Tanda-Tanda Kulit Kamu Mengalami Penuaan Dini

Ternyata ini lho, Ma tanda-tandanya

26 Januari 2021

Tanda-Tanda Kulit Kamu Mengalami Penuaan Dini
Freepik/master1305

Memiliki wajah yang sehat dan juga menawan pasti menjadi keinginan semua perempuan. Karena hal itulah berbagai macam perawatan dilakukan untuk membuat kulit terlihat sehat dan juga awet muda.

Namun, tanpa disadari lingkungan dan juga kebiasaan-kebiasaan kita bisa menyebabkan wajah mengalami penuaan dini, lho. Lalu apa sajakah tanda-tanda yang muncul pada saat wajah mengalami penuaan dini?

Popmama.comtelah merangkum berbagai macam informasi dari berbagai sumber mengenai tanda-tanda yang muncul pada saat wajah mulai mengalami penuaan dini.

1. Munculnya flek atau bintik hitam

1. Muncul flek atau bintik hitam
bebeautiful.in

Bintik hitam biasanya muncul akibat terkena paparan sinar matahari, bintik-bintik hipermigmen ini tidak hanya berada pada satu titik saja, namun dapat berkembang ke bagian punggung tangan atau lengan bagian bawah.

Biasanya bintik hitam ini akan muncul pada usia setelah 40 tahun, namun tak jarang perempuan yang masih berusia 20-an akan mengalami hal ini, inilah yang menjadi tanda bahwa kulit wajah sudah mulai menua sebelum waktunya.

2. Tangan menjadi keriput

2. Tangan menjadi keriput
Pexels/Cottonbro

Seiring berjalannya waktu, lapisan kulit akan menjadi lebih tipis. Selain itu, jumlah protein yang ada di kulit seperti kolagen akan menyusut. Kolagen sendiri berfungsi untuk membentuk kulit Mama.

Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat mengenai kapan tangan akan menjadi lebih kecil pada saat bertambah tua, tetapi kebanyakan orang memperhatikan hal dini pada usia 30-an akhir dan 40-an awal. Tangan Mama mungkin akan mulai terlihat lebih keriput dan juga tipis.

Editors' Picks

3. Peradangan atau hiperpigmentasi

3. Peradangan atau hiperpigmentasi
bebeautiful.in

Terdapat perubahan warna yang tidak merata di bagian wajah seiring dengan bertambahnya usia dapat dirasakan oleh banyak orang. sama seperti flek hitam, area kulit yang berbeda ini dapat disebabkan oleh kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

Namun, hiperpigmentasi seperti ini tidak selalu menjadi ciri-ciri terjadinya penuaan dini. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi kulit lainnya yang merusak sel melanin kulit. Selain itu, tidak ada patokan rata-rata usia berapa kondisi kulit seperti ini akan terjadi.

4. Kulit yang kering dan juga gatal

4. Kulit kering juga gatal
flickr.com

Kulit yang kering dan gatal sering terjadi seiring berjalannya waktu karena kulit yang telah menipis. Kulit tipis inilah yang menjadi bagian kulit paling rentan terkena dehidrasi.

Seharusnya kondisi kulit seperti ini muncul pada usia mendekati 40-an. Pada saat itulah kulit menjadi lebih kering dan rentan terkelupas.

5. Kulit yang keriput atau kendur

5. Kulit keriput atau kendur
Freepik/cookie_studio

Pada saat memasuki usia 30-an, maka produksi kolagen yang menjadi protein untuk membentuk kulit akan melambat. Kolagen ini yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan menjaganya tetap sehat.

Jika memiliki kolagen yang sedikit, maka akan lebih mudah untuk muncul kerutan pada kulit dan membuatnya menjadi kendur.

Kondisi seperti ini mungkin akan terlihat pada bagian di sekitar otot yang sering digunakan seperti dahi dan juga sekitar bibir.

6. Rambut mengalami kerontokan yang parah

6. Rambut mengalami kerontokan parah
Freepik/pressfoto

Rambut yang rontok biasanya terjadi karena sel yang memicu pertumbuhan rambut baru di folikel mati. Sel yang mati ini dipengaruhi oleh perubahan hormon, genetika, faktor lingkungan, dan juga pola makan.

Sebuah studi menjelaskan bahwa 40% perempuan di atas 70 tahun mengalami kerontokan rambut dan 60% perempuan mengalami kerontokan rambut setelah berusia 50 tahun

Nah, itulah enam tanda-tanda penuaan dini. Ada baiknya jika Mama menggunakan produk anti aging di usia awal 30-an atau bahkan di usia yang lebih muda yaitu 20-an. Hal ini dilakukan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan juga kencang.

Apakah Mama sedang mengalami tanda-tanda ini? Segera melakukan perawatan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.