari hairdryer

4. Suhu terlalu panas dari hairdryer
Pexels/Gratisography

Panas yang berlebih akan menghilangkan kelembapan alami rambut, menyebabkan kutikula mengering dan terlepas. Panas yang berasal dari hairdryer juga akan menyebabkan kerusakan pada helai rambut.

Mama perlu mengatur panas pada hairdryer menjadi panas yang medium agar tidak mengalami ‘overheat’. Namun, jika rambut Mama memang memerlukan panas yang ekstra maka gunakan lah pelindung panas. Cobalah untuk menata rambut Mama pada saat kondisi rambut telah mengering atau saat kondisi rambut lembab.

5. Kesalahan saat menyisir rambut

5. Kesalahan saat menyisir rambut
Freepik/gpointstudio

Siapa sangka ternyata menyisir rambut dari atas ke bawah dapat menyebabkan kerusakan. Hal ini dikarenakan rambut yang tertarik dari atas akan dengan mudahnya menyangkut sehingga pada akhirnya akan patah. Cara terbaik dalam menyisir rambut adalah dengan membaginya menjadi tiga sampai empat bagian.

Genggam satu bagian rambut yang telah dibagi kemudian mulai sisir perlahan dari bawah, kemudian pindahkan tangan sedikit ke atas dan mulai sisir kembali dan begitu seterusnya.

Dengan cara seperti ini, maka tidak terjadi penyisiran rambut secara langsung dari atas ke bawah namun secara perlahan dari bawah sampai ke atas.

6. Menggunakan sisir yang rapat saat menyisir rambut basah

6. Menggunakan sisir rapat saat menyisir rambut basah
Pexels/Cottonbro

Saat rambut basah, sisik kutikula dapat terangkat dan membuat helai rambut yang lembab lebih rentan terhadap kerusakan dan membuat ujung rambut menjadi bercabang dan kering. Pastikan Mama selalu menyisir rambut dengan sisir yang berjarak tidak terlalu dempet.

Menggunakan sisir yang terlalu dempet akan menyebabkan rambut yang basah dengan mudahnya patah. Hal ini juga berlaku pada saat mengeringkan rambut dengan handuk, jika terlalu kencang menggosokkan rambut ke handuk maka akan menyebabkan helai rambut menjadi putus.

Nah, jadi itulah beberapa hal sederhana yang ternyata dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi cepat patah. Jika Mama pernah melakukan beberapa hal di atas, maka sebaiknya Mama dengan cepat mengubah kebiasaan tersebut untuk menjaga rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk